Lema Awalan W Menurut KBBI Edisi III

Pranala (link): http://artikankata.com/kbbi-edisi-iii?start=w

Terdapat 487 lema awalan w menurut KBBI Edisi III. Berikut ini daftarnya.

No Nama Deskripsi
1 -wan (-man, -wati) sufiks pembentuk nomina (1) orang yg ahli dl bidang: ilmuwan; budayawan; seniman; (2) orang yg bergerak dl: karyawati; wartawan; (3) orang yg memiliki barang atau sifat khusus: dermawan; hartawan; rupawan; bangsawan
2 -wati lihat -wan
3 -wi lihat 1-i
4 -wiah lihat 1-i
5 W [n] huruf ke-23 abjad Indonesia
6 wa [p] (1) dan (dl beberapa ungkapan Arab): wallahu alam, dan hanya Allah yg paling mengetahui; (2) demi (diucapkan untuk bersumpah dl ungkapan Arab): wallahi, demi Allah
7 waad wa.ad [Ar] (1) n janji: Allah memerintahkan manusia melaksanakan peraturan itu dng amir dan -- Nya; (2) adv sampai janjinya: datanglah -- Allah atasnya
8 waadah wa.a.dah [Lihat {waadat}]
9 waadat wa.a.dat [Ar n] perjanjian
10 wabah wa.bah [n] penyakit menular yg berjangkit dng cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yg luas (spt wabah cacar, disentri, kolera); epidemi
11 wabah hewani wabah penyakit hewan
12 wabakdahu wa.bak.da.hu ? wabakdu
13 wabakdu wa.bak.du [Ar p] dan sesudah itu; dan kemudian dr itu
14 wabakdu kalam dan sesudah pembicaraan itu
15 wabarakatuh wa.ba.ra.ka.tuh [Ar n] dan berkat-Nya (berkat Allah)
16 wacana wa.ca.na [n] (1) komunikasi verbal; percakapan; (2) Ling keseluruhan tutur yg merupakan suatu kesatuan; (3) Ling satuan bahasa terlengkap yg direalisasikan dl bentuk karangan atau laporan utuh, spt novel, buku, artikel, pidato, atau khotbah; (4) Ling kemampuan atau prosedur berpikir secara sistematis; kemampuan atau proses memberikan pertimbangan berdasarkan akal sehat; (5) pertukaran ide secara verbal
17 wacana langsung [Ling] kutipan wacana yg sebenarnya dibatasi oleh intonasi atau pungtuasi
18 wacana pembeberan [Ling] wacana yg tidak mementingkan waktu dan penutur, berorientasi pd pelaku dan seluruh bagiannya diikat secara logis
19 wacana penuturan [Ling] wacana yg mementingkan urutan waktu dituturkan oleh orang pertama atau ketiga dl waktu tertentu, berorientasi pd pelaku, dan seluruh bagiannya diikat secara kronologis
20 wadah wa.dah [n] (1) tempat untuk menaruh, menyimpan sesuatu: dia mengambilkan -- nasi itu; (2) ki tempat berhimpun; perhimpunan: dulu PWI merupakan -- tunggal bagi para wartawan Indonesia
21 wadak wa.dak [a] (1) bersifat jasmani; ragawi; (2) nyata: kuasa gaib yg mahabesar akan turun ke dunia yg -- ini [Ar n] perpisahan: haji --
22 wadal wa.dal [n] kurban untuk makhluk halus: kalau tidak diruwat, mereka akan menjadi -- untuk santapan Batara Kala
23 wadam wa.dam [n akr] hawa dan adam; orang banci: dua ratus gelandangan dan -- dijaring pd malam itu
24 wadar wa.dar [Lihat {badar}]
25 wadas wa.das [Lihat {cadas}]
26 wadat wa.dat [n] orang yg membujang; orang yg tidak kawin: ia bertekad akan menjadi -- sampai nenek-nenek
27 wader wa.der [Lihat {badar}]
28 wadi wa.di [n] sungai kering di padang pasir (berisi air jika hujan turun) [Jw a] bersifat rahasia [Ar n] tetesan terakhir dari mani atau air kencing
29 waduh wa.duh [Jw p] kata seru untuk menyatakan heran, kagum, terkejut, dsb; aduh: -- , banyak benar anakmu!
30 waduk wa.duk [n] (1) perut besar tempat mencernakan makanan; (2) kolam besar tempat menyimpan air sediaan untuk berbagai kebutuhan atau mengatur pembagian air dsb (dipakai di musim kemarau); (3) menara air (tempat persediaan air)
31 wadung wa.dung [Jw n] beliung
32 wafa wa.fa [Ar a] setia (menepati janji): ia disukai krn selalu --
33 wafak wa.fak [Ar] (1) n waktu yg telah ditetapkan (tt suatu kejadian); (2) a setuju (dng); menurut
34 wafat wa.fat [v] meninggal dunia (biasanya untuk raja, orang-orang besar ternama): putra mahkota dinobatkan sebelum raja --
35 Wage Wa.ge [n] hari ke-4 pasaran Jawa
36 wagon wa.gon [n] gerobak kereta api; gerbong: kereta api barang biasanya terdiri atas banyak --
37 wagu wa.gu [a] (1) kaku: krn ia masih dl taraf belajar, dl membawakan tariannya kelihatan gerak-geriknya masih --; (2) bersahaja; lugas: ia belumlah pelukis ulung sehingga lukisannya kelihatan masih --
38 wah [p] kata seru untuk menyatakan kagum, heran, terkejut, kecewa: -- , bukan main ramainya Jakarta!
39 wahadah wa.ha.dah ? wahdah
40 wahadaniah wa.ha.da.ni.ah [Lihat {wahdaniah}]
41 wahadat wa.ha.dat [Lihat {wahdah}]
42 wahadiah wa.ha.di.ah [Lihat {wahdiah}]
43 wahah wa.hah [n] daerah yg agak subur di padang pasir (ada air dan ada tumbuh-tumbuhan); oasis
44 wahai wa.hai [p] kata seru untuk menarik perhatian, memanggil, memperingatkan, dsb: -- anakku, ingatlah pesanku!
