Arti kata/frase "obo" menurut KBBI Edisi III

Pranala (link): http://artikankata.com/kbbi-edisi-iii/obo

Halaman ini menjelaskan kata atau frase obo menurut KBBI Edisi III

obo: [n] alat musik dr kayu dsb yg ujungnya berbentuk kerucut yg mengeluarkan nada nyaring dr B rendah sampai 21/2 oktaf lebih

Lebih lanjut mengenai obo

obo terdiri dari 1 suku kata. Kata tersebut mempunyai 360 kata terkait yakni sebagai berikut:

obo [n] alat musik dr kayu dsb yg ujungnya berbentuk kerucut yg mengeluarkan nada nyaring dr B rendah sampai 21/2 oktaf lebih
obor [n] (1) suluh terbuat dr daun kelapa kering atau seruas bambu yg diisi minyak tanah (minyak kelapa), ujungnya disumpal dng secarik kain (atau sabut); (2) ki pemberi penerangan, petunjuk, penuntun, dsb
arak-arakan obor arak-arak.an obor arak-arakan dng membawa obor
bobot jenis [Fis] bobot suatu zat per satuan volumenya
bobot lebih bobot di atas ukuran standar
bobot luah bobot lebih
gerobok ge.ro.bok [v] , ber.ge.ro.bok v menggerobok [Jk n] (1) lemari dr bambu (tempat menyimpan makanan dsb); (2) peti besar (tempat pakaian dsb)
kecerobohan ke.ce.ro.boh.an [n] kelakuan (perbuatan dsb) yg ceroboh; kekurangajaran: krn ~ nya, banyak pekerjaannya yg tidak beres
kekoboi-koboian ke.ko.boi-ko.boi.an [a] bersifat spt koboi
klobot klo.bot [Lihat {kelobot}]
koboi-koboian ko.boi-ko.boi.an [v cak] melakukan perbuatan spt koboi (suka berkelahi, melakukan kekerasan, dsb)
koboisme ko.bo.is.me [n] sikap hidup yg koboi-koboian
membobolkan mem.bo.bol.kan [v] menyebabkan bobol
menceroboh men.ce.ro.boh [v] berbuat ceroboh (tidak senonoh dsb); mencabuli; memperkosa (hak, kedaulatan, dsb)
mengobor meng.o.bor [v] (1) mengasapi dng obor; (2) menangkap ikan (belut, katak) dng penerangan obor; (3) ki menghasut; membuat panas hati; membangkitkan marah
merobohkan me.ro.boh.kan [v] (1) menyebabkan roboh; meruntuhkan (rumah dsb); (2) menyebabkan tumbang (rebah); merebahkan; menumbangkan (pohon, tanaman, dsb); (3) menjatuhkan (mengalahkan dsb): ia dng mudah ~ lawan-lawannya
pembobolan pem.bo.bol.an [n] proses, cara, perbuatan membobol
penerobosan pe.ne.ro.bos.an [n] proses, cara, perbuatan menerobos; penembusan; pematahan (kepungan dsb): ~ bukit terpaksa dilakukan untuk membuat jalan tembus yg akan menghubungkan dua desa yg terpencil itu
pengoboran peng.o.bor.an [n] proses, cara, perbuatan mengobor(i)
penyerobot pe.nye.ro.bot [n] orang yg menyerobot; tukang serobot
penyerobotan pe.nye.ro.bot.an [n] proses, cara, perbuatan menyerobot
perobohan pe.ro.boh.an [n] proses, cara, perbuatan merobohkan
perobotan pe.ro.bot.an [n] proses, cara, perbuatan mengalihkan tenaga manusia ke tenaga robot: industri canggih akrab dng otomatisasi dan ~
robotika ro.bo.ti.ka [n] ilmu tt mesin robot
serobok se.ro.bok [v] ber.se.ro.bok v bertemu (dr dua arah yg berlainan); berjumpa; bersobok
serobot-serobotan se.ro.bot-se.ro.bot.an v saling menyerobot: tidak ada -- dl pembagian tanah itu krn mereka menggunakan manajemen terbuka
sirobok si.ro.bok [Lihat {serobok}]
sobok so.bok [n] campuran dua macam logam yg sama banyaknya , ber.so.bok v bertemu (dng); berjumpa (dng); bersua (dng); tersobok
sobok langkah bertemu di jalan bersobok langkah
sobok pandang bertemu pandang bersobok pandang
terobong te.ro.bong [Lihat {cerobong}]
terobosan te.ro.bos.an [n] (1) hasil menerobos; (2) perbuatan menerobos: beberapa strategi ~ di bidang pariwisata sedang dipersiapkan untuk lebih menarik wisatawan
tersobok ter.so.bok [v] bersobok
tertawa membawa roboh ter.ta.wa membawa roboh [ki] tertawa dng suara spt batu berjatuhan dr gunung
(ke)robohan (ke)ro.boh.an [n] runtuhan; reruntuhan; puing
batu roboh membatu runtuh
belobor be.lo.bor [a] meluas (tt cairan atau warna pd kertas, kain, dsb); (2) n Bio gejala penyakit berupa perubahan warna yg meluas pd daun atau buah
berbobot ber.bo.bot [v] (1) mempunyai berat; (2) ada isinya; bermutu: tulisan-tulisannya itu penting krn --
berkobok-kobok ber.ko.bok-ko.bok [v] berkelompok-kelompok; bergolong-golong(an)
bertoboh-toboh ber.to.boh-to.boh [v] berkelompok-kelompok; beregu-regu; berkawan-kawan
bobok bo.bok [v cak] tidur (untuk anak-anak): -- lah anakku, hari sudah larut malam [v] , mem.bo.bok v membuat lubang (pd tembok dsb) [Jw n] daun, umbi-umbian, dsb yg dilumatkan (dng batu penggiling dsb) dipakai sbg obat luar dng cara menempelkannya pd bagian yg sakit
bobol bo.bol [a] jebol atau rusak (tt bendungan dsb); (2) v tembus (tt barisan, pertahanan, dsb)
bobos bo.bos [a] berlubang besar krn sobek, pecah, dsb; bocor besar
bobot bo.bot [n] (1) berat suatu benda: pesawat itu -- nya lebih dr 10.000 kilogram; (2) berat seekor ternak pd suatu keadaan; (3) timbangan; arti penting; (4) ki nilai; mutu: sebuah film yg menitikberatkan -- seni; (5) Graf derajat warna hitam pd huruf cetak (mulai dr yg sangat tipis warna hitamnya sampai dng yg hitam sekali)
bobot atom [Kim] perbandingan massa atom unsur terhadap massa atom isotop karbon -12 yg diberi harga 12 (eksek)
bobot isi berat per satuan isi
bobot mati berat keseluruhan, termasuk berat kargo, penumpang, dsb (tt kapal)
bobotok bo.bo.tok [Mk n] lauk-pauk yg dicampur kelapa yg berbumbu dan dibungkus dng daun singkong, kemudian dimasak (dipepes)
ceroboh ce.ro.boh [a] (1) tidak sopan; kasar (kurang ajar dsb): anak itu sangat -- thd orang tuanya; (2) keji: buruk mukanya lagi -- hatinya; (3) sembrono; tidak berhati-hati; tidak cermat; tidak dipikirkan baik-baik: ia sangat -- sehingga pekerjaannya banyak yg kurang beres; (4) tidak rapi; tidak bersih; gabas
cerobong ce.ro.bong [n] pipa untuk menyalurkan asap ke luar; pipa asap (pd kapal lokomotif, pabrik, dsb)
ditebuk (dikerobok) tikus [pb] sudah hilang kegadisannya (sudah tidak gadis lagi)
