Arti kata/frase "opera" menurut KBBI Edisi III

Pranala (link): http://artikankata.com/kbbi-edisi-iii/opera

Halaman ini menjelaskan kata atau frase opera menurut KBBI Edisi III

opera: ope.ra [n Sen] bentuk drama panggung yg seluruhnya atau sebagian dinyanyikan dng iringan orkes atau musik instrumental

Lebih lanjut mengenai opera

opera terdiri dari 1 suku kata. Kata tersebut mempunyai 164 kata terkait yakni sebagai berikut:

opera ope.ra [n Sen] bentuk drama panggung yg seluruhnya atau sebagian dinyanyikan dng iringan orkes atau musik instrumental
operasional ope.ra.si.o.nal [a] secara (bersifat) operasi; berhubungan dng operasi
operasional normal [Man] operasi yg didasarkan pd aturan; operasi yg sesuai dan tidak menyimpang dr suatu norma atau kaidah
operasionalisasi ope.ra.si.o.na.li.sa.si [n] pengoperasian
operatif ope.ra.tif [a] secara operasi: pertolongan -- yg cepat dapat menolong jiwa si sakit
opera sabun serial drama radio atau televisi yg alurnya berbelit-belit, sarat dng lakon yg sentimental, mendebarkan, dan mengharukan
operan oper.an [n] sesuatu yg dioperkan; kiriman: ia menerima -- bola dr kawannya yg berada di sayap kiri
operasi ope.ra.si [n] (1) Dok bedah; bedel (untuk mengobati penyakit): penyakit ginjal yg belum parah dapat disembuhkan tanpa --; (2) Mil tindakan atau gerakan militer: perwira muda itulah yg memimpin -- penumpasan pemberontakan itu; (3) pelaksanaan rencana yg telah dikembangkan
operasi bakti kegiatan sosial yg merupakan darma bakti kpd masyarakat, bangsa, dan tanah air
operator ope.ra.tor [n] orang yg bertugas menjaga, melayani, dan menjalankan suatu peralatan, mesin, telepon, radio, dsb
berkoperasi ber.ko.pe.ra.si [v] berusaha (bekerja) dng jalan koperasi (bekerja sama)
kooperativisme ko.o.pe.ra.ti.vis.me [n] paham bekerja sama; paham kooperatif: -- merupakan alternatif thd kapitalisme yg merajalela
koperasi konsumsi koperasi yg menyediakan keperluan sehari-hari bagi anggotanya
koperasi produksi koperasi yg membuat barang dan dijual bersama-sama
koperasi simpan pinjam koperasi yg khusus bertujuan melayani atau mewajibkan anggotanya untuk menabung, di samping dapat memberikan pinjaman kpd anggotanya
koperatif ko.pe.ra.tif ? kooperatif
koperativisme ko.pe.ra.ti.vis.me ? kooperativisme
modus operandi modus operasi
pengoperasian peng.o.pe.ra.si.an [n] proses, cara, perbuatan mengoperasikan; pengaryaan: -- kembali bus-bus Damri
perkoperasian per.ko.pe.ra.si.an [n] perihal berserikat dl organisasi koperasi
petunjuk operasional pe.tun.juk operasional petunjuk dl melaksanakan rencana yg telah dikembangkan di lapangan
berkooperasi ber.ko.o.pe.ra.si [v] bekerja sama; menjalin kerja sama
beroperasi ber.o.pe.ra.si [v] (1) melakukan gerakan militer: satu batalion tentara -- di daerah perbatasan; (2) melakukan aktivitas kerja: banyak tukang copet -- di kereta api
biaya operasi [Man] semua pengeluaran yg langsung digunakan untuk produksi atau pembelian barang yg diperdagangkan, termasuk biaya umum, biaya penjualan, biaya administrasi, dan bunga pinjaman
daerah operasi daerah tempat melakukan suatu kegiatan
disoperasi dis.o.pe.ra.si [n Bio] aksi bersama antara makhluk satu spesies atau berlainan spesies yg sifatnya merusak atau merugikan salah satu pihak yg bekerja sama
hipotesis operasional rumusan mengenai langkah-langkah yg perlu diambil dl menanggapi permasalahan tertentu
karyawan operasional orang yg secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sesuai dng perintah atasan -- tetap pegawai yg bekerja di suatu badan (perusahaan dsb) secara tetap berdasarkan surat keputusan
kooperasi ko.o.pe.ra.si [n] kerja sama
kooperatif ko.o.pe.ra.tif [a] (1) bersifat kerja sama: rakyat dilarang bersikap -- dng kaum penjajah; (2) bersedia membantu: pengusutan tt korupsi berjalan lancar krn terdakwa sangat --
kooperator ko.o.pe.ra.tor [n] orang yg bekerja sama (dng pemerintah dsb)
koperasi ko.pe.ra.si [n] perserikatan yg bertujuan memenuhi keperluan para anggotanya dng cara menjual barang keperluan sehari-hari dng harga murah (tidak bermaksud mencari untung)