45 waham wa.ham [n] keyakinan atau pikiran yg salah krn bertentangan dng dunia nyata serta dibangun atas unsur yg tidak berdasarkan logika; sangka; curiga
46 wahana wa.ha.na [n] (1) kendaraan; alat pengangkut; (2) alat atau sarana untuk mencapai suatu tujuan: koperasi diharapkan menjadi -- untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat [n] tafsir mimpi; alamat
47 wahdah wah.dah [Ar n] keesaan (Allah)
48 wahdaniah wah.da.ni.ah [Ar a] bersifat keesaan (Allah)
49 wahdiah wah.di.ah [Ar n] (1) persesuaian, persatuan pendapat; (2) kesendirian; kesepian
50 wahi wa.hi [Lihat {wahyu}]
51 wahib [Ar n] pemberi (Tuhan)
52 wahid wa.hid [num] satu; tunggal: ia termasuk pemimpin nomor --
53 wahon wa.hon [Lihat {wagon}]
54 wahyu wah.yu [n] petunjuk dr Allah yg diturunkan hanya kpd para nabi dan rasul melalui mimpi dsb: Nabi Muhammad saw. menerima -- yg pertama ketika beliau berusia empat puluh tahun
55 wai [p] kata seru untuk menyatakan terkejut, heran, dsb: anakku, -- apa yg harus kita lakukan sekarang? [n] sungai; kali: -- Sekampung terletak di Lampung
56 waid wa.id [Ar n] janji; kesanggupan
57 waiduri wa.i.du.ri [Lihat {baiduri}]
58 waima wai.ma [Ar p] walaupun: apa pun yg dibuatnya, -- dng meledakkan bom, aku tidak menyerah
59 Waisak Wai.sak [n] hari raya umat beragama Buddha untuk memperingati kelahiran, pemenangan (ilmu), dan wafatnya Buddha
60 waisya wai.sya [n] kasta ketiga dl agama Hindu, yaitu golongan pedagang, petani, serta tukang
61 waitankung wai.tan.kung [n] olahraga senam berasal dr Cina dng 12 jurus gerakan yg sederhana agar lima organ tubuh bagian dalam (paru-paru, jantung, ginjal, hati, dan limpa) selalu dl keadaan baik sekali
62 waja wa.ja [Lihat {baja}]
63 wajah wa.jah [n] (1) bagian depan dr kepala; roman muka; muka: ketika aku datang tampak -- ibunya berseri-seri; (2) tokoh (pemain dsb): -- baru; (3) ki apa-apa yg tampak lebih dulu: Jakarta adalah -- Indonesia; (4) gambaran; corak: -- remaja sekarang tidak menggembirakan, apalagi dng banyak yg terlibat penggunaan obat terlarang
64 wajah buku apa yg tampak dr dalam dan dr luar sebuah buku (rupa, warna, bentuk, ukuran, tata huruf, gambar, dsb); (2) sampul luar buku
65 wajan wa.jan [n] penggorengan (tempat menggoreng); bajan
66 wajar wa.jar [a] (1) biasa sebagaimana adanya tanpa tambahan apa pun; (2) menurut keadaan yg ada; sebagaimana mestinya: perlu mengembalikan tarian Bali kpd proporsi yg --
67 wajib wa.jib [v] (1) harus dilakukan; tidak boleh tidak dilaksanakan (ditinggalkan): seorang muslim -- salat lima kali dl sehari semalam; (2) sudah semestinya; harus: kalau kita ingin berhasil dl usaha, kita -- berikhtiar
68 wajib belajar kewajiban anak usia 7-12 tahun untuk memperoleh pendidikan dasar (dl rangka mencerdaskan kehidupan bangsa)
69 wajib militer kewajiban masuk dinas militer bagi setiap warga negara apabila diperlukan oleh negara: dia pernah dipenjarakan krn tidak mau menjalani -- militer
70 wajib pajak kewajiban membayar pajak (pendapatan, kekayaan, tanah, dsb) berdasarkan undang-undang; (2) orang yg mempunyai kewajiban membayar pajak: akhir-akhir ini para -- pajak dng kesadarannya sendiri telah melunasi pajak mereka
71 wajik wa.jik [n] penganan yg dibuat dr campuran ketan, gula, dan kelapa dan dipotong seperti bentuk intan (segi empat, jajaran genjang) gambar (bentuk) belah betupat pd kartu bridge
72 wajit wa.jit [Lihat {wajik}]
73 wak [n kp] uwak; uak [n] suara itik, katak, dsb
74 wakaf wa.kaf [n ] (1) tanah negara yg tidak dapat diserahkan kpd siapa pun dan digunakan untuk tujuan amal; (2) benda bergerak atau tidak bergerak yg disediakan untuk kepentingan umum (Islam) sbg pemberian yg ikhlas: tanah -- ini disediakan untuk madrasah atau masjid; (3) hadiah atau pemberian yg bersifat suci [Ar n] penghentian sebentar (waktu membaca kalimat dsb); jeda: kalau membaca Alquran perlu memperhatikan panjang, pendek, mad, -- , dsb
75 wakil wa.kil [n] (1) orang yg dikuasakan menggantikan orang lain: Paman bertindak sbg -- ayah dl persidangan itu; (2) orang yg dipilih sbg utusan negara; duta: dia merupakan salah seorang -- Indonesia dl perebutan Piala Thomas; (3) orang yg menguruskan perdagangan dsb untuk orang lain; agen: ia sbg -- tunggal di kotanya; (4) jabatan yg kedua setelah yg tersebut di depannya: -- ketua
76 wakil mahkota wakil raja
77 wakil nikah orang yg menggantikan laki-laki dl melaksanakan upacara pernikahan
78 wakil rakyat orang-orang yg duduk sbg anggota badan perwakilan rakyat; utusan rakyat
79 waktu wak.tu [n] seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung: tidak seorang pun tahu apa yg akan terjadi pd -- yg akan datang; (2) n lamanya (saat yg tertentu): pekerjaan itu harus selesai dl -- lima hari; (3) n saat yg tertentu untuk melakukan sesuatu: -- makan; (4) n kesempatan; tempo; peluang: sayang sekali -- yg baik untuk mencetak gol tidak dipergunakannya; (5) p ketika, saat: -- engkau datang, saya sedang mandi; (6) n hari (keadaan hari): -- terang bulan; (7) n saat yg ditentukan berdasarkan pembagian bola dunia: -- Indonesia Barat
80 waktu duga berangkat perkiraan waktu berangkat kapal dr suatu tempat
81 waktu duga tiba perkiraan waktu tiba kapal dr suatu tempat
82 waktu garapan jumlah waktu yg diperlukan untuk menyelesaikan produk tertentu yg dihitung sejak proses produksi dimulai sampai proses produksi berakhir
83 waktu luncur [Olr] masa badan perenang meluncur di air akibat tarikan lengan atau tendangan kaki
84 waktu mintakat [Lay] waktu menengah di suatu tempat dr zona waktu yg merupakan waktu menengah setempat dr derajat tengahnya
85 waktu siar [Kom] waktu yg digunakan oleh sebuah siaran komersial atau nonkomersial di radio atau televisi
86 wakun wa.kun [n] kerudung penutup wajah pengantin perempuan yg terbuat dr untaian manik-manik
87 wakwak wak.wak ? wawa
88 walabi wa.la.bi [n] binatang asli Australia, lebih kecil dp kanguru, keluarga Macropodidae
89 walad wa.lad [Ar n] anak (laki-laki)
90 walafiat wal.a.fi.at [kl a] baik (tt kesehatan): sehat -- , sehat dan baik; kesehatannya baik
91 walah wa.lah [p] kata seru yg menyatakan keheranan, keputusasaan, kekhawatiran; ah!
92 walak wa.lak [Mk] me.wa.lak.kan v menempatkan; meletakkan
93 walakhir wal.a.khir [Ar p] akhirnya; pd akhirnya
94 walakin wa.la.kin [kl p] (walaupun begitu) tetapi; akan tetapi
95 walang wa.lang [Jw n] belalang [a] , -- hati Jw susah hati; cemas; gelisah
96 walang sangit sebangsa serangga yg baunya spt barang yg sangit; pianggang; cenangau
97 walangkopo wa.lang.ko.po [n] binatang menyusui sekerabat dng bajing, pemakan buah, ranting dan daun muda, serangga, tubuhnya sebesar kalong dng ekor yg panjangnya sepanjang tubuhnya, bulunya lebat, panjang, tetapi lembut, warna bulunya cokelat kemerah-merahan sampai hitam berkilat, hidup di hutan; Petaurista elegans