dobol do.bol [Jk a] berlubang (tt karung dsb)
dobolo do.bo.lo [ark n] permainan dng menggunakan kartu besar (dua puluh satu)
etnobotani et.no.bo.ta.ni [n] ilmu botani mengenai pemanfaatan tumbuh-tumbuhan dl keperluan kehidupan sehari-hari dan adat suku bangsa
gelobok ge.lo.bok , meng.ge.lo.bok v berbunyi spt air yg diisikan ke dl botol
geobotani ge.o.bo.ta.ni [n] ilmu tt masyarakat tumbuh-tumbuhan di alam bebas
hobo ho.bo [n] alat musik tiup dr kayu, berbentuk tabung sepanjang 65 cm dng rongga sempit berbentuk kerucut, kolom udara digetarkan melalui klep tiup ganda
jerobong je.ro.bong [Lihat {jerubung}]
jobong jo.bong [Jk n] pelacur; perempuan piaraan
kebobolan ke.bo.bol.an [v ki] (1) tertembus (pertahanan, barisan, dsb) krn lengah; (2) kecurian; kemasukan pencuri
kelobot ke.lo.bot [n] (1) daun pembungkus tongkol jagung (biasa dibuat rokok); (2) ki benda (alat dsb) yg digunakan secara berulang-ulang
kelobotisme ke.lo.bot.is.me [n] paham, pikiran, atau wejangan yg bersifat klise yg selalu diulang
koboi ko.boi [n] (1) penggembala sapi yg menaiki kuda (di Amerika); (2) cak orang yg bertindak seenaknya sendiri (melanggar aturan, menghakimi sendiri, suka berkelahi, dsb)
kobok ko.bok [n] sekelompok (orang); puak; partai; golongan [v] ber.ko.bok v memasukkan tangan ke dl tempat yg berisi air untuk mencuci jari tangan
kobok kanan golongan yg berpihak kpd raja (penguasa); pihak kanan
kobok kiri golongan yg berpihak kpd rakyat, yaitu yg mempertahankan hak rakyat di dalam dewan perwakilan rakyat; pihak kiri
kobokan ko.bok.an [n] mangkuk tempat air untuk mencuci jari tangan sebelum dan sesudah makan
kobol ko.bol [v] kehabisan (uang)
krobongan kro.bo.ngan [Jw n] kamar di tengah rumah, biasanya untuk sesaji dsb
labu dikerobok tikus [pb] gadis yg bukan perawan lagi
main serobot berbuat tidak menurut aturan; melanggar hak dsb; -- serong menyeleweng; berselingkuh: dia dituduh -- serong dng istri orang
membobol mem.bo.bol [v] (1) menjebol atau merusak (tt bendungan): kelompok pemberontak telah -- tanggul yg mengakibatkan banjir; (2) menembus (pertahanan musuh); (3) merusak dng kekerasan; membongkar dng paksa: massa yg marah -- tiga lapis pintu tahanan; (4) mencuri uang (mengorupsi) dng tipu daya (menipu pegawai atau pengawas, mempermainkan komputer, dsb)
membobos mem.bo.bos [v] menembus (dng membuat lubang besar dsb sbg jalan masuk); masuk terus
mencerobohi men.ce.ro.bohi [v] melakukan perbuatan tidak senonoh kpd
menggerobok meng.ge.ro.bok [v] menggelembung serta berbunyi spt karbit yg dimasukkan ke dl air
mengobok me.ngo.bok [v] (1) memasukkan tangan ke dalam tempat yg berisi air; (2) mengambil nasi berkuah atau makan dng tangan (tidak memakai sendok)
mengobori meng.o.bori [v] menyuluhi; menerangi
meninabobokan me.ni.na.bo.bo.kan [v] (1) menyanyikan lagu (untuk anak) supaya tidur; menidurkan (anak) dng nyanyian; (2) ki melemahkan semangat; mempersenang hati orang lain dng perkataan (janji) yg muluk-muluk: kemewahan telah berhasil ~ bangsa kita
mobokrasi mo.bo.kra.si [n] pemerintahan yg dipegang dan dipimpin oleh rakyat jelata yg tidak tahu seluk-beluk pemerintahan
ninabobo ni.na.bo.bo [n] (1) nyanyian untuk menidurkan anak; (2) ki yg melemahkan (memadamkan) semangat
paleobotani pa.le.o.bo.ta.ni [n] cabang botani yg mempelajari fosil tumbuhan
pembobol pem.bo.bol [n] (1) orang yg merusak atau membongkar dng paksa; (2) orang yg mencuri uang dng tipu daya: -- bank itu yg ternyata adalah direkturnya kini telah melarikan diri ke luar negeri
roboh ro.boh [v ] (1) runtuh (tt bangunan yg besar, spt rumah, tembok): gedung-gedung -- akibat gempa bumi yg hebat; (2) rebah; tumbang (tt pohon, tanaman): hujan dan angin ribut semalam menyebabkan pohon --; (3) ki jatuh (dl berbagai-bagai arti spt bangkrut, kalah, tidak dapat bertahan lagi, luntur imannya): pd ronde kedua petinju terkenal itu -- krn mendapat pukulan keras pd pelipisnya
robok ro.bok [v] , me.ro.bok v terluka di bagian dalam saja, di luar tidak tampak [v] , ber.si.ro.bok v (1) saling berpapasan; saling bertemu: tanpa sengaja mereka ~ di tikungan jalan; (2) saling bertemu pandang: ketika tatapan itu ~ , kedua kepala itu tertunduk [v] , me.ro.bok v menggelegak (spt botol kosong dsb yg dibenamkan ke dl air)
robot ro.bot [Jw v] , me.ro.bot v berbunyi mendedas (spt mercon, senapan) [n] (1) alat berupa orang-orangan dsb yg dapat bergerak (berbuat spt manusia) yg dikendalikan oleh mesin; (2) ki orang yg menurut saja perintah orang lain: pakailah otakmu, jangan menjadi -- saja; (3) ki orang yg bertindak tanpa pikiran dan perasaan
stroboskop stro.bos.kop [n] alat yg dapat mengeluarkan sinar dng sangat cepat dan dl waktu yg sangat singkat dapat pula menerangi suatu benda yg bergerak pd interval waktu tertentu, digunakan juga untuk mempelajari periode gerakan
terninabobo ter.ni.na.bo.bo [v] (1) terbuai oleh nyanyian lembut dsb sehingga mengantuk; (2) ki tertipu oleh rayuan kata dan sanjungan sehingga menjadi lemah semangat dsb
terobos te.ro.bos [v] me.ne.ro.bos v (1) menembus; mendobrak (barisan dsb); melantas: mereka berusaha ~ pertahanan kita; pasukan itu berhasil ~ kepungan musuh; (2) memintas (jalan): kalau mau cepat, kita ~ lewat kuburan saja
terserobok ter.se.ro.bok [v] berjumpa
toboh to.boh [n] regu; kelompok; sekawan
tobong to.bong [n] tempat (pertunjukkan) yg sifatnya darurat, biasanya dibuat dr bambu
tobong gamping tempat pembakaran (kapur dsb)
tukang serobot orang yg suka melanggar hak orang (mencuri, merampas, merebut, dsb)