mengoperasi meng.o.pe.ra.si [v Dok] membedah; membedel (untuk mengobati): dokter itu sedang -- seorang pasien korban kecelakaan lalu lintas
mengoperasikan meng.o.pe.ra.si.kan [v] (1) membedahkan; membedelkan (untuk menyembuhkan); (2) mengaryakan: pengusaha itu -- lima buah bus milik pribadinya
modus operasi cara atau teknik yg berciri khusus dr seorang penjahat dl melakukan perbuatan jahatnya
nonkooperasi non.ko.o.pe.ra.si [n] hal tidak bekerja sama; hal menolak untuk bekerja sama
nonkooperatif non.ko.o.pe.ra.tif [a] bersifat (bersikap) tidak bekerja sama: pd masa penjajahan Belanda organisasi yg bersikap -- thd pemerintah penjajahan pasti akan ditekan dan dipersulit
pascaoperasi pas.ca.o.pe.ra.si [a] pascabedah
pengoperan peng.o.per.an [n] proses, cara, perbuatan mengoperkan: -- bola itu kurang cermat sehingga jatuh di kaki lawan
ahli bedah dokter ahli dl hal membedah (operasi)
akar [n] (1) bagian tumbuhan yg biasanya tertanam di dl tanah sbg penguat dan pengisap air serta zat makanan: ~ pohon ini dapat dibuat obat; (2) ki asal mula; pokok; pangkal; yg menjadi sebab(-sebabnya): yg perlu dibasmi adalah -- segala kejahatan; (3) Ling unsur yg menjadi dasar pembentukan kata (spt graf pd grafik, biografi, apektrograf); (4) Mat suatu operasi aljabar, yg biasanya dinyatakan dng simbol ?, msl (akar a sama dng b), berarti; b2 = a, jadi (akar pangkat n dr a sama dng c), berarti cn = a, jadi
aneroid ane.ro.id /anEroid/ (1) a berisi bukan cairan atau dioperasikan tanpa menggunakan cairan (tt barometer); (2) n Fis barometer yg mengukur tekanan udara dng perpindahan tutup yg luwes dr kotak logam yang hampir hampa; (3) n Fis tidak mengandung atau tidak menggunakan cairan
anggaran induk ang.gar.an induk [Man] perpaduan anggaran yg meliputi berbagai bidang, msl bidang penjualan, bidang produksi, bidang operasi, dan bidang nonoperasi
apendektomi apen.dek.to.mi [n Dok] operasi usus buntu
aria [n Mus] nyanyian tunggal (kadang-kadang juga permainan musik) yg sendu dan dibawakan dng penuh perasaan, diiringi alat musik spt opera dan oratoria
badan ba.dan [n] (1) tubuh (jasad manusia keseluruhan); jasmani; raga; awak: akibat kecelakaan itu -- nya cacat; (2) batang tubuh manusia, tidak termasuk anggota dan kepala; (3) bagian utama dr suatu benda; awak: -- perahu (kapal); -- pesawat; (4) diri (sendiri): tuan -- lah yang harus datang menghadap; (5) sekumpulan orang yg merupakan kesatuan untuk mengerjakan sesuatu: di samping -- pengurus, koperasi itu mempunyai -- penasihat
bagan arus data [Man] gambar urutan operasi yg dijalankan dl mengolah data dan menunjukkan data yg diolah setiap tahap, biasanya menggambarkan seluruh sistem olah data
bagi ba.gi [p] (1) kata depan untuk menyatakan tujuan; untuk: disediakan hadiah -- pemenang pertama, kedua, dan ketiga; (2) kata depan untuk menyatakan perihal; akan (hal); tentang (hal); menurut (pendapat): -- saya, hal itu tidak perlu diperdebatkan lagi [n] (1) pecahan dr sesuatu yg utuh; penggal; pecah; (2) Mat suatu operasi aljabar yg biasa dinyatakan dng simbol titik dua (:) atau garis bagi (-) atau garis miring (/) (a:b atau -- atau a/b) msl a:b = c (a dibagi b sama dng c), berarti a = c x b
banditisme ban.dit.is.me [n] cara-cara dan perbuatan spt bandit: operasi thd -- di ibu kota ditingkatkan
basis ba.sis [n] (1) asas; dasar; (2) Mat (dl geometri) sisi yg berupa garis lurus yg terletak paling bawah (tt segitiga atau bentuk lain dl bidang; sisi yg berupa bidang datar yg terletak paling bawah (tt alas kerucut atau bangun lainnya); (3) Mat (aljabar) himpunan vektor bebas linear yg merentang pd suatu ruang vektor; (4) pangkalan (angkatan laut, angkatan darat, dsb) untuk melakukan operasi: pasukan itu menggempur -- angkatan laut musuh; (5) bilangan atau besaran yg dipakai sbg rujukan
bedah be.dah [n] pengobatan penyakit dng jalan memotong (mengiris dsb) bagian tubuh yg sakit; operasi [Jw a] sobek besar (tt kain dsb); rusak (tt tambak, bendungan, dsb); bobol; robek
bedel be.del [v] , mem.be.del v membedah; mengoperasi