98 walango wa.la.ngo [n] jenis ikan laut, banyak jenis (msl ikan tapa)
99 walat wa.lat ? kualat
100 walau wa.lau [p] (1) dan jika: -- harus menembus bumi, tetap akan Kanda jalani; (2) kendati; meski: -- hujan lebat, ia tetap datang ke rumah pacarnya
101 walaupun wa.lau.pun [p] walau
102 waledan wa.led.an [Jw n] gaji (tambahan gaji, kenaikan gaji, dsb) yg diterima sekaligus setelah beberapa bulan tidak (belum) terbayar: saya belum menerima -- sejak bulan Januari yg lalu
103 waleh wa.leh [v] mengaku terus-terang; berterus terang
104 walet wa.let [n] burung layang-layang; Collacalia fuciphaga
105 walhasil wal.ha.sil [n] (1) dan hasilnya; (2) akhirnya: -- , pendapat kita itulah yg benar
106 wali wa.li [n] (1) orang yg menurut hukum (agama, adat) diserahi kewajiban mengurus anak yatim serta hartanya, sebelum anak itu dewasa: penjualan tanah itu tidak dapat disahkan krn pemiliknya belum dewasa dan -- nya tidak menyetujuinya; (2) orang yg menjadi penjamin dl pengurusan dan pengasuhan anak: yg menjadi -- anak tsb adalah pamannya krn anak itu tinggal bersama pamannya; (3) pengasuh pengantin perempuan pd waktu menikah (yaitu yg melakukan janji nikah dng pengantin laki-laki): krn ayahnya telah meninggal, maka kakaknya yg menjadi -- untuk menikahkan anak perempuan itu; (4) orang saleh (suci); penyebar agama: -- sanga; (5) kepala pemerintah dsb: -- negeri [kl n] kain kuning yg dilekatkan pd bahu pejabat istana yg melaksanakan upacara kerajaan [n] pisau kecil untuk mengukir kayu dsb [Lihat {rajawali}]
107 wali Allah sahabat Allah; orang yg suci dan keramat: Sunan Kalijaga, -- Allah yg terkenal dl sejarah Tanah Jawa
108 wali hakim [Isl] pejabat urusan agama yg bertindak sbg wali pengantin perempuan dl pernikahan jika pengantin perempuan tidak mempunyai wali
109 wali kelas [Dik] guru yg diserahi tugas membina murid dl satu kelas
110 wali kota kepala kota madya; kepala wilayah kota administratif
111 wali mujbir [Isl] wali (orang tua, saudara laki-laki, dsb) yg berhak menikahkan seseorang yg masih gadis tanpa memerlukan izin gadis tsb
112 wali murid orang yg menjamin dan bertanggung jawab thd seorang anak di sekolahnya, spt ibu, bapak, saudara
113 wali negara kepala negara dr negara bagian (pada zaman penjajahan Belanda dan zaman Republik Indonesia Serikat)
114 wali negeri kepala negeri; (2) gubernur jenderal
115 wali rumah tungganai
116 walikukun wa.li.ku.kun [n] pohon, Actinophora buurmani
117 walimah wa.li.mah [Ar n] perjamuan
118 walimah safar perjamuan untuk keberangkatan atau kepergian: -- safar akan diadakan sebelum ia berangkat naik haji
119 walimah urusy perjamuan untuk perkawinan; (2) akad nikah
120 walimana wa.li.ma.na [kl n] kendaraan dewa yg berupa burung besar
121 walimat wa.li.mat [Lihat {walimah}]
122 waliullah wa.li.ul.lah [Ar n] wali Allah
123 wallahi wal.la.hi [p] demi Allah (dl sumpah): -- saya tidak mengambil uang itu
124 wallahualam wal.la.hu.a.lam [Ar p] ungkapan yg dipergunakan untuk menyatakan ketidakpastian (maknanya 'dan Allah Yang Mahatahu')
125 wallahualam bissawab dan Allah Yang Mahatahu sesungguhnya
126 walmana wal.ma.na [Lihat {walimana}]
127 wals [n] tarian Barat dng irama gerak tiga perempat hitungan
128 waluh wa.luh [n] labu merah, Cudurbita moschata
129 waluku wa.lu.ku [n] bajak; luku; tenggala
130 wambrau wam.brau [n] angin yg kering dan panas (biasanya terjadi di Irian Jaya): angin -- di Eropa disebut angin Fohn
131 wan [n] tuan: -- Malini
132 wana wa.na [Skt n] hutan
133 wana antara rimba besar antara dua kerajaan
134 wanara wa.na.ra [Skt n] kera; monyet
135 wanawisata wa.na.wi.sa.ta [n] wisata yg tujuan atau sasarannya adalah hutan
136 wanda wan.da [Jw n] (1) ciri-ciri satuan wayang yg memberikan gambaran air muka dan watak: ada beberapa -- yg tampak pd wajah Baladewa; (2) suku kata
137 wang [Lihat {uang}] [n] kediaman raja; istana: ia masuk ke kota --
138 wangi wa.ngi [a] berbau sedap; harum
139 wangi-wangian wa.ngi-wa.ngi.an [n] barang atau benda yg baunya harum; wewangian
140 wangkang wang.kang [n] perahu besar Cina; jung kecil
141 wangsa wang.sa [kl n] (1) keturunan raja; keluarga raja: -- Syailendra; (2) bangsa
142 wangsit wang.sit [n] pesan (amanat) gaib: menurut -- yg diterimanya, benda itu harus dipelihara dan disimpan dl keraton
143 wanita wa.ni.ta [n] perempuan dewasa: kaum -- , kaum putri (dewasa)
144 wanita karier wanita yg berkecimpung dl kegiatan profesi (usaha, perkantoran, dsb)
145 wanita tunasusila pelacur
146 wanodya wa.no.dya [n] gadis remaja: sudah selayaknyalah seorang -- harus berpakaian rapi dan elok dipandang
147 wantah wan.tah [Jw a] keadaan (sifat, rupa, wujud) yg sesungguhnya tanpa bercampur apa-apa; bersahaja; lugu
148 wantahan wan.tah.an [n] sesuatu yg sesuai dng aslinya
149 wantek wan.tek /wantEk/ (1) n zat pewarna: dng diberi cat -- ungu, baju yg sudah lusuh kelihatan baru lagi; (2) a ki tidak luntur warnanya
150 wanti-wanti wan.ti-wan.ti [n] pesan yg disampaikan dng sungguh-sungguh agar dilaksanakan oleh yg dipesani; pesan sungguh-sungguh: saya sudah mengingatkannya --
151 wantilan wan.til.an [n] tempat penggergajian kayu; tempat pemrosesan kayu gelondongan sehingga menjadi papan, kasau, dsb: di rumah -- biasanya banyak terdapat kayu bekas [Bl n] bangunan untuk umum, berbentuk persegi panjang, tidak berdinding, tempat orang berapat atau mengadakan sabungan ayam
152 waqaf wa.qaf [Lihat {wakaf}]
153 war [Lihat {uar}]
154 wara wa.ra, wa.ra-wa.ra [kl n] pengumuman; pemberitahuan
155 wara-wiri wa.ra-wi.ri [n] worawari [v] wira-wiri
156 warak wa.rak [a Isl] patuh dan taat kpd Allah: kita harus -- berpantang segala larangan [n] badak
157 warakat wa.ra.kat [Lihat {warkat}]
158 warakawuri wa.ra.ka.wu.ri [n] wanita yg ditinggal mati oleh suaminya (anggota TNI); janda
159 waralaba wa.ra.la.ba [n] (1) kerja sama dl bidang usaha dng bagi hasil sesuai dng kesepakatan; (2) hak kelola; hak pemasaran
160 warangan wa.rang.an [n] (1) racun yg digunakan untuk membunuh tikus; (2) cairan berisi ramuan untuk membersihkan keris dsb
161 waranggana wa.rang.ga.na [Jw n] penyanyi wanita dl seni karawitan atau wayang; pesinden
162 warangka wa.rang.ka [n] sarung keris yg terbuat dr kayu (ada yg bersalut logam) atau terbuat dr logam
163 waras wa.ras [a] (1) sembuh jasmani; sehat; (2) sehat rohani (mental, ingatan): kematian anaknyalah yg menyebabkan ibu itu menjadi kurang --
164 warasah wa.ra.sah [n] ahli waris
165 wardi war.di [ark] ? rodi
166 warga war.ga [n] (1) anggota (keluarga, perkumpulan, dsb): ia pulang ke kampung untuk menengok -- nya yg sakit keras; (2) ark tingkatan dl masyarakat; kasta: Brahmana adalah -- pertama dl agama Hindu