serobot se.ro.bot [v] , me.nye.ro.bot v (1) mengambil hak atau harta dng sewenang-wenang atau dng tidak mengindahkan hukum dan aturan (spt mencuri, merampas, menempati tanah atau rumah orang lain yg bukan haknya, menculik): ia berbuat secara nekat -- sepeda orang; ia dipersalahkan -- kekuasaan pembesarnya; ia yg -- rumah kosong itu; (2) menyerang (melanggar, menubruk) secara nekat atau dng diam-diam: ia berhasil -- bola itu dr belakang sewaktu bola itu akan kuoperkan; kucing besar itu suka -- anak ayam; (3) melakukan perbuatan (spt masuk ke rumah orang, menyela perkataan orang, dsb) dng cara yg nekat atau menyimpang dr aturan: meskipun dijaga keras, masih ada juga yg -- masuk ke stasiun; kalau hendak mendebat, boleh, tetapi jangan -- saja; (4) menggunakan jalan semau-maunya tanpa mengindahkan aturan (tt kendaraan): kalau tidak ada polisi lalu lintas, banyak becak yg -- berjalan di jalan mobil
aerometer ae.ro.me.ter [n ] alat untuk mengukur bobot atau kerapatan udara atau gas lain
akar kait-kait tumbuhan (akar-akaran) merambat yg batangnya berduri; Uncaria acida; -- kambing-kambing tumbuhan memanjat, Sarcolobus globosus
akar tunjang akar yg tumbuh dr batang di atas tanah dan masuk ke tanah untuk menunjang batang supaya tidak roboh, msl pd pandan duri
aktinium ak.ti.ni.um [n Kim] unsur logam radioaktif berderajat tiga, menyerupai lantanum dl sifat kimiawinya dan ditemukan pd bijih besi; unsur bernomor atom 89, berlambang Ac, dan bobot atom 227,0278
alat ukur perkakas untuk mengukur (mencocokkan atau mengetahui jarak, bobot, luas, panas, getaran, kecepatan, tegangan, tekanan, volume, dsb)
aluminium alu.mi.ni.um [n] logam putih perak, ringan, dan mulur; unsur dng nomor atom 13, lambang Al dan bobot atom 26,9815
ambruk am.bruk [v] (1) roboh; runtuh: jembatan yg belum lama ini diresmikan sudah --; (2) jatuh sakit: krn tidak mengindahkan nasihat dokter, ia -- lagi; (3) bangkrut; pailit (tt usaha dagang): perusahaannya sekarang sudah -- dan modalnya habis
amerisium ame.ri.si.um [n] unsur dng nomor atom 95, berlambang Am dan bobot atom 241, tidak terdapat dl alam bebas dan semua isotopnya radioaktif
anatase ana.ta.se [n Kim] kristal atom yg terbentuk dr titanium dioksida, mempunyai bobot jenis 3,8, indeks bias 2,5, dan titik lebur 1560oC
andang an.dang [kl n] obor yg dibuat dr daun nyiur yg kering; suluh
anduh an.duh [v] , meng.an.duh v mengikat supaya yg diikat itu bergantung (tidak roboh dsb)
aneksasi anek.sa.si [n] pengambilan dng paksa tanah (wilayah) orang (negara) lain untuk disatukan dng tanah (negara) sendiri; penyerobotan; pencaplokan
angin [n] (1) gerakan udara dr daerah yg bertekanan tinggi ke daerah yg bertekanan rendah; tiupan -- kencang merobohkan beberapa rumah penduduk; (2) hawa; udara: ban berisi --; (3) kentut: jangan buang -- sembarangan; (4) ki kesempatan; kemungkinan: menantikan -- baik; (5) ki hampa; kosong: cakap --; (6) ki kecenderungan yg agak menggembirakan: sejak pertengahan tahun 1999 terasa ada -- baru dl percaturan politik negara itu
antara an.ta.ra [n] jarak (ruang, jauh) di sela-sela dua benda: tiang yg satu dng yg lain -- nya 4 m; (2) n waktu yg menyelang dua saat atau peristiwa; selang: tidak berapa lama -- nya, berangkatlah ia; (3) n di tengah dua benda (orang, tempat, batas, dsb): ia berjalan di -- dua orang pengawal; (4) n di tengah-tengah dua waktu (peristiwa, bilangan, bobot): kerajaan itu ditaklukkan -- tahun 1774 dan 1778; (5) n dl kelompok (himpunan, golongan): ada beberapa orang di -- mereka yg terlibat dl peristiwa pembunuhan itu; hal itu sebaiknya dibicarakan -- kita saja; (6) p sementara; dl pada itu: ingat -- belum kena; -- itu insaflah ia; (7) n tengah-tengah atau pertengahan dua waktu (peristiwa); (8) a tidak jauh dr; dekat dng: ia pun sampailah pd -- pasar; (9) p cak lebih kurang; kira-kira: -- seratus orang residivis telah diamankan
antep an.tep [Jw a] berat (tt bobot, timbangan)
areometer are.o.me.ter [n ] alat untuk mengukur bobot jenis cairan berdasarkan gaya apung
argentum ar.gen.tum [n Kim] logam putih berkilat; perak; unsur dng nomor atom 47, berlambang Ag, dan bobot atom 107,868
argon ar.gon [n] gas mulia yg terdapat dl atmosfer, tidak berwarna dan tidak berbau, biasa digunakan untuk mengisi bola lampu listrik; unsur nonlogam dng nomor atom 18, lambang Ar, dan bobot atom 39,948
arsenik ar.se.nik [n] unsur nonlogam dng nomor atom 33, berlambang As, dan bobot atom 74,9216
astatin as.ta.tin [n] halogen dng semua isotopnya radioaktif; unsur dng nomor atom 85, lambang At, dan bobot atom 211
aurum au.rum [n Kim] logam mulia kuning dan mulur; unsur dng nomor atom 79, lambang Au, dan bobot atom 196,9665; emas
badik ba.dik [n] alat yg berbentuk pisau belati bermata satu [v] , mem.ba.dik v menyerobot dan menyepak bola dr belakang lawan [n] putik
bandul ban.dul [n] (1) buaian (lonceng dsb); (2) benda yg digantungkan sbg pemberat; (3) Fis batang tegar atau tali yg satu ujungnya dihubungkan dng bola atau silinder pembobot dng massa tertentu dan ujung lainnya diikatkan pd suatu titik tetap sehingga ujung yg mempunyai pembobot dapat bergantung bebas dan berayun dng kala (periode) tertentu; (4) Fis pembobot yg dapat berayun dr suatu sistem ayunan; (5) Olr pukulan yg diayunkan dr bawah ke atas (terutama dl olahraga pencak silat)
barium ba.ri.um [n Kim] logam putih dan lunak; unsur dng nomor atom 56, lambang Ba, dan bobot atom 137,34
barologi ba.ro.lo.gi [n] ilmu tt bobot
bedah be.dah [n] pengobatan penyakit dng jalan memotong (mengiris dsb) bagian tubuh yg sakit; operasi [Jw a] sobek besar (tt kain dsb); rusak (tt tambak, bendungan, dsb); bobol; robek
berilium be.ri.li.um [n Kim] logam hitam abu-abu, keras, dan tidak mudah berkarat; unsur dng nomor atom 4, lambang Be, dan berbobot atom 9,0121
berkelium ber.ke.li.um [n Kim] logam radioaktif yg tidak terdapat dl alam; unsur dng nomor atom 97, berlambang Bk, dan berbobot atom 249
berkepul ber.ke.pul [v] keluar (membubung) bergumpal-gumpal (tt asap, awan): asap yg ~ dr cerobong asap sebuah pabrik di kota ini sangat mencemarkan udara di sekitarnya
