Arti kata/frase "sengsara" menurut KBBI Edisi III

Pranala (link): http://artikankata.com/kbbi-edisi-iii/sengsara

Halaman ini menjelaskan kata atau frase sengsara menurut KBBI Edisi III

sengsara: seng.sa.ra [n] kesulitan dan kesusahan hidup; penderitaan: ia telah menanggung berbagai -- dan derita; (2) a menderita kesusahan, kesukaran, dsb: hidupnya akan -- apabila ia mengikuti suami yg menganggur dan suka mabuk itu

Lebih lanjut mengenai sengsara

sengsara terdiri dari 1 suku kata. Kata tersebut mempunyai 57 kata terkait yakni sebagai berikut:

sengsara seng.sa.ra [n] kesulitan dan kesusahan hidup; penderitaan: ia telah menanggung berbagai -- dan derita; (2) a menderita kesusahan, kesukaran, dsb: hidupnya akan -- apabila ia mengikuti suami yg menganggur dan suka mabuk itu
azab sengsara segala macam penderitaan (kesengsaraan)
kesengsaraan ke.seng.sa.ra.an [n] perihal sengsara
memeluk sengsara me.me.luk sengsara [ki] melarat
bahaya ba.ha.ya [n] yg (mungkin) mendatangkan kecelakaan (bencana, kesengsaraan, kerugian, dsb): menempuh jalan yg tidak ada -- nya
bala bencana malapetaka; kesengsaraan
bala keselamatan organisasi penderma agama Protestan, didirikan di Inggris oleh William Booth tahun 1865 dng tujuan meningkatkan harkat orang-orang yg sengsara secara keagamaan dan sosial
bengis be.ngis [a] (1) bersifat keras tanpa belas kasihan kpd manusia atau binatang; suka berbuat aniaya; kejam: raja itu sangat -- thd rakyatnya; (2) menyebabkan penderitaan (kesengsaraan) yg berat: hukuman yg --; tindakan yg --; (3) tajam dan pedas (tt perkataan): kata-katanya yg -- akan menimbulkan dendam [Mk a] marah; gusar
Buddhisme Bud.dhis.me [n] ajaran yg dikembangkan oleh Sidharta Gautama yg antara lain mengajarkan bahwa kesengsaraan adalah bagian kehidupan yg tidak terpisahkan dan orang dapat membebaskan diri dr kesengsaraan dng menyucikan mental dan moral diri pribadi
derita de.ri.ta [n] sesuatu yg menyusahkan yg ditanggung dl hati (spt kesengsaraan, penyakit): ia telah merasakan berbagai --
getir ge.tir [a] (1) rasa pahit agak pedas (spt rasa kulit jeruk); (2) ki susah dan sengsara (tt kehidupan): ia sudah merasai pahit -- kehidupan, sudah banyak pengalaman (senang dan susah) dl kehidupan [Lihat {getil}]
hidup segan mati tak hendak [pb] hidup yg merana (krn sakit terus-menerus, melarat, sengsara, dsb)
Hinayana Hi.na.ya.na [n] aliran dl agama Buddha berupa ajaran untuk melepaskan diri dr beban sengsara dng tenaga sendiri
jatuh ja.tuh [v] (1) (terlepas dan) turun atau meluncur ke bawah dng cepat karena gravitasi bumi (baik ketika masih dl gerakan turun maupun sesudah sampai ke tanah dsb): tabung kaca itu -- dan hancur; (2) turun banyak (harga, nilai, dsb); merosot: harga mobil di pasar bebas --; (3) sampai ke ...; tiba di ...; kena pd ...; tembus ke ...; ditujukan ke: jalan kecil ini -- ke Kampung Ambon; teranglah sindiran itu kpd saya -- nya; (4) bertepatan dng; berbetulan dng; tepat pd: perayaan triwindu -- pd hari Selasa, tanggal 15 bulan Maret; (5) berhenti memegang kekuasaan (tt pemerintah, kabinet, dsb): (6) bangkrut (tt toko, kongsi, dsb); (7) kalah atau dirampas musuh (kota, benteng, dsb); (8) tidak lulus (dl ujian); gagal (dl usaha); sangat menderita (rugi, sengsara, dsb); (9) tidak tahan lagi (oleh godaan, penderitaan, cobaan, dsb); (10) menjadi (sakit, miskin, cinta, dsb): -- miskin
jentaka jen.ta.ka [a Sas] celaka; sengsara; sial
kancah kan.cah [n] (1) kuali besar; kawah; (2) ki keadaan atau situasi susah (sengsara, perang, sukar); (3) ki wadah; ajang; medan; tempat [n] se.kan.cah n sepemeluk; sependekap
keblangsak keb.lang.sak [Jw v] mendapat kesukaran; sengsara