berasas ber.a.sas [v] berdasarkan asas; menggunakan asas (dasar berpikir): perusahaan itu ~ koperasi
berkop ber.kop [v] memakai kop: dl operasinya, pelaku yg berpredikat ahli bedah itu menggunakan dokumen palsu ~ Badan Transplantasi Eropa
bersinergi ber.si.ner.gi [v] melakukan kegiatan atau operasi gabungan: sudah sampai waktunya bangsa Indonesia mulai bekerja dan -- secara positif yg menguntungkan seluruh bangsa
biaya nyata [Man] biaya yg sesungguhnya dikeluarkan untuk suatu operasi
biaya standar [Man] taksiran ongkos secermat-cermatnya berdasarkan operasi normal, sbg pembanding ongkos nyata
bijak moneter semua tindakan pemerintah, bank-bank sentral, dan otoritas publik yg lain yg mempengaruhi kuantitas kredit bank; (2) keputusan bank sentral mengenai penawaran uang agar ekonomi dapat tumbuh lebih cepat, antara lain, dng memberikan kredit lebih banyak pd sistem perbankan melalui operasi pasar terbuka atas dng menurunkan persyaratan cadangan dr sistem perbankan
bius bi.us [n] (1) obat untuk membuat orang kehilangan rasa kesadarannya (spt pd waktu akan dioperasi supaya tidak merasa sakit); (2) ki politik (kebudayaan, ajaran, dsb) yg membuat orang lain tidak insaf akan keadaan dirinya atau keadaan yg sebenarnya [n] masyarakat wilayah yg besar di daerah Samosir, Sumatra Utara
botol infus botol berisi cairan makanan, obat, dsb yg dialirkan ke tubuh pasien melalui selang dan jarum: sejak dioperasi dia tidak boleh berpisah dng -- infus
bujet bu.jet [n] (1) anggaran pemasukan dan pengeluaran uang; anggaran belanja; (2) Ek rencana anggaran terperinci sbg pedoman untuk menjalankan operasi pd masa yg akan datang dan juga digunakan sbg dasar untuk melakukan penilaian atas pelaksanaan
dada da.da [n] (1) bagian tubuh sebelah depan di antara perut dan leher: ia memukul -- nya; (2) rongga tubuh tempat letak jantung dan paru-paru: ia akan menjalani operasi -- krn jantungnya sakit
dewan pengawas dewan yg bertugas mengawasi kerja pengurus suatu organisasi (perkumpulan, koperasi, perseroan, dsb)
efisiensi skala produksi efisiensi yg disebabkan oleh operasi usaha di atas tingkat aktivitas minimum
episiotomi epi.si.o.to.mi [n Dok] operasi memperbesar kerampang dan vagina untuk melancarkan persalinan
formatur for.ma.tur [n] orang(-orang) yg ditugasi membentuk suatu badan (kabinet, pengurus, organisasi, dsb): ia ditunjuk sbg anggota -- untuk menyusun pengurus koperasi yg baru
gembol gem.bol [v] meng.gem.bol v membawa barang di dl saku (baju, kain, dsb): penduduk di daerah itu biasa ~ beras dng sarung [n] bonggol (pd pipi); kutil (pd tumbuhan dsb): -- di pipinya dioperasi
gorengan go.reng.an [n] (1) barang apa yg digoreng; (2) gulai daging atau jeroan yg diberi rempah-rempah, kecap, dan santan; (3) Olr permainan (membawa, menggiring) bola (dl sepak bola): operan- operan panjang diganti dng ~
hal [n] (1) keadaan; peristiwa; kejadian (sesuatu yg terjadi): -- spt itu tidak boleh terjadi lagi; (2) perkara, urusan, soal; masalah: pemuda itu mengadukan -- nya kpd polisi; ia ahli dl -- koperasi; lima -- yg menjadi pokok pertikaian; (3) sebab: apa pula -- nya maka jadi begitu; (4) tentang; mengenai: ceramah -- keluarga berencana [n cak] besi tipis berlapis seng
histerektomi his.te.rek.to.mi [n Dok] operasi pengangkatan rahim
ilmu bedah pengetahuan tt membedah (mengoperasi) bagian tubuh
ilmu penerbangan pengetahuan mengenai keadaan dan cara mengoperasikan pesawat terbang
inkarserasi in.kar.se.ra.si [n Dok] (1) pengurungan: apabila ditemukan komplikasi, spt isi perut terjepit dl -- , operasi pun harus segera dilakukan; (2) penahanan
jam D waktu tanda dimulainya suatu gerakan, operasi, serangan, dsb yg ditetapkan oleh komandan dan diketahui oleh komandan bawahannya
jam kerja waktu yg dijadwalkan untuk perangkat peralatan yg dioperasikan (spt pengisian bahan bakar, perjalanan); (2) waktu yg dijadwalkan bagi pegawai dsb untuk bekerja
jam menunggu waktu suatu perangkat peralatan atau alat menunggu untuk dioperasikan sebagaimana fungsinya dl suatu kondisi operasi