167 warga dalam keluarga keraton; keluarga sunan; keluarga sultan
168 warga dunia orang yg tidak menjadi warga salah satu negara; orang yg tidak berkebangsaan
169 warga jagat [ark] warga dunia
170 warga kota penduduk kota: -- kota Jakarta sudah melimpah ruah
171 warga negara war.ga ne.ga.ra [n] penduduk sebuah negara atau bangsa berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dsb yg mempunyai kewajiban dan hak penuh sbg seorang warga dr negara itu
172 warga negara asing orang warga negara lain
173 warga pinggiran penduduk yg tinggal di pinggir kota
174 wari wa.ri [Mk] ber.wa.ri p maka (tersebutlah)
175 waria wa.ria [n akr] wanita pria; pria yg bersifat dan bertingkah laku spt wanita; pria yg mempunyai perasaan sbg wanita; wadam
176 warid wa.rid [v] beribadah mengikuti cara yg dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. [Ar n] urat nadi
177 warik wa.rik [Lihat {warak}]
178 waringin wa.ri.ngin [n] beringin
179 waris wa.ris [n] orang yg berhak menerima harta pusaka dr orang yg telah meninggal [a] selalu mujur; untung
180 waris asli waris yg sesungguhnya, msl anak dan istri
181 waris karib waris yg dekat hubungan kekerabatannya
182 waris sah penerima warisan yg sah berdasarkan hukum (agama, adat)
183 warisan wa.ris.an [n] sesuatu yg diwariskan, spt harta, nama baik; harta pusaka: ia mendapat ~ yg tidak sedikit jumlahnya
184 warita wa.ri.ta [ark n] (1) warta; (2) cerita
185 warkah war.kah [Lihat {warkat}]
186 warkat war.kat [n] (1) surat; (2) isi surat
187 warkat pos lembar surat pos yg dapat dilipat spt surat tertutup
188 warna war.na [n] (1) kesan yg diperoleh mata dr cahaya yg dipantulkan oleh benda-benda yg dikenainya; corak rupa, spt biru dan hijau: dia sering memakai baju yg biru -- nya; (2) kl kasta; golongan; tingkatan (dl masyarakat): masyarakat Hindu membagi manusia menjadi empat --; (3) corak; ragam (sifat sesuatu): usaha partai itu tidak jelas -- nya
189 warna asli warna yg didapat dr alam, bukan buatan atau olahan manusia
190 warna bahasa [Bl] tingkat-tingkat bahasa
191 warna bunyi [Ling] sifat khusus yg menjadi dasar perbedaan bunyi vokal ditinjau dr sudut kesan dengar
192 warna cempaka warna kuning spt bunga cempaka
193 warna delima warna merah muda spt biji delima
194 warna nada warna suara; timbre
195 warna sari bermacam-macam bunga; (2) kumpulan bermacam-macam karangan yg penting, menarik atau bagus-bagus; bunga rampai
196 warna sawo matang cokelat kemerah-merahan; merah kehitam-hitaman
197 warna warta berbagai-bagai berita
198 warna-warni war.na-war.ni [n] bermacam-macam warna; berwarna-warna: ibu senang sekali melihat -- baju itu
199 warok wa.rok [Jw n] pendekar atau jagoan berkelahi yg disegani di daerah Ponorogo dan sekitarnya, biasanya menjadi pimpinan perkumpulan reog: badannya besar dan kekar spt -- Suromengggolo
200 warsa war.sa [n] tahun
201 warta war.ta [n] berita; kabar: aku mendapat -- dr abang bahwa ia akan pulang hari ini
202 warta berita berbagai-bagai kabar: -- berita yg pertama dr RRI Jakarta disiarkan pukul 05.00
203 warta sepekan majalah yg terbit sepekan (seminggu) sekali; majalah mingguan
204 wartawan war.ta.wan [n] orang yg pekerjaannya mencari dan menyusun berita untuk dimuat dl surat kabar, majalah, radio, dan televisi; juru warta; jurnalis
205 wartawan amplop [cak] wartawan yg suka menerima uang atas berita yg dimuatnya; -- cetak wartawan pencari berita untuk media cetak: puluhan -- cetak meliput kegiatan di Kejaksaan Agung
206 wartawan foto wartawan pencari berita dng menggunakan kamera
207 wartawan lepas wartawan yg tidak menjadi staf tetap salah satu surat kabar, tetapi hanya menyumbangkan tulisan mewakili beberapa penerbitan pers
208 wartawati war.ta.wa.ti [n] wartawan wanita
209 waru wa.ru [n] pohon yg tumbuh di tempat yg lembap, warnanya biru keabu-abuan, ukurannya tidak besar, dipakai sbg pohon peneduh, kulit bagian dalam sangat ulet, baik dipakai untuk bahan tali; Hibiscus tiliaceus
210 waruga wa.ru.ga [Sd n] badan; tubuh; sosok tubuh [n] bentuk kuburan batu yg banyak ditemukan di Minahasa (Sulawesi Utara) berupa peti batu kecil berbentuk kubus dan mempunyai tutup berbentuk atap rumah
211 waruna wa.ru.na [Skr kl n] dewa laut
212 warung wa.rung [n] tempat menjual makanan, minuman, kelontong, dsb; kedai; lepau: ia makan di -- itu
213 warung hidup [ki] pekarangan yg ditanami sayur-sayuran untuk keperluan sehari-hari
214 warwar war.war ? uar-uar
215 was [Lihat {waswas}]
216 wasahlan wa.sah.lan [Ar] selamat datang
217 wasak wa.sak [Ar n] satuan ukuran berat 180 kati, biasanya dibebankan pd unta
218 wasal wa.sal [n] (1) perangkaian dua buah kata yg menghilangkan bunyi huruf alif (yaitu a) dr kata kedua , msl khalifat + Allah menjadi khalifatullah, masjid + alharam menjadi masjidilharam; (2) perangkaian; penghubungan
219 wasalam wa.sa.lam [Ar] (1) v selamatlah; sejahteralah; (2) p (dl penutup surat) hormat dan takzim dr
220 wasangka wa.sang.ka [n] kebimbangan hati; rasa khawatir; kecurigaan; syak; sangka: menimbulkan syak --; ia menaruh syak -- kpd orang yg baru datang itu
221 Wasi Wa.si [Ar n] yg menguasai alam semesta; Allah
222 wasi wa.si [Ar n] orang yg melaksanakan wasiat: pamanku telah ditunjuk sbg -- untuk membagikan harta warisan almarhum ayahku
223 wasiat wa.si.at [n] pesan terakhir yg disampaikan oleh orang yg akan meninggal (biasanya berkenaan dng harta kekayaan dsb) [n] (1) pusaka; (2) yg bertuah; yg gaib; yg dapat membuat sesuatu yg ganjil: tongkat --
224 wasiat di bawah tangan wasiat yg dibuat sendiri, tidak di muka notaris, kpd seorang ahli waris untuk menerima sebagian atau seluruh warisan
225 wasiat hukum wasiat yg dibuat di muka notaris dan diumumkan setelah si pembuat meninggal dunia
226 wasiat rahasia wasiat yg ditaruh dl sampul tertutup dan disimpan oleh notaris (dikuatkan dl bentuk akta dng disaksikan oleh empat orang)
227 wasilah wa.si.lah [Ar n] ikatan; perhubungan; pertalian
228 wasilat wa.si.lat [Lihat {wasilah}]
229 wasir wa.sir ? bawasir
230 wasit wa.sit [n] (1) penengah; perantara (dagang dsb); (2) penentu; pemimpin (dl pertandingan sepak bola, bola voli, dsb); (3) pemisah; pelerai; pendamai (antara yg berselisih dsb)
231 wasit honorer wasit kehormatan
232 wasitah wa.si.tah [Ar n] (1) wasit perempuan; (2) perempuan yg dapat berhubungan dng orang halus; (3) perantara (dl perkawinan dsb)
233 waskita was.ki.ta [a] terang tiliknya; tajam penglihatan
234 waslah was.lah ? wasal
235 waslap was.lap [n cak] kain untuk mengelap, menyeka, menggosok; serbet untuk menyeka atau membersihkan tangan, muka, dsb
236 waspada was.pa.da [a] berhati-hati dan berjaga-jaga; bersiap siaga: kita harus selalu awas dan -- thd bahaya narkotik