bermutu ber.mu.tu [v] (1) baik (tinggi) mutunya; berbobot: tulisan-tulisannya selalu --; (2) mempunyai mutu (kualitas): Anda dapat memilih sendiri cat yg -- tinggi; (3) bertaraf: pemain bulu tangkis yg -- internasional
berat be.rat [a] besar ukurannya (di antara jenisnya atau benda-benda yg serupa): alat-alat -- , mobil derek, traktor, dsb; (2) a besar tekanannya (timbangannya): peti -- itu tidak dapat diangkat oleh tiga orang; (3) a payah; parah (tt luka penyakit dsb): akibat kecelakaan itu dia menderita luka --; kalau penyakit sudah -- susah diobati; (4) a sulit (susah, sukar) melakukannya; melebihi ukuran (kekuatan, kemampuan, kesanggupan, dsb): kematian ibunya merupakan cobaan -- bagi gadis itu; (5) a sukar digerakkan, seakan-akan ditindih atau ditekan (tt anggota badan dsb): kepala terasa -- dan pusing; mata terasa -- , mengantuk; (6) a kuat merangsang saraf; keras (tt rokok, obat, dsb): ia suka rokok yg --; (7) a memihak; cenderung: hatinya lebih -- kpd kekasihnya dp kpd orang tuanya; (8) ki v hamil: istrinya sedang dl --; (9) a sangat keras (perkiraan, dugaan, dsb): -- dugaanku bahwa dia yg salah; (10) n besarnya tekanan suatu benda apabila diangkat, ditimbang, dsb; bobot; timbangan: akibat sakit, -- nya berkurang 7 kg; (11) n Fis gaya tarikan yg diderita suatu benda krn massanya dan keberadaannya di dalam, di sekitar, ataupun pd suatu sistem massa; bobot; (12) ki a susah; celaka: wah, kalau ketahuan, -- kita
bersandarkan ber.san.dar.kan [v] (1) bersanggahan (pd sesuatu supaya tegak atau berdiri kokoh); bertumpukan; bertopangkan: sepeda itu tidak akan roboh, krn -- sebatang pohon; (2) mengharapkan bantuan dr; menggantungkan diri pd; bergantung pd: hidupnya -- bantuan orang tuanya
bersenandung ber.se.nan.dung [v] bernyanyi dng suara lembut untuk menghibur diri sendiri atau untuk meninabobokan bayi supaya tidur: ia menimang-nimang anaknya sambil -- agar anak itu cepat tertidur; sambil bekerja ia -- agar tidak berasa lelah
biji saga biji berwarna merah yg dahulu dipakai sbg kesatuan bobot emas
bismut bis.mut [n] (1) logam yg dipakai untuk mengobati sakit usus, perut, dsb; (2) Kim logam getas berwarna putih perak; unsur dng nomor atom 83, berlambang Bi, dan bobot atom 208,9804
boling bo.ling [n] cabang olahraga yg berupa permainan dng menggelindingkan bola khusus untuk merobohkan sejumlah gada yg berderet yg kemudian dapat tertata lagi secara otomatis; bola gelinding: olahraga -- masih langka jika dibandingkan dng cabang olahraga yg lain
boron bo.ron [n] (1) zat yg sekaligus meredam dan menetralkan neutron; (2) Kim unsur bukan logam dng nomor atom 5, berlambang B, dan bobot atom 10,81
bromin bro.min [n Kim] cairan berwarna cokelat tua, mempunyai bau tidak enak; unsur dng nomor atom 35, berlambang Br, dan bobot atom 79,904
caplok cap.lok [v] men.cap.lok v (1) menangkap dng mulut (kemudian menelannya bulat-bulat (tt binatang spt buaya, ular); (2) cak mengambil milik (hak) orang; menyerobot; merampas; merebut: ia tega benar ~ rezeki teman sendiri; (3) menguasai; mengambil (negeri atau daerah orang lain) menjadikan sbg hak: negara itu telah ~ beberapa negara kecil di dekatnya
cemar ce.mar [a] (1) kotor; ternoda: udara menjadi -- krn asap gas yg keluar dr cerobong asap pabrik itu; (2) ki keji; cabul; mesum: perkataan yg --; (3) ki buruk (tt nama baik); tercela: krn perbuatan jahatnya, nama keluarganya menjadi --
centangan cen.tang.an [n] (1) tandu; (2) Jk kobokan
cerabah ce.ra.bah [a] tidak sedap dipandang mata (krn tidak rapi dsb); ceroboh: dia seorang yg -- , rambut dan bajunya sama kusutnya
corong co.rong [n] (1) pipa pembuang asap; cerobong; semprong; (2) teropong; keker; (3) alat untuk menuang barang cair ke botol dsb (bentuknya spt kerucut); (4) pembuluh kaca penutup nyala lampu [n] pelita; suluh: lampu --
daduh da.duh [v] , men.da.duh v menidurkan anak sambil bersenandung atau membuai dng nyanyian; meninabobokan (supaya tidur); mendadung
deuterium deu.te.ri.um [n] (1) Fis isotop hidrogen yg berat jenisnya dua kali hidrogen biasa; hidrogen berat; (2) Kim isotop unsur hidrogen dng satu neutron dan satu proton di dl inti, dng bobot atom 2,0144
diabetes melitus [Dok] gangguan metabolisme karbohidrat krn kelenjar pankreas tidak mampu menyekresi insulin yg cukup dng gejala adanya gula dl urine, turunnya bobot badan, selalu haus dan lapar, dan banyak kencing; keadaan kekurangan insulin dng akibat glukosa tidak dapat diolah oleh badan sehingga kadar glukosa dl darah meninggi dan dikeluarkan dl urine
diam-diam di.am-di.am [adv] tanpa memberi tahu orang lain; secara rahasia: dng ~ pasukan gerilya menerobos pertahanan musuh
disprosium dis.pro.si.um [n Kim] logam tanah langka; unsur dng nomor atom 66, berlambang Dy, dan bobot atom 162,50
doyong do.yong [a] condong; miring; hampir roboh (tt pohon, rumah, dsb)
dugang du.gang [v] men.du.gang v menahan dng tali agar tidak roboh: petani itu berusaha ~ pohon yg hampir tumbang
efek paduan [Fis] perbedaan antara massa yg diukur pd suatu inti dng jumlah massa partikel dasar yg bergabung antara nomor massa (A) dng bobot atom isotop (M) suatu unsur
einsteinium ein.stei.ni.um [n Kim] unsur dng nomor atom 99, berlambang Es, dan bobot atom 254
emas [n] (1) logam mulia berwarna kuning yg dapat ditempa dan dibentuk, biasa dibuat perhiasan spt cincin, kalung (lambangnya Au, nomor atomnya 79, bobot atomnya 196,9665); logam adi; aurum: ia memakai cincin -- bermata mutiara; (2) ki uang; harta duniawi; (3) ki uang suap
entit en.tit, meng.en.tit [v] mencuri, mencolong, menyerobot
erbium er.bi.um [n Kim] logam tanah langka; unsur dng nomor atom 68, lambang Er, dan bobot atom 167,26