kemelaratan ke.me.la.rat.an [n] perihal (yg bersifat, berciri) melarat [n] hal melarat; kemiskinan; kesengsaraan
kepapaan ke.pa.pa.an [n] kemiskinan; kesengsaraan
keroyalan ke.ro.yal.an [n] perihal royal; keborosan: akibat ~ nya, kini mereka hidup sengsara
kesrakat kes.ra.kat [Jw a] melarat dan sengsara: potensi desanya minus dan kehidupan ekonomi rakyatnya sangat --
ketulahan ke.tu.lah.an [v] menderita celaka (sakit, sengsara) krn tertimpa tulah
konkuisnador kon.ku.is.na.dor [Prt n] perampas negeri: sbg -- , negara itu hanyalah membawa kesengsaraan dan kebodohan bagi rakyat setempat
lulus tidak berselam [pb] orang yg menderita sengsara, tetapi tidak ada yg mau menolong
mala ma.la [n] bencana; celaka; sengsara [Mk n] air rembesan dr bangkai yg telah membusuk; danur [a] layu; merana [kl a] kotor; cemar; noda; penyakit [n] tanda larangan yg mempunyai kekuatan magis (di Timor)
malapetaka ma.la.pe.ta.ka [n] kecelakaan; kesengsaraan; musibah: siapa pun tidak mengharapkan -- datang menimpanya
melarat me.la.rat [v] berlarat-larat; menjalar ke mana-mana (tt api); (2) ki a miskin [a] miskin; sengsara: harapan dapat hidup lebih baik di kota, tetapi yg terjadi justru sebaliknya, mereka menjadi --; (2) n rugi: harus dipikirkan -- dan manfaatnya [Lihat {larat}]
melarat panjang [pb] selalu dl kesengsaraan
membencanakan mem.ben.ca.na.kan [v] (1) menimbulkan (mendatangkan) bencana (kerusakan, kesengsaraan, dsb): kemunafikan dan pengkhianatan dapat -- bangsa dan negara; (2) membencanai
mencelakakan men.ce.la.ka.kan [v] (1) mendatangkan (menimbulkan) celaka; menyebabkan mendapat celaka: perpecahan dan percekcokan itulah yg telah ~ kita; (2) menjerumuskan ke dl kesengsaraan hidup: mana ada orang tua hendak ~ anaknya
menenggelamkan me.neng.ge.lam.kan [v] (1) menjadikan (menyebabkan) tenggelam; membenamkan (ke dl air); memasukkan (ke dl air): ibu itu ~ cuciannya ke dl air; (2) mengaramkan: dp jatuh ke tangan musuh, kapten kapal itu memerintahkan anak buahnya untuk ~ kapalnya; (3) menyembunyikan (muka dsb): anak itu ~ mukanya ke dl pelukan ibunya; (4) ki menjatuhkan diri ke dl kesengsaraan: krn kehilangan pedoman hidup, gadis itu pun terpaksa ~ dirinya dl dosa dan keaiban; (5) ki berkurung: ia ~ diri di dl kamar sejak kekasihnya tewas dl kecelakaan itu
menyakiti me.nya.kiti [v] (1) menyebabkan sakit (sedih, sengsara, dsb); mempersakiti: janganlah suka -- orang lain; (2) berasa sakit ketika hendak melahirkan; sakit beranak
menyengsarakan me.nyeng.sa.ra.kan [v] menyebabkan sengsara; membuat (mendatangkan) kesulitan dsb; menganiaya; menyusahkan
meregang hidupnya me.re.gang hidupnya sengsara hidupnya
musakat mu.sa.kat [Ar a] sengsara; dl kesulitan; celaka
neraka ne.ra.ka [n] (1) alam akhirat tempat orang kafir dan orang durhaka mengalami siksaan dan kesengsaraan; (2) sial; celaka: -- , nyah dr sini; (3) cak keadaan atau tempat yg menyengsarakan (kemiskinan, penyakit parah): negara yg selalu bergolak merupakan -- bagi penduduknya
papa pa.pa [a] (1) miskin; sengsara; (2) Hin terbelenggu oleh indria dan tidak lagi ingat akan hakikatnya sbg manusia; berdosa: orang -- adalah manusia yg terbelenggu oleh indrianya dan tidak lagi ingat pd hakikatnya [n cak] (1) ayah; bapak; (2) sapaan (panggilan) kpd orang tua laki-laki
papakerma pa.pa.ker.ma [kl a] (1) jahat; (2) malang atau sengsara hidupnya
penanggungan pe.nang.gung.an [n] (1) penderitaan; kesusahan; kesengsaraan; (2) proses, cara, perbuatan menanggung
rasai ra.sai [Mk v] , me.ra.sai v (banyak) menderita (kesusahan); mengalami (kesedihan): ~ kesengsaraan hidup; menanggung susah