237 wassalam was.sa.lam ? wasalam
238 wastafel was.ta.fel [n] tempat membersihkan diri (cuci muka, cuci tangan, gosok gigi, bercukur), letaknya menempel pd dinding (di luar atau di dl kamar mandi), dilengkapi dng keran air, cermin, dan rak untuk menaruh sabun, pasta gigi, atau alat-alat kecantikan
239 waswas was.was [a] (1) ragu-ragu; kurang yakin; (2) khawatir: dng agak -- dia melangkah di jalan yg sepi itu; (3) curiga
240 watak wa.tak [n] sifat batin manusia yg mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku; budi pekerti; tabiat: dasar -- pencuri, meskipun telah beberapa kali masuk penjara, ia tetap mencuri lagi
241 watan wa.tan [Ar n] tanah air; tanah tumpah darah
242 watang wa.tang [Jw n] pohon kayu; batang
243 watas wa.tas [n] batas
244 watase wa.ta.se [n] jumlah satuan tenaga listrik yg diukur dng watt
245 watermantel wa.ter.man.tel [n cak] senapan mesin besar yg larasnya diberi selongsong yg berisi air (sbg penahan panas)
246 watermark wa.ter.mark [Ing n] tanda dl kertas (msl pd manuskrip, uang kertas) yg hanya tampak samar-samar jika kena sinar
247 waterpas wa.ter.pas [n] alat untuk mengetahui rata tidaknya suatu permukaan horizontal (ubin dsb)
248 waterpruf wa.ter.pruf [a cak] tidak dapat dimasuki air; tahan air; kedap air
249 waton wa.ton [Lihat {watan}]
250 watt [n El] satuan tenaga listrik yg diperlukan arus dr satu ampere dan tegangan satu volt: sinar lampu sepuluh -- menyala remang-remang di ruang itu
251 wau [n] layang-layang dr kertas [n] nama huruf ke-27 abjad Arab [n] burung yg berbunyi "wau"
252 wau melawan angin [pb] perbuatan yg sia-sia
253 wawa wa.wa [n] kera yg bertangan panjang tetapi tidak berekor, biasa mengeluarkan suara "wau wau" dng keras; wak-wak; ungka; Hylobateslar (agilis)
254 wawancara wa.wan.ca.ra [n] (1) tanya jawab dng seseorang (pejabat dsb) yg diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal, untuk dimuat dl surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pd layar televisi; (2) tanya jawab direksi (kepala personalia, kepala humas) perusahaan dng pelamar pekerjaan; (3) tanya jawab peneliti dng narasumber
255 wawancara bebas wawancara yg susunan pertanyaannya tidak ditentukan lebih dahulu dan pembicaraannya bergantung kpd suasana wawancara
256 wawancara individual wawancara yg dilakukan oleh seseorang (pewawancara) dng responden tunggal atau wawancara secara perseorangan
257 wawancara kelompok wawancara yg dilakukan thd sekelompok orang dl waktu yg bersamaan
258 wawancara konferensi wawancara antara seorang pewawancara dan sejumlah responden atau wawancara antara sejumlah pewawancara dan seorang responden
259 wawancara terbuka wawancara yg berdasarkan pertanyaan yg tidak terbatas (tidak terikat) jawabannya
260 wawancara terpimpin wawancara dng memakai pertanyaan yg sudah disiapkan sebelumnya
261 wawancara tertutup wawancara yg berdasarkan pertanyaan yg terbatas jawabannya
262 wawankata wa.wan.ka.ta [Lihat {wawancara}]
263 wawanmuka wa.wan.mu.ka [n] temu muka; tatap muka: sampai sekarang masih sering rangsangan ingin tahu hanya dipenuhi oleh komunikasi -- dan kabar dr mulut ke mulut
264 wawanrembuk wa.wan.rem.buk [n] tukar pendapat; berunding: dl waktu dekat akan dibuka -- antara dua negara yg selalu bersengketa itu
265 wawansabda wa.wan.sab.da [Lihat {wawancara}]
266 wawas wa.was [Jw v] , me.wa.was v meneliti; meninjau; memandang; mengamati: politik negara kita selama ini lebih banyak digunakan untuk ~ ke dalam
267 wawas diri wa.was di.ri [v] , me.wa.was di.ri v melihat (memeriksa, mengoreksi) diri sendiri secara jujur; introspeksi: kita harus -- agar jangan membuat kesalahan yg sama
268 wawasan wa.was.an [n] (1) hasil mewawas; tinjauan; pandangan; (2) konsepsi cara pandang
269 wawasan nasional wa.was.an nasional cara pandang suatu bangsa dl hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta dl hubungan antarnegara yg merupakan hasil perenungan filsafat tt diri dan lingkungannya dng memperhatikan sejarah dan kondisi sosial budaya serta memanfaatkan konstelasi geografis guna menciptakan dorongan dan rangsangan dl usaha mencapai tujuan nasional
270 wawasan Nusantara wa.was.an Nusantara pandangan atau anggapan bahwa Nusantara adalah kepulauan yg merupakan suatu kesatuan, termasuk semua laut dan selatnya
271 wawasan sosial wa.was.an sosial kemampuan untuk memahami cara-cara menyesuaikan diri atau menempatkan diri dl lingkungan sosial
272 Wawu Wa.wu [n] tahun ke-7 daur kecil
273 wayang wa.yang [n] (1) boneka tiruan orang yg terbuat dr pahatan kulit atau kayu dsb yg dapat dimanfaatkan untuk memerankan tokoh dl pertunjukan drama tradisional (Bali, Jawa, Sunda, dsb), biasanya dimainkan oleh seseorang yg disebut dalang; (2) pertunjukan wayang (selengkapnya); (3) ki pelaku (yg hanya sbg pelaku, bukan sbg perencana); orang suruhan yg harus bertindak sesuai dng perintah orang lain: penembak calon presiden itu hanya -- bukan dalangnya; (4) bayang-bayang
274 wayang beber wayang berupa lukisan yg dibuat pd kertas gulung, berisikan cerita inti dr lakon yg akan dikisahkan oleh dalang, dimainkan dng cara membeberkannya
275 wayang gambar gambar hidup; bioskop
276 wayang gelap wayang gambar
277 wayang golek wayang yg dibuat dr kayu, biasanya berupa anak-anakan atau boneka kayu
278 wayang kelitik wayang yg terbuat dr kayu
279 wayang kerucil wayang kelitik
280 wayang kulit wayang yg terbuat dr kulit
281 wayang makao wayang Cina
282 wayang mbeling cerita wayang yg menyimpang dr aturan yg ada, biasanya penuh humor dan berisikan kritik kpd orang atau lembaga tertentu
283 wayang orang wayang wong
284 wayang potehi wayang Cina
285 wayang purwa wayang kulit yg membawakan cerita yg bersumber dr kitab Mahabarata dan Ramayana
286 wayang sadat (sarana dakwah dan tablig) wayang kulit yg mementaskan lakon para wali dr Kerajaan Demak sampai Kerajaan Pajang, anak-anak wayang dan dalang beserta niyaga memakai serban
287 wayang suluh wayang kulit dl bahasa Indonesia untuk memberikan penerangan (penyuluhan)
288 wayang topeng pertunjukan wayang dng para pelakunya memakai topeng
289 wayang wong wayang yg diperankan oleh orang
290 wayangan wa.yang.an [n] pertunjukan wayang: mereka mengadakan ~ semalam suntuk
291 wayuh wa.yuh [Jw v] beristri lebih dr seorang
292 wazari wa.za.ri [n Olr] kemenangan yg diperoleh seorang pemain judo
293 wazir wa.zir [kl n] perdana menteri ? bawasir
294 we [n] nama huruf w /wE/ ? weh
295 Weda We.da [n] kitab suci agama Hindu yg tertua
296 wedam we.dam /wEdam/ ? weda
297 wedana we.da.na [n] pembantu pimpinan wilayah Daerah Tingkat II (kabupaten), membawahkan beberapa camat; pembantu bupati