europium eu.ro.pi.um [n Kim] logam tanah langka yg dijumpai dl mineral serium; unsur dng nomor atom 63, berlambang Eu, dan bobot atom 151,96
fermium fer.mi.um [n Kim] unsur dng nomor 100, berlambang Fm, berbobot atom 254, tidak terdapat dl alam, dan semua isotopnya radioaktif
ferum fe.rum [n Kim] unsur logam, berwarna putih perak, dng nomor atom 26, berlambang Fe, dan bobot atom 55,847; besi
fluorin flu.o.rin [n Kim] gas hijau muda bersifat racun, dng rumus F2, dikenal sbg unsur yg paling elektronegatif; unsur dng nomor atom 9, berlambang F, dan bobot atom 18,9984
fosforus fos.fo.rus [n Kim] unsur dng nomor atom 15, lambang P, dan bobot atom 30,9738
fransium fran.si.um [n Kim] logam alkali radioaktif yg terdapat dl alam; unsur dng nomor atom 87, berlambang Fr, bobot atom 223
fregat fre.gat [n] (1) kapal perang berukuran sedang, berbobot antara 1.100-2.800 ton, dapat bergerak dng lincah dan cepat; (2) Lay kapal dng tiga tiang lengkap dng layar ondang-ondang dan layar buritan
gadolinium ga.do.li.ni.um [n Kim] logam tanah langka yg ditemukan dl gadolinit; unsur dng nomor atom 64, berlambang Gd, dan bobot atom 157,25
galium ga.li.um [n Kim] logam berbentuk kristal putih kebiru-biruan atau keabu-abuan; unsur dng nomor atom 31, berlambang Ga, bobot atom 69,72
gelayar ge.la.yar [Jw v] , ge.la.yar.an v (1) terhuyung-huyung: kalau kena pukul tengkukmu, engkau akan ~ dan roboh; (2) kas berkeluyuran; berkeliaran
germanium ger.ma.ni.um [n Kim] unsur dng nomor atom 32, berlambang Ge, dan bobot atom 72,59
gerobyak ge.rob.yak [Jw n] tiruan bunyi bilik bambu dsb roboh
gerubuk ge.ru.buk [Lihat {gerobok}]
guling gu.ling [n] bantal yg bentuknya bulat panjang [v] ber.gu.ling v bergulung (berputar) berbolak-balik: rumah ini roboh tertimpa batu besar yg ~ dr lereng gunung [n] masakan (berupa kambing dsb) yg dipanggang sepenuhnya [n Fis] gerak benda pd suatu permukaan secara translasi dan rotasi sekaligus
hafnium haf.ni.um [n Kim] logam yg ditemukan dl mineral zirkonium oleh Coster dan Havesy pd tahun 1924; unsur dng nomor atom 72, berlambang Hf, dan bobot atom 179,49
hahnium hah.ni.um [n Kim] unsur radioaktif yg mula-mula ditemukan di Amerika Serikat, bernomor atom 105, lambang Ha, dan bobot atom 262
hangat ha.ngat [a] (1) agak panas: masakannya masih --; (2) sedikit lebih dp timbangan (bobot) yg sebenarnya: gula itu -- timbangannya; (3) gembira: kedatangan Menteri Pertanian disambut -- oleh masyarakat tani setempat; (4) genting; tegang: suasana politik -- kembali; (5) baru saja terjadi; masih baru (tt peristiwa, kabar): surat kabar itu selalu memuat berita-berita yg --
helium he.li.um [n Kim] gas lamban yg terdapat dl udara, gas bumi, dan mineral radioaktif; unsur dng nomor atom 2, berlambang He, dan bobot atom 4,003
hempap hem.pap , meng.hem.pap v menindih: rumah yg roboh itu telah ~ beberapa orang yg berada di dalamnya
hidrogen hid.ro.gen [n Kim] gas tidak berwarna, tidak berbau, tidak ada rasanya, menyesakkan dng rumus H2, tetapi tidak bersifat racun; unsur dng nomor atom 1, berlambang H, dan bobot atom 1,0080
holmium hol.mi.um [n Kim] logam tanah langka yg terdapat dl gadolinit, ditemukan oleh Soret pd tahun 1879; unsur dng nomor atom 67, berlambang Ho, dan bobot atom 164,9303
indium in.di.um [n Kim] logam mulur abu-abu perak, ditemukan oleh Reich dan Richter pd tahun 1863; unsur dng nomor atom 49, berlambang In, dan memiliki bobot atom 144,82
intrusi in.tru.si [n Geo] penerobosan magma ke dl batuan atau di antara batuan lain; perembesan air laut dsb ke dl lapisan tanah sehingga terjadi percampuran air laut dng air tanah: sungai di Jakarta sudah tercemar, daerah yg terkena -- air laut pun semakin meluas
iodin io.din [n Kim] unsur halogen bukan logam, berwarna hitam kebiruan dng uap ungu; unsur dng nomor atom 53, ber-lambang I, dan bobot atom 126,9045; yodium
iridium iri.di.um [n Kim] logam putih, keras, getas, dan berkilat, ditemukan oleh Tennant pd tahun 1804; unsur dng nomor atom 77, berlambang Ir, bobot atom 192,22
iterbium iter.bi.um [n] unsur logam yg sangat langka, menyerupai itrium, dng nomor atom 70, lambang Yb, dan bobot atom 173,04
itrium it.ri.um [n] unsur dng nomor atom 39, lambang Y, dan bobot atom 88,9059
jalan pintas jalan yg lebih dekat (untuk sampai ke tempat tujuan); (2) ki cara bertindak yg tidak mengikuti aturan (hukum); terobosan
jamung ja.mung [ark n] suluh yg dibuat dr daun nyiur kering; obor
jelabak je.la.bak [ark v] ter.je.la.bak v roboh; runtuh
kadar air [Graf] persentase air yg ada pd pulp, kertas, dan karton, ditetapkan dng cara mengeringkan contoh uji pd suhu antara 100o-105o C; (2) Geo nisbah yg dinyatakan dl persentase antara air dl tanah, batuan (jenuh atau tidak jenuh) dan jumlah volume atau bobot percontoh
kadmium kad.mi.um [n Kim] logam putih, mulur; unsur dng nomor atom 48, berlambang Cd, bobot atom 112,41
kaldron kal.dron [n] kuali besar tempat api yg dinyalakan besar-besar di arena olahraga: bekas atlet perenang nasional yg berprestasi itu membawa obor mengelilingi stadion menuju --
kalifornium ka.li.for.ni.um [n Kim] unsur yg semua isotopnya bersifat radioaktif; unsur dng nomor atom 98, lambang Cf, dan bobot atom 252
kalium ka.li.um [n Kim] logam putih perak, lunak, dan mirip lilin; unsur dng nomor atom 19, berlambang K, dan bobot atom 39,102; potasium
kalsium kal.si.um [n Kim] (1) logam putih, menyerupai kristal; unsur dng nomor atom 20, berlambang Ca, dan bobot atom 40,08
karbon kar.bon [n] (1) Kim unsur bukan logam, dl alam terdapat sbg intan, grafit, dan arang; zat arang; unsur dng nomor atom 6, berlambang C, bobot atom 12,0111; (2) kertas tipis berlumas zat hitam untuk membuat tembusan ketikan atau tulisan; (3) Graf batang arang yg dipakai pd lampu busur; (4) elektrode positif pd baterai kering; zat arang