jangkar keruk jangkar tongkat yg mempunyai satu lengan dan kuku, digunakan pd kapal keruk untuk keperluan operasi
kapal induk kapal perang besar (khusus di laut atau samudra) tempat mengoperasikan pesawat terbang
kesamaptaan ke.sa.map.ta.an [n] perihal samapta; kesiapsiagaan: baru-baru ini telah diadakan suatu pelatihan -- dan operasi kepolisian dl rangka pengamanan Pemilu
ketataniagaan ke.ta.ta.ni.a.ga.an [n] ihwal tata niaga: kunjungan menteri dimaksudkan untuk menjajaki kemungkinan mengembangkan peranan koperasi kopra dl tata laksana dan ~ perkopraan
ketersediaan ke.ter.se.di.a.an [n] (1) kesiapan suatu sarana (tenaga, barang, modal, anggaran) untuk dapat digunakan atau dioperasikan dl waktu yg telah ditentukan; (2) keadaan tersedia; hal tersedia
kolkhoz kol.khoz [n] (1) tanah pertanian (di Rusia) yg merupakan milik kolektif rakyat yg diawasi pemerintah; (2) koperasi produksi yg dimiliki secara bersama-sama (di Rusia)
konstanta kon.stan.ta [n Mat] lambang untuk menyatakan objek yg sama dl keseluruhan operasi matematika
kraniotomi kra.ni.o.to.mi [n Dok] operasi tulang tengkorak
latihan taktis la.tih.an taktis [Mil] latihan pasukan pd semua taraf operasi tempur, termasuk berbaris, pengamanan, serangan, pertahanan, dan pengunduran
libreto li.bre.to [n] (1) naskah (teks) opera, operet, atau gubahan musik; (2) buku libreto
logistik lo.gis.tik [n] (1) pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan (untuk mengganti) perlengkapan, perbekalan, dan ketenagaan; (2) segi ilmu kemiliteran mengenai pengadaan, perawatan, dan transportasi peralatan, pembekalan, dan pasukan; (3) Mil segala persiapan dan tindakan yg diperlukan untuk memperlengkapi pasukan dng alat dan perbekalan agar dpt bertempur dl kondisi yg paling baik dan menguntungkan; (4) penanganan seluk-beluk operasi militer
manuver peta latihan taktis yg pesertanya disusun dl suatu tim staf yg menyelenggarakan operasi militer di atas peta di bawah pimpinan seorang pelatih
masektomi ma.sek.to.mi [n] operasi pemotongan atau penghilangan payudara
mastektomi mas.tek.to.mi [n Dok] pemotongan seluruhnya (msl seluruh payudara): apabila pd payudara itu didapati kanker, operasi segera dilakukan dan biasanya dilakukan --
matematika ma.te.ma.ti.ka [n] ilmu tt bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yg digunakan dl penyelesaian masalah mengenai bilangan
mati ma.ti [v] (1) sudah hilang nyawanya; tidak hidup lagi: anak yg tertabrak mobil itu -- seketika itu juga; pohon jeruk itu sudah -- , akarnya pun sudah busuk; (2) tidak bernyawa; tidak pernah hidup: batu ialah benda --; (3) tidak berair (tt mata air, sumur, dsb); (4) tidak berasa lagi (tt kulit dsb); (5) padam (tt lampu, api, dsb); (6) tidak terus; buntu (tt jalan, pikiran, dsb): krn pikirannya sudah -- , ia tidak dapat berbuat apa-apa; (7) tidak dapat berubah lagi; tetap (tt harga, simpul, dsb); (8) sudah tidak dipergunakan lagi (tt bahasa dsb); (9) ki tidak ada gerak atau kegiatan, spt bubar (tt perkumpulan dsb): kalau tidak diurus, koperasi itu akan --; (10) diam atau berhenti (tt angin dsb): perahu layar itu terombang-ambing di tengah laut krn angin --; (11) tidak ramai (tt pasar, perdagangan, dsb): setelah ada pasar swalayan, pasar ini --; (12) tidak bergerak (tt mesin, arloji, dsb): saya terlambat krn jam saya ternyata --
mayoritas ma.yo.ri.tas [n] jumlah orang terbanyak yg memperlihatkan ciri tertentu menurut suatu patokan dibandingkan dng jumlah yg lain yg tidak memperlihatkan ciri itu: usul itu disetujui oleh -- anggota koperasi
memandulkan me.man.dul.kan [v] menjadikan (menyebabkan) mandul: operasi spt itu akan -nya untuk sementara
membaik mem.ba.ik [v] (1) menjadi baik: sejak dilancarkannya operasi celurit keamanan kian --; (2) mulai pulih (tt kesehatan, keadaan luka, dsb); semakin baik: kesehatannya mulai -; luka di kakinya semakin --
membedah mem.be.dah [v] memotong (mengiris dsb) bagian tubuh yg sakit; mengoperasi
membekukan mem.be.ku.kan [v] (1) menjadikan beku (dl berbagai arti); (2) cak tidak mengoperasikan (senjata, kendaraan, dsb): negara-negara maju setuju untuk -- persenjataan nuklir mereka sampai dicapai persetujuan baru