298 wedang we.dang [Jw n] minuman dr bahan gula dan kopi (teh, jahe, dsb) yg biasanya disedu dng air panas, biasanya dapat menghangatkan tubuh: krn daerah ini sangat dingin, kita minum -- jahe
299 wedani we.da.ni [n] tumbuhan merambat, Quisqualis indica
300 wedar we.dar , me.we.dar v membentangkan (memaparkan) ilmu dsb; membaca mantera: tidak perlu ~ , lepaskan panahmu
301 wedaran we.dar.an [n] pidato; ceramah
302 wede we.de [n kp waarnemend (w.d.)] orang yg menjabat sementara; penjabat; wakil
303 wedel we.del [Sd a] tidak mudah robek (tt tenunan atau anyaman); kuat [n] zat pewarna biru kehitam-hitaman
304 wedelan we.del.an [n] hasil mencelup
305 weduk we.duk [Jk a] kebal
306 weh [p] kata seru yg menyatakan rasa terkejut, keheranan; hai
307 weharima we.ha.ri.ma [ark n] kerja sama; gotong royong
308 wejang we.jang [n] nasihat; petuah; petunjuk
309 wejangan we.jang.an [n] (1) hasil mewejang; petuah; petunjuk; ajaran: dng penuh minat seorang murid mendengarkan ~ gurunya; (2) pidato yg bertujuan menasihati dsb
310 wekel we.kel [Jw a] rajin dan sungguh-sungguh; tekun: diharapkan agar para remaja -- dl segala tindakan demi pembangunan
311 weker we.ker /wEkEr/ ? 1beker
312 welahar we.la.har [n] danau kecil
313 welas we.las, we.las.an [Jw n] tambahan (tt pembelian barang di Jawa, tiap membeli sepuluh mendapat tambahan satu); (dl) jumlah sebelas (tetapi tetap dihitung 10)
314 weling we.ling [Jw n] we.ling.an n (1) pesan; wasiat; (2) harta yg telah dipesankan untuk diwariskan kpd seseorang sewaktu orang tua masih hidup dan akan diserahkan sesudah salah satu dr keduanya meninggal dunia; hibah
315 welirang we.li.rang [Jw n] belerang
316 welit we.lit [Jw n] atap (terbuat dr ilalang): rumahku beratap --
317 welter wel.ter [n Olr] golongan (kelas) petinju yg berat badannya antara 63,5-67 kg: petinju kelas -- berhasil maju ke babak final pertandingan akbar itu; -- ringan golongan (kelas) petinju di bawah kelas welter (berat badan antara 60-63,5 kg): petinju kelas -- ringan kita dikalahkan oleh petinju kelas -- ringan lawan
318 welut we.lut [Jw] ? belut
319 wenang we.nang [n] ber.we.nang v mempunyai (mendapat) hak dan kekuasaan untuk melakukan sesuatu): pencuri itu diserahkan kpd yg ~
320 wenter wen.ter [n] (1) cat pewarna: sebuah kuas dan cairan -- merupakan alat lukis bagi seniman; (2) serbuk pewarna (untuk pakaian)
321 werak we.rak /wErak/ ? werek
322 werangka we.rang.ka ? warangka
323 werda wer.da [Lihat {wreda}]
324 werdatama wer.da.ta.ma [Lihat {wredatama}]
325 were we.re [n] kepercayaan yg teguh kpd diri sendiri yg berlandaskan kejujuran, kebenaran, dsb
326 werek we.rek [n cak] orang yg mencari tenaga kerja kontrak untuk perkebunan (asing) di luar Jawa, biasanya dilakukan dng cara tipu muslihat (pd zaman Belanda)
327 wereng we.reng [n] serangga sebesar butir beras sbg hama tanaman padi, daya sebarnya kuat dan sangat ganas, sulit diberantas krn bertengger di pangkal daun padi; Nila parvata lugens
328 wereng cokelat binatang kecil berwarna cokelat yg menyerang dan memusnahkan buah padi yg baru mulai muncul, berdaya biak tinggi, daur hidupnya pendek, daya sebarnya cepat, dan daya serangnya ganas
329 wereng hijau wereng sebesar beras, biasa menetas pd pelepah daun padi dan akan menetas dl enam hari kemudian, menyukai cairan daun yg mengakibatkan pengeringan daun itu; tungro; Nephottotix virescens
330 wereng punggung putih wereng yg tubuhnya lebih kecil dp bulir padi, sering mengisap batang padi, jagung, dan rumput-rumputan; Sogatella furcifera
331 werit we.rit [Jk n] sesuatu yg menakutkan
332 werst [n] satuan ukuran panjang 1,066 km (di Rusia); mil
333 wese we.se [n kp water closet] (WC) toilet, tempat buang air; jamban
334 wesel we.sel [n] (1) surat pos untuk mengirimkan uang; (2) surat pembayaran yg dapat diuangkan ke bank oleh pemegangnya [n] konstruksi batang-batang rel kereta api yg bercabang (bersimpangan) tempat memindahkan arah jalan kereta api
335 wesel bank wesel yg ditarik oleh suatu bank atas bank lain
336 wesel bayar janji tertulis yg ditandatangani oleh pembuatnya agar pd tanggal yg ditetapkan atau pd waktu yg akan datang dan atas permintaan tertentu membayarkan sejumlah uang
337 wesel cek alat pembayaran berupa surat berharga, dapat ditukarkan dng uang
338 wesel luar wesel yg ditarik oleh negara, tetapi pembayarannya dilakukan di negara lain
339 wesel tagih janji tertulis yg tidak bersyarat, dibuat oleh pihak yg satu untuk pihak yg lain, ditandatangani oleh pihak pembuatnya, untuk membayar sejumlah uang atas permintaan atau pd suatu tanggal yg ditetapkan pd masa yg akan datang kpd pihak yg memerintahkan atau membawanya
340 wesel tunai wesel yg langsung dibayarkan atas penunjukan
341 weselbor we.sel.bor [n] panil
342 wesi aji we.si a.ji [Lihat {besi aji}]
343 wesket wes.ket [ark n] rompi
344 westernis wes.ter.nis [a] berkiblat ke Barat; berhaluan ke Barat; terkena pengaruh Barat: menurut pengamatannya, sastra Indonesia modern adalah sastra --
345 westernisasi wes.ter.ni.sa.si [n] pemujaan thd Barat yg berlebihan; pembaratan: akhirnya, bukanlah modernisasi yg kita miliki, tetapi --
346 wet [n] undang-undang; hukum
347 weton we.ton [Jw n] hari lahir seseorang dng pasarannya (Legi, Paing, Pon, Wage, Kliwon): tiap-tiap individu mempunyai --
348 wewangian we.wa.ngi.an [n] wangi-wangian; sejumlah pewangi
349 wewara we.wa.ra [n] pengumuman
350 wewarah we.wa.rah [n] ajaran: ia juga mengajarkan pengetahuan kebatinan berdasarkan -- nenek moyangnya
351 wewe we.we [n] hantu perempuan
352 wewenang we.we.nang [n] (1) hak dan kekuasaan untuk bertindak; kewenangan; (2) kekuasaan membuat keputusan, memerintah, dan melimpahkan tanggung jawab kpd orang lain; (3) Huk fungsi yg boleh tidak dilaksanakan
353 wibawa wi.ba.wa [n] (1) pembawaan untuk dapat menguasai dan mempengaruhi dihormati orang lain melalui sikap dan tingkah laku yg mengandung kepemimpinan dan penuh daya tarik: dng penuh -- pemimpin itu berhasil menenangkan massa yg gelisah; (2) kekuasaan
354 wicara wi.ca.ra [n Ling] rangkaian bunyi bahasa yg dipergunakan untuk berkomunikasi; tutur kata; bicara
355 wicara buatan [Ling] produksi bunyi manusia dng alat-alat buatan
356 wicara esofagus [Ling] bunyi bahasa yg dihasilkan dng udara lewat kerongkongan, dipakai oleh orang yg laringnya telah dibedah
357 widara wi.da.ra [Lihat {bidara}]
358 Widiwasa Wi.di.wa.sa [n Hin] Tuhan Yang Maha Esa (biasanya didahului sebutan Ida Sang Hyang)
359 widoro wi.do.ro [n] pohon yg cairannya diisap oleh sejenis serangga yg menghasilkan bahan lak (dr kotoran serangga tsb)
360 widuri wi.du.ri [Jw n] tumbuhan perdu berbatang dan daunnya hijau keputihan karena buku-bukunya kasar, bergetah, bunganya ungu kemerah-merahan, tumbuh di dekat pantai; Calotropis gigantes