karusi ka.ru.si [n] penyakit yg ditandai dng keinginan hidup hanya untuk bekerja, siang malam spt robot, dan akhirnya membawa kpd kehidupan yg tertekan krn tujuannya untuk mengejar karier dan prestasi, jika tidak tercapai timbul depresi yg berakhir dng bunuh diri: sekarang di negara Barat banyak orang dijangkiti penyakit --
kati ka.ti [n] ukuran berat yg berbobot 61/4 ons
keambrukan ke.am.bruk.an [n] (1) keadaan (hal) ambruk; keruntuhan; kerobohan; (2) kebangkrutan (tt usaha dagang)
kelat ke.lat [n] (1) tali penarik layar perahu; (2) tali untuk menarik pohon yg ditebang supaya roboh [a] sepat (berasa spt rasa pinang, salak mentah, pisang mentah) [n] (1) pohon yg keras kayunya; (banyak macamnya spt -- api, -- kuning, -- merah); Eugenia; (2) kayu kelat [ark a] lekat: setelah mata mereka mulai -- , barulah berhenti berbual , -- bahu n gelang yg dipakai pd lengan atas, terutama pd waktu menari
kepekaan neraca ke.pe.ka.an neraca bobot minimum yg masih dapat ditimbang; selisih bobot yg masih dapat diamati
keruntuhan ke.run.tuh.an [n] keadaan runtuh; kerusakan; kerobohan: kota yg diguncang gempa bumi itu sedang mendekati ~ nya; (2) v tertimpa oleh sesuatu yg runtuh: banyak orang yg mati ~ gedung itu; (3) ki kehancuran; kerusakan
kesembronoan ke.sem.bro.no.an [n] (1) kekuranghati-hatian; (2) kecerobohan
klorin klo.rin [n Kim] unsur halogen yg dipisahkan menjadi gas yg bersifat racun dan berbau menyesakkan, dipakai sebagai zat pemutih dan pembunuh kuman dl air, unsur dng nomor atom 17, berlambang Cl, dan bobot atom 35,453
kobalt ko.balt [n Kim] logam berwarna putih perak, agak merah muda, bersifat mulur, digunakan terutama sbg logam campuran; unsur dng nomor atom 27, berlambang Co, dan bobot atom 58,9332
kolaps ko.laps [v cak] (1) jatuh; roboh; (2) pingsan
kripton krip.ton [n Kim] gas lamban dan terdapat di udara; unsur dng nomor atom 36, berlambang Kr, bobot atom 83,80
kromium kro.mi.um [n Kim] unsur logam berwarna putih perak, bersifat getas dan keras, digunakan sbg campuran besi dl penyepuhan; unsur dng nomor atom 24, berlambang Cr, dan bobot atom 51,996
kukuh ku.kuh [a] (1) kuat terpancang pd tempatnya; tidak mudah roboh atau rusak: benteng yg --; kuat; (2) teguh (tt pendirian, hati, dsb): dl diskusi dia selalu -- pd pendiriannya
kuprum kup.rum [n Kim] logam berwarna kemerah-merahan, bersifat mulur dan mudah ditempa; unsur dng nomor atom 29, berlambang Cu, dan bobot atom 63,546; tembaga
laktoglobulin lak.to.glo.bu.lin [n] protein globulin yg terdapat dl susu dan mempunyai bobot molekul 35.000
lantanum lan.ta.num [n Kim] logam tanah langka yg ditemukan oleh Mousander pd th 1839; unsur dng nomor 57, lambang La, dan bobot atom 138,9055
lapuk la.puk [a] (1) bercendawan krn sudah lama: keranjang bambu ini sudah --; (2) rusak; busuk (krn sudah tua): rumah ini roboh krn tiang-tiangnya sudah --; (3) berhubungan dng penghancuran bahan yg berasal dr tumbuhan dan binatang oleh aktivitas jamur dan jasad renik lain; (4) ki ketinggalan zaman; usang; kolot: orang tua itu masih menganut paham yg sudah -- [Mk v] ber.la.puk-la.puk v (bunyi) bertepuk tangan
lawrensium law.ren.si.um [n Kim] unsur buatan dng nomor atom 103, berlambang Lw, dan bobot atom 257, dibuat pd th 1962 oleh Chiorso dan kawan-kawan di Berkeley
litium li.ti.um [n Kim] logam buah perak yang ditemukan oleh J. A. Arfvedson pd th 1817, lebih keras dp natium, tetapi lebih lunak dp timbal, ulet dan dapat dibuat kawat atau dijadikan lembaran; unsur dng nomor atom 3, berlambang Li, dan bobot atom 6,94,
longgar long.gar [a] (1) tidak sempit (tt lubang, ruangan, dsb); tidak sesak; lapang: kamarku lebih -- dp kamarnya; (2) tidak tepat benar; besar (tt baju dsb): bajunya --; (3) tidak sendat; tidak ketat (tt paku, sekrup, dsb): sekrup yg -- itu perlu dikencangkan; (4) tidak akrab (tt persahabatan dsb); tidak erat: persahabatan kedua anak itu tampak mulai --; (5) tidak terlalu mengikat (tt aturan, undang-undang, dsb); (6) tidak terlalu terbatas (tt pemakaian uang dsb): anggaran belanja tahun ini lebih -- dp tahun lalu; (7) senggang; tidak sibuk: kalau ada waktu -- , marilah ke rumah; (8) tidak ketat (mudah diterobos dsb tt penjagaan dsb): penjagaan di lembaga pemasyarakatan itu agak --
lutetium lu.te.ti.um [n Kim] logam tanah langka yg ditemukan oleh Auer von Welsbach pd th 1905 dan Urbain pd th 1907; unsur dng nomor atom 71, berlambang Lu, dan bobot atom 174,97
magnesium mag.ne.si.um [n Kim] unsur logam berwarna putih perak yg diperoleh dr elektrolisis; unsur dng nomor atom 12, lambang Mg, dan bobot atom 24,305
mandelevium man.de.le.vi.um [n] unsur dng nomor atom 101, berlambang Md, dan bobot atom 256
mangan ma.ngan [n Kim] logam berwarna putih keabu-abuan, bersifat keras dan getas, mirip besi, tetapi tidak magnetis; unsur dng nomor atom 25, berlambang Mn, dan bobot atom 54,938
manjung man.jung [n] suluh atau obor besar (untuk menangkap ikan) [kl n] man.jung.an n perahu mancung: maka segala dandang dan -- pun berlayarlah
memalangi me.ma.langi [v] (1) merintangi jalan; terletak malang pd; meng-halangi: sebatang pohon kenari tua telah roboh dan -- jalan; (2) menyegani; menghormati: orang sekampung -- orang tua yg arif itu [v] (1) memasang palang pd; (2) merintangi
memantrai me.man.trai [v] mengenakan mantra pd: setelah dukun -nya, ia roboh tidak sadarkan diri
membongkar mem.bong.kar [v] (1) mengangkat ke atas: -- sauh; (2) menurunkan muatan dr kapal (kereta api): kuli-kuli kapal itu telah selesai -- muatan; (3) merusak; merobohkan: petugas keamanan berhasil -- rumah (bangunan) liar; (4) menceraikan bagian-bagian mesin: montir sedang -- mesin mobil; (5) membuka dng paksa: kita terpaksa -- peti itu krn kuncinya hilang; (6) mencuri dng merusak pintu (jendela dsb): pencuri itu berhasil -- gudang obat; (7) membuka rahasia: pihak yg berwajib berhasil -- usaha pemalsuan ijazah