membius mem.bi.us [v] (1) melakukan pembiusan; menjadikan tidak sadar (hilang kesadarannya): dokter anestesi itu -- pasiennya yg akan dioperasi; (2) ki membuat terlena: janji-janji yg manis itu telah -- hatiku sehingga aku terlena dan tenggelam dl pelukannya
membuang mem.bu.ang [v] (1) melepaskan (melemparkan) sesuatu yg tak berguna lagi dng sengaja dr tangan; melemparkan; mencampakkan: jangan -- sampah ke lantai, masukkan ke dl keranjang sampah; (2) menghilangkan; menghapuskan: -- daging yg tumbuh liar melalui operasi; (3) menyia-nyiakan (waktu, uang, dsb); memboroskan: pekerjaan spt itu hanya -- tenaga; (4) menghukum dng jalan mengasingkan ke tempat jauh atau terpencil: Pemerintah Belanda telah -- beliau ke Digul; (5) membelokkan (tt arah, haluan, dsb); memutar: ia -- setir mobilnya ke kiri
memelopori me.me.lo.pori [v] (1) berjalan mendahului: beberapa buah tank ~ perjalanan pasukan itu; (2) memimpin (memberi contoh atau teladan): ia bermasud hendak ~ rakyat ke jurusan koperasi; (3) merintis jalan: merekalah yg ~ perjuangan kemerdekaan
meminjamkan me.min.jam.kan [v] memberikan sesuatu (barang, uang, dsb) untuk dipinjam: dia ~ sepeda motor kpd saya; koperasi itu ~ uang kpd anggotanya
memodali me.mo.dali [v] memberi modal kpd: koperasi desa itu sering -- pengusaha kecil agar dapat mengembangkan usahanya
memperhitungkan mem.per.hi.tung.kan [v] (1) mengira-ngira dan menghitung-hitung berapa banyak (biaya pengeluaran dsb): pemborong itu harus ~ dulu biaya pembangunan gedung baru itu; (2) menghitung utang-piutang (pembayarannya dsb) dihubungkan dng urusan uang yg lain: pengurus koperasi ~ pengambilan barang pegawai dng gaji bulan depan; (3) mengingat akan; memasukkan dl pertimbangan: dl penentuan harga rumah sederhana itu panitia ~ daya beli masyarakat; (4) mempertimbangkan; merundingkan: kami sedang ~ bekal yg perlu dibawa dl perjalanan itu
memperlama mem.per.la.ma v membuat jadi lebih lama: menunda pencabutan Daerah Operasi Militer berarti ~ tindakan sewenang-wenang pelanggaran hukum dan HAM di Aceh
mencatu men.ca.tu [v] (1) menentukan (membatasi) banyaknya (tt pemakaian sesuatu); memberi jatah: pemerintah ~ pemakaian bensin 10 liter sehari untuk setiap mobil dinas; (2) memberi catu (jatah, ransum): mereka ~ pengungsi sebanyak 10 ton beras; (3) membagikan berdikit-dikit atau tertentu banyaknya: koperasi itu diserahi tugas ~ kertas kpd percetakan
mendirikan men.di.ri.kan [v] (1) memasang (meletakkan) berdiri; mene gakkan: ~ tiang listrik (telepon, bendera); (2) membuat atau membangun (rumah, pabrik, dsb): pemerintah ~ pasar darurat untuk menampung pedagang kaki lima; (3) mengadakan (perkumpulan, yayasan, koperasi, dsb): mereka berhasil ~ koperasi di kampungnya; (4) menjalankan; melaksanakan; mengerjakan (kewajiban dsb): sesudah ~ salat, ia membaca ayat-ayat suci Alquran
menetapkan me.ne.tap.kan [v] (1) menjadikan tetap; mempertahankan supaya tetap (lestari, tidak berubah, dsb): mereka hendak ~ apa yg sudah ada; (2) menentukan; memastikan: ~ lokasi proyek-proyek pembangunan tidaklah mudah; (3) mengambil keputusan; memutuskan: Pemerintah ~ untuk melebur semua perkumpulan kepanduan yg ada di Indonesia menjadi satu "Gerakan Pramuka"; hakim ~ tertuduh wajib membayar ganti rugi sebesar lima juta rupiah; (4) menunjuk (memilih, mengangkat) jadi ...: rapat anggota tidak ~ dia menjadi ketua koperasi; (5) meneguhkan; menguatkan: orang itu ~ janji yg sudah dikatakannya
mengaryakan me.ngar.ya.kan [v] (1) mempekerjakan seseorang; (2) mengoperasikan (kendaraan dsb) untuk kepentingan umum di luar keperluan instansi resmi: mereka ~ truk militer untuk mengangkut bahan bangunan
mengetengkan me.nge.teng.kan [v] menjual satu-satu atau sedikit-sedikit; menjual eceran: toko koperasi harus ~ barang-barang yg langka kpd anggotanya secara merata
menginduk meng.in.duk [v] berinduk kpd; menjadikan sbg induk: Koperasi Pusat Bahasa ~ pd Pusat Koperasi Pegawai Negeri