361 widyaiswara wid.ya.is.wa.ra [n] (1) guru; (2) Adm jabatan fungsional yg diberikan kpd pegawai negeri sipil dng tugas mendidik, mengajar dan/atau melatih secara penuh pd unit pendidikan dan pelatihan dr instansi pemerintah
362 widyawisata wid.ya.wi.sa.ta [n] perjalanan ke luar (daerah, kampus, dsb) dl rangka kunjungan studi (biasanya berombongan); kunjungan dl rangka menambah ilmu pengetahuan: peserta kursus mengadakan -- ke pabrik farmasi di Ciawi
363 wig [n] rambut tiruan (rambut buatan, rambut palsu) sbg penutup kepala: untuk menutupi kepalanya yg botak, terpaksa dia memakai --
364 wigata wi.ga.ta [a] awam: saya hanya orang kebanyakan yg --
365 wih [Lihat {we}]
366 wihara wi.ha.ra [n] biara yg didiami oleh para biksu (umat Buddha)
367 wijaya wi.ja.ya [kl n] (1) kemenangan; (2) v menang
368 wijayakusuma wi.ja.ya.ku.su.ma [n] (1) pohon berukuran sedang, batangnya bengkang-bengkok, rantingnya tebal, daunnya besar melonjong sampai membulat telur, berwarna hijau muda, bunganya kecil-kecil wangi, tumbuh di pantai berbatu di pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Jawa, dl mitologi Jawa dianggap pohon sakti dan dapat menghidupkan orang mati, dahulu dipakai dl upacara penobatan raja-raja Surakarta; Pisonia grandis; (2) (digunakan secara salah) sejenis kaktus berdaun pipih yg didatangkan dr Brazil yg berbunga besar, harum, dan mekar pd tengah malam; Epiphyllum oxypetalum
369 wijayamala wi.ja.ya.ma.la [n] wijayakusuma
370 wijayamulia wi.ja.ya.mu.lia [n] wijayakusuma
371 wijdaniah wij.da.ni.ah [Ar n] yg dapat diketahui atau dicapai melalui batin
372 wijen wi.jen [n] (1) tumbuhan suku biji-bijian dng tinggi mencapai 2 m, buahnya berbentuk kotak lonjong, bijinya kecil-kecil mengandung minyak untuk minyak goreng, margarin, dsb; bijan; Sesamum orientale; (2) biji bijan
373 wiji wi.ji [n] bibit dr tanaman: ia memberikan petunjuk cara menurunkan -- yg teratur
374 wijik wi.jik [Jw v] mencuci kaki (tangan)
375 wijikan wi.jik.an [n] mangkuk kecil sbg tempat air untuk mencuci tangan
376 wikalat wi.ka.lat [Ar n] jabatan sbg wakil; perwakilan
377 wiku wi.ku [kl n] pendeta pertapa
378 wiladah wi.la.dah [Ar] (1) v lahir; (2) n kelahiran
379 wilahar wi.la.har [Lihat {welahar}]
380 wilangon wi.la.ngon [Jw kl n] gelora berahi; dendam berahi
381 wilayah wi.la.yah [n] daerah (kekuasaan, pemerintahan, pengawasan, dsb); lingkungan daerah (provinsi, kabupaten, kecamatan)
382 wilayah administratif lingkungan kerja perangkat pemerintah pusat yg menyelenggarakan tugas pemerintahan umum di daerah
383 wilayah antar wilayah yg ada dalam batas antar suatu kantor pos
384 wilayah kerja daerah yg menjadi kekuasaan dl menjalankan tugas: kecamatan yg terpencil itu masih termasuk -- kerja kabupaten ini
385 wilayat wi.la.yat [Lihat {wilayah}]
386 wilis wi.lis [Jw a] biru kehijau-hijauan; hijau tua
387 wilmana wil.ma.na [Lihat {walimana}]
388 wilwatikta wil.wa.tik.ta [n] nama lain untuk kerajaan Majapahit
389 wimana wi.ma.na [Skr n] kendaraan; kereta
390 winaya wi.na.ya [n] pendidikan; tuntunan
391 windu win.du [n] jangka waktu yg lamanya delapan tahun; daur kecil: minggu depan orang tuaku akan merayakan perkawinannya yg genap lima --
392 wing [n] (1) sayap; (2) lencana (tanda) penerbangan dl bentuk sayap; (3) lencana (tanda) lulus pendidikan dan pelatihan, spt terjun payung, terbang layang: setiap penerbang yg lulus mendapat --
393 wingit wi.ngit [a] (1) suci dan keramat; (2) angker: untuk masa yg panjang hutan Lodaya terkenal sbg hutan -- yg sukar ditaklukkan
394 winglet wing.let [n] sayap kecil yg terdapat pd pesawat terbang yg berfungsi mengurangi hambatan udara akibat ulakan udara bertekanan tinggi dr bawah sayap yg berusaha menuju ke atas permukaan sayap lewat ujung sayap
395 winter win.ter [Lihat {wenter}]
396 wira wi.ra [n] pahlawan; laki-laki; (2) a bersifat jantan (berani); perwira
397 wira-wiri wi.ra-wi.ri [v] berjalan hilir mudik; mondar-mandir: begitu Pak Minan sampai di rumah kawannya, ia melihat kawannya itu sedang repot --
398 wirabank wi.ra.bank [n] penjaga keamanan pd bank
399 wiracarita wi.ra.ca.ri.ta [n] cerita kepahlawanan; syair kepahlawanan; epos: ada dua -- Hindu yg masuk ke dl susastra lama, yaitu Mahabharata dan Ramayana
400 wiraga wi.ra.ga [n Sen] dasar wujud lahiriah badan beserta anggota badan yg disertai keterampilan geraknya
401 wirakarya wi.ra.kar.ya [n ] jambore
402 wirama wi.ra.ma [Lihat {irama}]
403 wirang wi.rang [Jw a] malu: janganlah kamu membuat -- orang tua, bertingkah lakulah yg sebaik-baiknya
404 wiraniaga wi.ra.ni.a.ga [n] orang yg yg melakukan penjualan barang secara langsung kpd konsumen (pembeli); pedagang: -- keliling adalah salah satu pengusaha kecil
405 wirasat wi.ra.sat [Lihat {firasat}]
406 wirasuara wi.ra.su.a.ra [n] penyanyi pria dl karawitan (gamelan) Jawa; penyeling (bagi si penyanyi): sebelum pementasan berlangsung, semua penari, penabuh gamelan, -- beserta perias ditampung di pemondokan khusus
407 wiraswasta wi.ra.swas.ta [n] orang yg pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya
408 wirausaha wi.ra.u.sa.ha [Lihat {wiraswasta}]
409 wirawan wi.ra.wan [kl] (1) n pahlawan; (2) a gagah perkasa; gagah berani
410 wirid wi.rid [Ar n] (1) kutipan-kutipan Alquran yg ditetapkan untuk dibaca; (2) zikir yg diucapkan sesudah salat: sesudah salat dia selalu membaca --; (3) pelajaran (ilmu keagamaan)
411 wiridan wi.rid.an [n] (1) yg akan diwiridkan; (2) hal mengucapkan wirid: ~ biasa dilakukan selepas salat wajib
412 wiron wi.ron [Lihat {wiru}]
413 wiru wi.ru [n] lipatan-lipatan pd kain dsb
414 wirwir wir.wir [Lihat {uir-uir}]
415 wisal wi.sal [n Tas] hal memandang Allah dng mata hatinya di dunia dan dng mata kepala di akhirat
416 wisata wi.sa.ta [v] (1) bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dsb); bertamasya; (2) piknik
417 wisata alam perjalanan yg memanfaatkan potensi sumber daya alam dan tata lingkungannya sbg objek tujuan wisata
418 wisata bahari bepergian menikmati alam laut; -- budaya bepergian bersama-sama dng tujuan mengenali hasil kebudayaan setempat: untuk memajukan kepariwisataan di Indonesia, objek -- budaya harus digalakkan
419 wisata buru kegiatan wisata yg memanfaatkan satwa sbg objek kegiatan berburu
420 wisata domestik wisata di dl negeri sendiri; -- karya kunjungan kerja; tur: para peserta kursus administrasi sedang mengadakan -- ke daerah Riau
421 wisata kesehatan gerak atau kegiatan wisata yg dirangsang oleh adanya objek atau fasilitas yg diperlukan untuk mengembalikan kesehatan di daerah tujuan wisata, msl tempat sejuk yg lengkap dng tempat peristirahatan dan terdapat sumber air panas