ratu adil tokoh yg diharapkan (diidealkan) menjadi pembebas dr kesengsaraan
remuk rengsa (merasa) sangat celaka; sangat sengsara
rengsa reng.sa [a] lemah badan (hilang tenaga); berasa lemas, malas, lesu (tidak bernafsu dsb): pagi ini ia terlalu -- untuk bekerja [a] sengsara; celaka: -- sengsara
samsara sam.sa.ra [Lihat {sengsara}]
sansai san.sai [Mk a] (1) banyak derita; sengsara; (2) sedih sekali
siksa sik.sa [n] (1) penderitaan (kesengsaraan dsb) sbg hukuman; (2) hukuman dng cara disengsarakan (disakiti): hukuman --
siksaan sik.sa.an [n] (1) hasil menyiksa; (2) penderitaan (kesengsaraan) sbg hukuman: -- batin; -- dunia; (3) perlakuan yg sewenang-wenang (spt menyakiti, menganiaya, dsb): dl sel itu dia menjalani -- yg berat
tenggelam teng.ge.lam [v] (1) masuk terbenam ke dl air; (2) karam (tt perahu, kapal): perahu nelayan itu -- setelah diserang topan; (3) terbenam (tt matahari): matahari -- di ufuk barat; (4) ki jatuh ke dl kesengsaraan (kesusahan dsb): hidupnya kini tidak menentu lagi setelah ia -- dl utang-utangnya yg bertumpuk; (5) ki hilang; lenyap: banyak perusahaan kecil yg -- akibat krisis ekonomi; (6) ki asyik: dia sedang -- dl lamunannya, tidak mendengar panggilan temannya; hidupmu jangan kaubawa -- dl penyesalan terus-menerus
terbenam ter.be.nam [v] (1) masuk dalam-dalam sehingga tidak kelihatan: pakunya -- sehingga sukar dicabut; (2) masuk (krn terperosok dsb) turun ke dl air serta tidak muncul-muncul lagi; tenggelam: dia mati -- krn tidak pandai berenang; (3) tenggelam (tt matahari): matahari -- pukul enam sore; (4) ki tersembunyi: kampung itu -- di sela-sela bukit; (5) masuk ke dalam (keadaan yg buruk, kesengsaraan, dsb); terpendam: -- dl utang; -- dl kesedihan; (6) ki tidak diurus; beku (tt perkara): perkara yg telah lama --
tergugah ter.gu.gah [v] terbangkitkan; terbangunkan: melihat kesengsaraan rakyat di daerah itu, banyak dermawan yg ~ hatinya untuk menolong
terjerumus ter.je.ru.mus [v] (1) jatuh tersungkur (dng muka kena tanah); (2) terperosok; (3) ki terjebak; jatuh ke dl kesengsaraan: pandai-pandailah dl bergaul, jangan sampai ~ ke lembah kehinaan
terkancah ter.kan.cah [v] (1) terpeluk; (2) terlibat (dl kesengsaraan dsb)
terperikan ter.pe.ri.kan [v] (1) terkatakan; terucapkan: sedih hatinya tidak ~; sengsaraku tiada ~; (2) dapat diperikan: masih ada bagian yg tidak ~ dl analisis morfologinya
tertindas ter.tin.das [v] disengsarakan; teraniaya: orang-orang yg ~
tragedi tra.ge.di [n] (1) sandiwara sedih (pelaku utamanya menderita kesengsaraan lahir dan batin yg luar biasa atau sampai meninggal); (2) ki peristiwa yg menyedihkan: kematian sang istri merupakan -- baginya
tulah papa kutuk mendatangkan kesengsaraan
umpama air digenggam tiada tiris [pb] hal orang yg sangat kikir, tidak sedikit pun terbuka tangannya untuk menolong orang yg sengsara

Jika informasi mengenai "sengsara" ini bermanfaat, sila bagikan ke teman atau simpan di akun media sosial memakai menu berikut.

Pertanyaan, Kritik dan Saran

Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik, atau laporan kesalahan penulisan, dll. Baik mengenai halaman ini, atau mengenai kamus ini, silakan memakai formulir di bawah.

Tentang KBBI Edisi III

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring

Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan atau KBBI daring merupakan versi online dari KBBI edisi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2008.

Kamus ini memuat 78.000 lema. Isi (kata dan arti) dalam kamus ini merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa).

Kamus Lainnya

Berikut adalah daftar kamus lain yang ada di Rebanas