mengintaikan meng.in.tai.kan [v] memata-matai: polisi sedang ~ agen sindikat narkotik yg beroperasi di kota ini
mengubah meng.u.bah [v] (1) menjadikan lain dr semula: timbul niatnya untuk ~ kebiasaan yg buruk itu; (2) menukar bentuk (warna, rupa, dsb): operasi telah ~ hidungnya yg pesek menjadi agak mancung;; (3) mengatur kembali: ~ susunan kalimat
menidakkan me.ni.dak.kan [v] meniadakan; menidakadakan; menganggap tidak ada: ketua koperasi itu menetapkan ketentuan sendiri dng ~ usul para anggota
menjual men.ju.al [v] (1) memberikan sesuatu kpd orang lain untuk memperoleh uang pembayaran atau menerima uang: ia ~ cincinnya seharga Rp350.000,00; (2) ki menggunakan cara-cara jahat untuk kepentingan pribadi: dng cara ~ koperasi kantornya, ia berhasil meminjam uang dr bank untuk membangun rumah; (3) ki mengkhianati: ~ bangsa
menyambungkan me.nyam.bung.kan [v] menghubungkan dng: operator -- saluran telepon dng nomor yg diminta pelanggannya
menyelangkan me.nye.lang.kan [v] menyelang-nyelangkan [v] meminjamkan: koperasi itu -- uang kpd para anggotanya
menyentralisasi me.nyen.tra.li.sa.si [v] menyerahkan kekuasaan kpd pihak pusat; menyentralkan; memusatkan: Pemerintah berusaha -- penjualan ikan melalui sebuah koperasi nelayan
menyuburkan me.nyu.bur.kan [v] menjadikan subur (dl berbagai arti, spt memupuk, mengemukakan): -- tanah; -- tanaman; -- gerakan koperasi; -- rasa persatuan
mikromanipulasi mik.ro.ma.ni.pu.la.si [n Bio] teknik melakukan operasi kecil pd badan mikroskopis dan struktur mikroskopis spt sol, struktur subsel, kristal, dan serabut
miring mi.ring [a] (1) berkenaan dng sisi yg satu lebih tinggi dr sisi yg lain (tt garis atau permukaan) rendah sebelah; tidak datar; landai: cerobong ini -- sedikit; (2) tidak tegak lurus; condong: cerobong kapal itu -- ke belakang; (3) senget: kapal yg bocor itu -- ke kanan; (4) ki agak gila; kurang waras; sinting: orang itu sudah -- (otaknya); (5) ki agak murah: harga barang-barang di koperasi lebih -- dp di toko
modul mo.dul [n] (1) standar atau satuan pengukur; (2) satuan standar yg bersama-sama dng yg lain digunakan secara bersama; (3) satuan bebas yg merupakan bagian dr struktur keseluruhan; (4) komponen dr suatu sistem yg berdiri sendiri, tetapi menunjang program dr sistem itu; (5) unit kecil dr satu pelajaran yg dapat beroperasi sendiri; (6) Dik kegiatan program belajar-mengajar yg dapat dipelajari oleh murid dng bantuan yg minimal dr guru pembimbing, meliputi perencanaan tujuan yg akan dicapai secara jelas, penyediaan materi pelajaran, alat yg dibutuhkan, serta alat untuk penilai, mengukur keberhasilan murid dl penyelesaian pelajaran
monitor mo.ni.tor [n] orang yg memantau; (2) n alat untuk memantau (spt alat penerima yg digunakan untuk melihat gambar yg diambil oleh kamera televisi, alat untuk mengamati kondisi atau fungsi biologis, alat yg memantau kerja suatu sistem, terutama sistem komputer, dsb); (3) n alat semprot air dng tekanan 4-7 atmosfer yg digunakan pd tambang timah aluvial untuk menambang biji timah; (4) n alat yg dirancang untuk mengobservasi, mengawasi, mengontrol, atau memverifikasi operasi suatu sistem; (5) n pengawasan dan tindakan memverifikasi kebenaran operasi suatu program selama pelaksanaannya berdasarkan rutin diagnostik yg digunakan dr waktu ke waktu untuk menjawab pertanyaan tt program tsb; (6) v pantau; cek secara cermat
multiprosesor mul.ti.pro.se.sor [n Komp] sistem pengolah data yg pd saat yg sama dapat mengolah lebih dr satu operasi
nefrektomi nef.rek.to.mi [n Dok] operasi untuk menghilangkan satu atau dua ginjal
obeng ketok obeng berulir yg pengoperasiannya dng cara dipukul terlebih dahulu -- pipih obeng yg ujungnya berbentuk pipih
operet ope.ret [n] opera ringan (nyanyian dan dialog disuguhkan secara bergantian) dng unsur roman dan satir
panil pa.nil [n] (1) penyekat ruang terbuat dr papan tipis, berhias indah, dan dapat dipindah-pindahkan; (2) salah satu bagian dr papan wesel atau papan hubung; weselbor; (3) kotak, meja kontrol, atau sandaran pemisah yg dilengkapi dng alat pengontrol (pd perangkat keras komputer atau bagian dr perlengkapan listrik); (4) tombol kecil (pd kamera) tempat pijatan alat kontak pd waktu memotret: pengoperasian kamera ini pun mudah, tinggal tekan-tekan -- , lalu "jepret", cukup dng satu tangan