mendadung men.da.dung [v] meninabobokan (supaya tidur); mendaduh [v] menambat (mengikat) dng dadung
mendatangi men.da.tangi [v] (1) datang di; mengunjungi; menyinggahi; menghampiri: polisi ~ toko yg dibobol pencuri; (2) datang untuk menyerang: pasukan musuh ~ negeri itu
mendaulat men.dau.lat [v cak] merebut hak (jabatan, kekuasaan) dng tidak sah; menyerobot: mereka ~ tanah-tanah perkebunan dan menanaminya dng palawija; (2) v memecat dng paksa (yg dilakukan oleh orang yg tidak berhak): ~ kepala negara dan mengusirnya ke luar negeri; (3) kl n kehormatan tertinggi yg dimiliki atau diberikan kpd raja atau pangeran yg beragama Islam
mendelevium men.de.le.vi.um [n Kim] unsur buatan yg diperoleh dng mengebom einsteinium dng partikel alfa; unsur dng nomor atom 101, berlambang Md, dan bobot atom 256
menebangi me.ne.bangi [v] memotongi (pohon dsb) sampai roboh; membabati; menebasi
menebasi me.ne.basi [v] memotongi (merambahi) pohon-pohon sampai roboh
menembusi me.nem.busi [v] (1) melubangi (menikam, menusuk, dsb) hingga tembus: tukang itu mampu ~ besi yg tebal dng alat yg sederhana; dng ~ gunung itu, dapatlah air danau ini dialirkan ke sawah-sawah; (2) masuk (seakan-akan melalui lubang): peluru itu ~ dahi sampai ke kepala sebelah belakang; (3) melantas (meresap, merembes): ada jenis sinar yg dapat ~ bagian tubuh manusia; (4) terus sampai (ke luar, timbul): mula-mula air bergenang di situ, lalu ~ ke danau; (5) mendobrak; menerobos: barisan depan kesebelasan kita belum mampu ~ barisan belakang kesebelasan lawan
menganduh pokok kayu meng.an.duh pokok kayu mengikat pokok kayu, lalu ditarik supaya jangan roboh
menganeksasi meng.a.nek.sa.si [v] mengambil dng paksa tanah (wilayah) orang (negara) lain untuk disatukan dng tanah (negara) sendiri; menyerobot; mencaplok
menganvaskan me.ngan.vas.kan [v] memukul roboh sampai tergeletak di kanvas: ia merebut gelar juara setelah ~ lawannya pd ronde ketiga
menggasak meng.ga.sak [v] (1) menerjang (menyepak, menendang): ia ~ kaki lawannya hingga jatuh terjungkal; (2) memukul; menghantam; menggebuk: ia ~ pencopet itu dng tongkatnya; (3) mengambil dng kekerasan; merampas; menyerobot: pencuri berhasil membobol kantor itu dan ~ uang sekitar satu juta rupiah; (4) mengerjakan sesuatu dng kekerasan, cepat-cepat, dsb: anak-anak ~ makanan yg tersedia itu sampai habis
menggulingkan meng.gu.ling.kan [v] (1) mendorong (mengungkit dsb) supaya berguling: ~ batu besar ke bawah; (2) ki menjatuhkan; merobohkan; mengalahkan: pemain bulu tangkis junior itu berhasil ~ pemain senior; (3) Olr menggelundung badan ke depan atau ke belakang (dl cabang olahraga senam) bertumpu pd pundak
menguakkan me.ngu.ak.kan [v] (1) membuka dng menolakkan (menarik) ke kiri ke kanan: ~ kedua daun pintu itu; (2) menembus dng menolakkan ke kiri dan ke kanan (tt kerumunan orang atau barisan); (3) menyibakkan (tt kerimbunan semak dan lalang): ia ~ lalang yg merintangi jalan yg akan dilaluinya; (4) merobohkan: ~ pagar
mengukuhkan me.ngu.kuh.kan [v] (1) menguatkan atau memperkuat (supaya tidak mudah roboh atau rusak): kegunaan tiang beton yg besar adalah untuk ~ bangunan; (2) meneguhkan; menetapkan (hati dsb): kita perlu ~ semangat untuk menyukseskan pembangunan; (3) mengesahkan; menetapkan (tt kedudukan, jabatan): senat guru besar di universitas itulah yg ~ beliau sbg guru besar bidang linguistik
mengulitkan meng.u.lit.kan [v] meninabobokan anak
menidurkan me.ni.dur.kan [v] (1) membawa tidur; membaringkan (meninabobokan dsb) supaya tidur: ia biasa ~ anaknya dng senandung; (2) merebahkan: setelah di rumah ia langsung ~ dirinya di balai-balai
menimpa me.nim.pa [v] (1) jatuh menindih (mengenai) sesuatu: bandela itu jatuh ~ dua orang kelasi yg sedang bekerja di geladak; (2) menjatuhi atau mengenai (terutama tt sesuatu yg tidak menyenangkan, spt penyakit, bencana, dsb): musibah kedua telah ~ hidup saya; angin ~ nya serta melecut tangan dan mukanya dng sambaran dingin air hujan; (3) memukul; mengenakan senjata kpd; (4) mencuri; menyerobot: pencoleng yg kerap kali ~ barang-barang di atas truk, dirazia oleh polisi
menjatuhkan men.ja.tuh.kan [v] (1) menyebabkan, membuat, membiarkan dsb jatuh; melemparkan (membuang) dr atas ke bawah: dialah yg ~ bola itu dr atas genting; (2) menjadikan merosot; menurunkan harga (nilai, nama, dsb): usahanya untuk ~ nama Indonesia di dunia internasional gagal sama sekali; (3) mengalahkan (musuh, negeri, dsb); membangkrutkan (perusahaan, toko, dsb); merobohkan (pemerintah, kabinet, dsb); menjadikan tidak lulus (dl ujian, percobaan, dsb); menyebabkan miskin (turun derajat dsb): sesudah ~ Singapura lalu bersiap-siap hendak menyerang Palembang; (4) mengenakan (kpd); menimpakan (kpd); (5) menempatkan (menunjukkan) kpd; (6) memutuskan (hukuman dsb)
menumbangkan me.num.bang.kan [v] (1) merobohkan (pohon yg besar); (2) ki menjatuhkan (meruntuhkan) kekuasaan, negara, dsb; mengalahkan: pemberontakan itu bermaksud untuk ~ kekuasaan monarki di negeri itu; prestasinya itu sekaligus ~ rekor sebelumnya
menumpil me.num.pil [v] menunjang (supaya jangan roboh); menyangga; menyokong: bambu itu sekadar untuk ~ pohon pisang yg buahnya terlalu banyak
menyangga me.nyang.ga [v] menahan dr bawah agar tidak roboh dsb; menopang: tukang itu -- kusen pintu dng bambu agar berdiri tegak
menyauk me.nya.uk [v] (1) mencedok; menimba; (2) memegang dan meraih (spt hendak memeluk); (3) menuntut (ilmu, pengetahuan, dsb); (4) memukulkan kaki ke kaki orang lain dr samping; (5) meminjam (uang dsb); (6) mencuri (menyerobot dsb); (7) melempar tali (jerat) untuk menjerat