422 wisata nusantara wisata domestik; -- puri Bl wisata yg objeknya adalah puri (istana) dng segala isi dan kegiatannya: Pemda Tabanan mengembangkan objek -- puri
423 wisata remaja kegiatan wisata kaum remaja yg dipengaruhi oleh faktor yg bermotif sosial, berwujud darmawisata, karyawisata, atau widyawisata
424 wisata studi melakukan perjalanan wisata sambil belajar
425 wisata tirta kegiatan wisata yg berhubungan langsung dng air atau dilakukan di perairan pantai, danau, dsb
426 wisatawan wi.sa.ta.wan [n] orang yg berwisata; pelancong; turis: Pemerintah berusaha menarik lebih banyak arus -- luar negeri dng memperkenalkan tempat-tempat yg indah dan menarik
427 wisatawan asing wisatawan yg berasal dr luar negeri; wisatawan mancanegara
428 wisatawan domestik wisatawan nusantara
429 wisatawan nusantara wisatawan yg berasal dr negeri sendiri; wisatawan dalam negeri
430 wisaya wi.sa.ya [n] (1) jerat penangkap binatang; (2) sihir
431 wisesa wi.se.sa [n] (1) penguasa utama; (2) kekuasaan yg tertinggi
432 wisik wi.sik [n] bisikan batin; ilham: Kiai Selo mendapat -- bahwa mayat itu harus dikubur di Desa Dringu
433 wiski wis.ki [n] minuman keras dng alkohol berkadar tinggi: dia kuat minum -- berseloki-seloki tanpa menjadi mabuk
434 wisma wis.ma [n] (1) bangunan untuk tempat tinggal, kantor, dsb; gerha; (2) kumpulan rumah; kompleks perumahan; permukiman
435 wisma cinta alam bangunan yg diperuntukkan bagi pengunjung untuk dapat mengikuti kegiatan yg bersifat pendidikan konservasi
436 wisma tamu rumah (gedung) khusus untuk tamu yg mungkin bermalam
437 Wisnu Wis.nu [n Hin] salah satu dewa Trimurti (Brahma, Syiwa, Wisnu) yg berperan sbg dewa pemelihara
438 wisuda wi.su.da [n] peresmian atau pelantikan yg dilakukan dng upacara khidmat: para sarjana yg baru lulus menghadiri acara -- bersama orang tua mereka
439 wisudawan wi.su.da.wan [n] (sarjana muda, sarjana) laki-laki yg diwisuda: pewara mempersilakan para -- dan wisudawati untuk berkumpul dan berfoto bersama
440 wisudawati wi.su.da.wa.ti [n] (sarjana muda, sarjana) wanita yg diwisuda
441 witir wi.tir [a] ganjil spt bilangan satu, tiga, lima, dsb: salat --
442 wiwaha wi.wa.ha [Skr n] pesta pernikahan; pernikahan
443 wiweka wi.we.ka [ark] (1) a sangat berhati-hati; (2) n sikap berhati-hati (thd segala masalah)
444 wiyaga wi.ya.ga [n] penabuh gamelan: mereka mengadakan wayangan dng mendatangkan dalang dr Sala lengkap dng pesinden dan -- nya
445 wiyata wi.ya.ta [Jw ark n] pengajaran; pelajaran
446 wiyata mandala lingkungan pendidikan tempat berlangsung proses belajar-mengajar: sekolah merupakan -- mandala bagi siswa
447 wiyata praja jawatan urusan pengajaran
448 wizurai wi.zu.rai [kl n] raja muda (sebangsa gubernur jenderal)
449 wodka wod.ka ? vodka
450 wol [n] bulu binatang yg halus (spt bulu domba) untuk bahan pakaian (baju hangat, jas, celana, dsb): bahan pakaian dr -- sesuai untuk pakaian musim dingin
451 wol apkir bulu wol yg cacat krn terdapat noda-noda dng warna yg tidak disenangi
452 wol karpet wol kasar bermutu rendah, umumnya berasal dr domba potong yg dipergunakan sbg bahan pembuat karpet atau keset, biasanya berasal dr Asia
453 wol kasar wol yg agak kasar dan kuat serabutnya dr domba Merino dr Australia
454 wol kasur wol yg empuk bila ditekan memantul, tampak tebal, besar, tetapi ringan
455 wol lacakan wol tidak seragam, bercampur rambut dan potongan wol kasar
456 wol timbul wol kasar
457 wolanda wo.lan.da [ark n] Belanda
458 wolfram wolf.ram [n Kim] tungsten
459 wombat wom.bat [n] mamalia, bertubuh gemuk pendek, menyerupai beruang kecil, ditemukan di Australia, Tasmania, dan beberapa kepulauan Pasifik
460 won lihat Lampiran Mata Uang
461 wong [n cak] orang
462 wong agung orang besar; para pembesar; pejabat
463 wong cilik rakyat jelata
464 wora-wari wo.ra-wa.ri [n] bunga sepatu; bunga raya; Hibiscus rosa sincusis
465 wortel wor.tel [n] tanaman sayuran berakar pasak berdaging, berwarna kuning jingga, kaya akan zat gula, vitamin, dan garam mineral; Daucus carota
466 wosi wo.si [a] keadaan gigi yg letaknya tidak rapat; gigi jarang
467 wrang [n Lay] bagian bangunan di dasar kapal, biasanya dipasang pd gading-gading kapal secara melintang
468 wreda wre.da [a] (1) lanjut usia; tua; (2) sudah banyak pengalaman tugas dsb; senior; (3) tingkat terakhir: taruna -- sedang digembleng untuk segera diterjunkan ke masyarakat
469 wredatama wre.da.ta.ma [n] (orang) pensiunan: berpuluh-puluh -- telah diangkat oleh pimpinan sbg tenaga honorer
470 wregu wre.gu lihat palem
471 Wrisaba Wri.sa.ba [n] Taurus
472 wudani wu.da.ni [n] tumbuhan merambat, berbatang tebal dan berduri, daun yg muda berbentuk bulat telur berwarna kuning cokelat, kemudian setelah tua berwarna hijau tua, bunga terdapat pd ketiak daun dan buahnya berbentuk lonjong berwarna cokelat tua; Quisqualis indica
473 wudu wu.du [v Isl] menyucikan diri (sebelum salat) dng membasuh muka, tangan, kepala, dan kaki: hai Nak, -- dulu sebelum salat
474 wuduk wu.duk ? uduk
475 wujud wu.jud [n] (1) rupa dan bentuk yg dapat diraba; (2) adanya sesuatu; (3) benda yg nyata (bukan roh dsb) [n] maksud; tujuan
476 wuker wu.ker [n] bunga (peminjaman uang) terlalu tinggi; bunga lintah darat
477 wukerar wu.ke.rar [n] pemberi pinjaman (uang dsb): dng adanya Pusat Koperasi TNI, para warakawuri tidak lagi menguntungkan para --
478 wukuf wu.kuf [n Isl] salah satu upacara menunaikan ibadah haji dng berdiam (hadir) di Arafah ketika mulai waktu tergelincir sampai terbenam matahari tanggal 9 Zulhijah
479 wulan wu.lan [n] bulan (Januari dsb): catur -- pertama, masa 4 bulan pertama dl tahun ajaran (di sekolah dasar)
480 wulang wu.lang, wu.lang.an [n] ajaran: di kelas I SD anak-anak sudah mendapat -- agama
481 wulu cumbu wu.lu cum.bu [Jw n] (1) bulu yg tumbuh pd ibu jari kaki; (2) ki inang pengasuh laki-laki; (3) ki penurut; pengekor: warga desa itu bagaikan -- , mereka perlu diberi dorongan
482 wulung wu.lung [a] biru kehitam-hitaman [n] burung elang
483 wungon wu.ngon [Jw v] tidak tidur semalam suntuk: cara memperbesar daya gaib, antara lain dng merendam diri, berkelana ke tempat sepi atau keramat dan --
484 wungu wu.ngu [a] ungu
485 wurung wu.rung [Lihat {urung}]
486 wutuh wu.tuh [Lihat {utuh}]
487 wuwungan wu.wung.an [Jw n] bubungan

Tentang KBBI Edisi III

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring

Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan atau KBBI daring merupakan versi online dari KBBI edisi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2008.

Kamus ini memuat 78.000 lema. Isi (kata dan arti) dalam kamus ini merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa).

Kamus Lainnya

Berikut adalah daftar kamus lain yang ada di Rebanas