pascabedah pas.ca.be.dah [a] berhubungan dng sesudah menjalani operasi: saat -- pasien ditempatkan di ruangan khusus
pemandulan pe.man.dul.an [n] (1) proses, cara perbuatan memandulkan; (2) kegiatan operasi yg dijalani oleh pasangan tertentu agar tidak hamil lagi
pengebor pe.nge.bor [n] (1) orang yg mengebor; orang yg bertanggung jawab thd operasi alat bor; orang yg menangani alat-alat pengatur bor; (2) alat untuk mengebor
pengkajian peng.ka.ji.an [n] proses, cara, perbuatan mengkaji; penyelidikan (pelajaran yg mendalam); penelaahan: mengadakan eksplorasi dan ~ dl bentuk proyek utama untuk membangun koperasi
penjagaan tempur pen.ja.ga.an tempur penjagaan yg bersistem dan terus-menerus di daerah pertempuran untuk mendapatkan yg tepat pd waktunya guna melakukan operasi
penswastaan pen.swas.ta.an [n] (1) proses, cara, perbuatan menswastakan; (2) upaya mengikutsertakan pihak swasta (nonpemerintah) dl pengoperasian badan usaha milik negara: adanya resesi ekonomi ini mendorong pemerintah untuk mengambil kebijaksanaan --
penumpu bor pe.num.pu bor alat untuk menumpu bor sentak yg mempermudah operasi pengeboran
penyedot pe.nye.dot [n] (1) orang yg menyedot: dia dituduh sbg -- dana koperasi di kantornya; (2) alat yg dipakai untuk menyedot
perlu per.lu [adv] harus; usah: barang-barang ini -- didaftar; saya kira Anda tidak -- menyediakan makanan; (2) a penting (ada gunanya, harus ada, dsb): mana-mana yg -- kita bicarakan nanti; ini ~ harus kaubawa; (3) v butuh (akan); membutuhkan; berhajat (akan): kalau -- uang, kita dapat meminjam ke koperasi; negara-negara berkembang masih -- bantuan dana dan tenaga ahli; (4) p untuk: ia pergi ke Surabaya -- mengurus dagangan
peternakan pe.ter.nak.an [n] (usaha) pemeliharaan dan pembiakan ternak: koperasi kita merencanakan akan mendirikan ~ ayam
prasejahtera pra.se.jah.te.ra [a] dl keadaan belum mencapai kesejahteraan: para keluarga -- boleh meminjam uang dr koperasi simpan pinjam untuk keperluan usaha
primadona pri.ma.do.na [n] (1) penyanyi wanita yg pertama atau utama dl pertunjukan opera; (2) pelaku wanita terpenting (dl pertunjukan sandiwara); sripanggung; (3) ki gadis (wanita) yg paling cantik, disukai, dikagumi, dsb di lingkungannya; (4) ki yg paling utama, penting, dsb (tt barang dagangan): dahulu karet merupakan -- daerah ini
prognosis prog.no.sis [n] ramalan tt peristiwa yg akan terjadi, khususnya yg berhubungan dng penyakit atau penyembuhan setelah operasi
rekayasa re.ka.ya.sa [n] (1) penerapan kaidah-kaidah ilmu dl pelaksanaan (spt perancangan, pembuatan konstruksi, serta pengoperasian kerangka, peralatan, dan sistem yg ekonomis dan efisien); (2) ki rencana jahat atau persekongkolan untuk merugikan dsb pihak lain: ia menjadi terdakwa krn -- yg dilakukan tetangganya
repertoar re.per.to.ar [n] (1) persediaan nyanyian, lakon, opera yg dimiliki seseorang atau suatu kelompok seni yg siap untuk dimainkan; (2) daftar lagu, judul sandiwara, opera, dsb yg akan disajikan oleh pemain musik, sanggar penyanyi, dsb; (3) Ling perbendaharaan bahasa (dialek, ragam) yg dimiliki oleh seseorang atau masyarakat
ruai ru.ai [ark a] kurang kukuh atau kurang kuat (tt tiang dsb); kendur (tt tali); kurang tenaga; lemah (tt badan): tiang yg sudah -- itu harus secepat mungkin diganti; sebelum dioperasi, tubuhnya sangat -- [n] -- gajah nama tumbuhan, Conocaryum longiracemosum
rutin ru.tin [n] (1) prosedur yg teratur dan tidak berubah-ubah; (2) hal membiasanya prosedur, kegiatan, pekerjaan, dsb: rapat koperasi itu bersifat -- dan tradisional; (3) Komp (1) serangkaian instruksi yg dirancang untuk beberapa tujuan tertentu dan memiliki penggunaan umum; (4) Komp prosedur utama yg dilaksanakan oleh suatu program
satelit komunikasi alat yg ditempatkan di atas khatulistiwa pd ketinggian 36.000 km dan berfungsi sbg media komunikasi yg beroperasi pd jalur frekuensi 6 dan 4 gigahertz
semaksimal-maksimalnya se.mak.si.mal-mak.si.mal.nya [adv] paling maksimal; sebanyak (setinggi) yg dapat dicapai: bus air yg diserahkan kpd daerah harus dioperasikan -
senjata otomatis senjata yg pengoperasiannya dilakukan secara otomatis
sikat si.kat [n] pembersih yg dibuat dr bulu (ijuk, serabut, dsb) diberi berdasar dan berpegangan (bermacam-macam rupanya): -- gigi; -- sepatu; (2) n sisir rambut; (3) n rangkaian (pisang) yg tumbuh dl satu sisir (bagian dr tandan): membeli se -- pisang di warung; (4) n penggaruk untuk menggemburkan tanah sesudah dibajak atau dicangkul; garu: koperasi tani menjual alat-alat pertanian, spt -- , bajak, dan pacul; (5) v ki rampas; (6) v ki makan sampai habis-habisan lihat pohon
sinergi si.ner.gi [n] (1) kegiatan atau operasi gabungan; (2) sinergisme
sonder son.der [p cak] tanpa; tidak dng ...; tidak ber ...: penyakitnya dapat disembuhkan -- operasi; krn bingung dan panik, ia keluar dr kamar mandi -- pakaian
strabotomi stra.bo.to.mi [n Dok] operasi pemotongan otot penyebab mata juling atau mata berkedip
taksi gelap taksi yg beroperasi tanpa izin resmi (secara gelap)
taksi resmi taksi yg beroperasi dng izin resmi
tarif konfidensial tarif perjalanan wisata yg terdapat di dl buku pedoman harga yg dikeluarkan secara periodik (biasanya setahun sekali) oleh suatu operator perjalanan wisata secara standar dan tetap
telepon engkol telepon yg cara mengoperasikannya dng memutar alat spt engkol sbg penyambungnya
terjaring ter.ja.ring [v] (1) kena jaring; (2) tertangkap secara tiba-tiba: lima pemuda pengedar obat terlarang ~ petugas ketika operasi kamtibmas dilancarkan
transmigrasi trans.mig.ra.si [n] perpindahan penduduk dr satu daerah (pulau) yg berpenduduk padat ke daerah (pulau) lain yg berpenduduk jarang: -- dan koperasi merupakan alat penunjang pembangunan pedesaan
unik [a] tersendiri dl bentuk atau jenisnya; lain dp yg lain; tidak ada persamaan dng yg lain; khusus: operasi pencangkokan yg cukup -- telah berhasil, yaitu sebuah jantung buatan dicangkokkan pd bayi yg menderita penyakit jantung
unit desa [Adm] kesatuan agroekonomis dr masyarakat desa dl satu wilayah yg memiliki fungsi penyuluhan pertanian, penyaluran sarana produksi, pengelolaan dan pemasaran hasil pertanian, yg dibentuk dan dibina dl rangka program peningkatan produksi pertanian melalui usaha intensifikasi dan pengembangan perekonomian masyarakat desa yg diorganisasi secara koperasi
untaian akhir un.tai.an akhir [Ling] untaian beberapa formatif yg dihasilkan oleh kaidah struktur frasa yg kemudian dioperasikan oleh kaidah transformasi
vasektomi va.sek.to.mi [n Dok] operasi untuk memandulkan kaum pria dng cara memotong saluran sperma atau saluran mani dr bawah buah zakar sampai ke kantong sperma
wahana wa.ha.na [n] (1) kendaraan; alat pengangkut; (2) alat atau sarana untuk mencapai suatu tujuan: koperasi diharapkan menjadi -- untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat [n] tafsir mimpi; alamat
wiraswasta wi.ra.swas.ta [n] orang yg pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya
wukerar wu.ke.rar [n] pemberi pinjaman (uang dsb): dng adanya Pusat Koperasi TNI, para warakawuri tidak lagi menguntungkan para --

Jika informasi mengenai "opera" ini bermanfaat, sila bagikan ke teman atau simpan di akun media sosial memakai menu berikut.

Pertanyaan, Kritik dan Saran

Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik, atau laporan kesalahan penulisan, dll. Baik mengenai halaman ini, atau mengenai kamus ini, silakan memakai formulir di bawah.

Terkait

Tentang KBBI Edisi III

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring

Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan atau KBBI daring merupakan versi online dari KBBI edisi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2008.

Kamus ini memuat 78.000 lema. Isi (kata dan arti) dalam kamus ini merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa).

Kamus Lainnya

Berikut adalah daftar kamus lain yang ada di Rebanas