menyikat me.nyi.kat [v] (1) membersihkan dng sikat: -- baju; -- gigi; (2) menyisir rambut; (3) menggemburkan tanah dng sikat (garu): -- sawah; (4) ki merampas atau menyerobot habis-habisan: penjahat itu telah -- semua perhiasanku; (5) ki menghabiskan sama sekali: kucing -- makanan yg ada di meja
menyinari me.nyi.nari [v] (1) memancarkan cahaya kpd; menerangi dng cahaya; menyalai (dng obor dsb): bulan -- alam; (2) ki memberi terang (keterbukaan di hati, kebenaran, dsb): Alquran telah berhasil -- hatiku yg sedang gelap
menyokong me.nyo.kong [v] (1) menunjang (menyangga) supaya tidak rebah (roboh): bambu itu -- pohon pisang yg hampir roboh; (2) membantu; memberi bantuan (uang, tenaga, dsb): banyak tetangga yg turut -- hidupnya setelah kedua orang tuanya meninggal
merampak me.ram.pak [v] melanggar hingga roboh; melanda; menyerang
merebahkan me.re.bah.kan [n] (1) membuat (menjadikan) rebah; menumbangkan; merobohkan: ~ pohon; (2) membaringkan: dia ~ diri di atas rumput untuk melepaskan lelah; (3) ki menyembelih (binatang): mereka ~ kerbau dan kambing untuk pesta perkawinan itu; (4) ki menggulingkan; menjatuhkan (pemerintah); menggagalkan: ~ pemerintah
merkurium mer.ku.ri.um [n Kim] unsur logam dng nomor atom 80, berlambang Hg; dan bobot atom 200,59; air raksa
meruntuhkan me.run.tuh.kan [v] (1) merusakkan dan merobohkan; menjatuhkan; menerbankan: bom yg dahsyat itu telah ~ puluhan gedung di kota itu; (2) menyebabkan runtuh (gugur, longsor): hutan itu menjaga air hujan supaya tidak ~ tanah di lereng gunung; (3) ki menjatuhkan (merusakkan, menghancurkan) kekuasaan, pertahanan, pemerintahan, dsb: segala usaha untuk ~ pertahanan musuh itu telah gagal; (4) ki menghancurkan cita-cita (iman): akibat memakai narkoba, ia telah ~ cita-citanya menjadi seorang dokter
mineral ringan mineral yg berbobot ringan dan berwarna cerah, msl kuarsa, kalsit, mika
miring mi.ring [a] (1) berkenaan dng sisi yg satu lebih tinggi dr sisi yg lain (tt garis atau permukaan) rendah sebelah; tidak datar; landai: cerobong ini -- sedikit; (2) tidak tegak lurus; condong: cerobong kapal itu -- ke belakang; (3) senget: kapal yg bocor itu -- ke kanan; (4) ki agak gila; kurang waras; sinting: orang itu sudah -- (otaknya); (5) ki agak murah: harga barang-barang di koperasi lebih -- dp di toko
mol [n] kuantitas dr senyawa atau unsur yg mempunyai bobot dl gram sama dng bobot molekul; gram molekul
molibdenum mo.lib.de.num [n Kim] logam berat abu-abu; unsur dng atom 42, berlambang Mo dan bobot atom 95,94
monster mon.ster [n] contoh barang dagangan untuk dinilai mutunya (bobotnya, warnanya, dsb) [n] (1) binatang, orang, atau tumbuhan yg bentuk atau rupanya sangat menyimpang dr yg biasa; (2) makhluk yg berukuran luar biasa (sangat besar); (3) makhluk yg menakutkan, hanya terdapat dl dongeng, spt ular naga raksasa
natrium nat.ri.um [n Kim] logam alkali lunak, berwarna putih perak; unsur dng nomor atom 11, berlambang Na, dan bobot atom 22,9898
neodimium ne.o.di.mi.um [n Kim] logam tanah langka yg ditemukan Auer von Welsbach pd tahun 1885; unsur dng nomor atom 60, berlambang Nd, dan bobot atom 144,24
neon ne.on [n] (1) Kim gas yg ditemukan dl udara, tidak bergerak dan tidak berwarna, dapat memberikan panas dan sinar pd tabung vakum; unsur dng nomor atom 10, berlambang Ne, dan bobot atom 20,179; (2) lampu listrik berbentuk tabung yg berisi gas neon
neptunium nep.tu.ni.um [n Kim] unsur dng nomor atom 93, berlambang Np, dan bobot atom 237
nikel ni.kel [n Kim] unsur logam berwarna putih perak, bersifat lentur; unsur dng nomor atom 28, berlambang Ni, dan bobot atom 58,71
niobium ni.o.bi.um [n Kim] unsur kimia dng nomor atom 41, berlambang Nb, dan bobot atom 92,9064
nitrogen nit.ro.gen [n Kim] gas tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, dan tidak beracun; unsur dng nomor atom 7, berlambang N, dan bobot atom 14,0067
nobelium no.be.li.um [n Kim] unsur radioaktif dng nomor atom 102, berlambang No, dan bobot atom 254
oksigen ok.si.gen [n Kim] gas dng rumus O2, tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau, merupakan komponen dr kerak bumi; zat asam; unsur dng nomor atom 8, berlambang O, dan bobot atom 15,9994
olek [v] , meng.o.lek v meninabobokan
osmium os.mi.um [n Kim] logam keras, berwarna putih kebiru-biruan; unsur dng nomor atom 76, berlambang Os, dan bobot atom 190,2
paladium pa.la.di.um [n Kim] logam mulia berwarna putih perak, bersifat mulur dan mudah ditempa; unsur dng nomor atom 46, lambang Pd, dan bobot atom 106,4
panco pan.co [v] , ber.pan.co v beradu kekuatan tangan (tolak-menolak atau roboh-merobohkan tangan); main panco
papas pa.pas , me.ma.pas v melucuti atau menanggalkan (pakaian, kemah, kajang, gambar-gambar di dinding, dsb); (2) mengambili msl untuk dibawa pergi; menyerobot: perampok itu telah ~ perhiasan dan barang-barang berharga korban [v] ber.pa.pas.an v bertemu bersebelah jalan atau dr dua arah yg berlawanan: mobil dokter itu ~ dng sebuah ambulans di pintu gerbang rumah sakit
parafin pa.ra.fin [n ] (1) lilin putih dng bobot jenis 0,890 dan titik leleh 47oC-66oC yg tidak larut dl air, tetapi larut dl pelarut organik, merupakan campuran hidrokarbon yg jenuh secara alamiah, terdapat di dl gambut, arang, dan terutama dl minyak bumi; (2) campuran hidrokarbon, digunakan untuk membuat lilin penerang dan sbg bahan pelapis yg kedap air
paragon pa.ra.gon [n] (1) intan dng bobot lebih dr 100 karat; (2) orang atau benda dng kualitas sangat tinggi
pelir kambing tumbuhan memanjat, ramping, tangkainya berwarna cokelat, tumbuh di rawa-rawa dekat laut atau di tepi sungai, hidupnya bergantung pd pasang surut air, kulit buahnya dapat dimanfaatkan sbg manisan; Sarcolobus globosus; -- musang tumbuhan, Fragroea auriculata; -- tikus tanaman pohon, Drypetes
pemapasan pe.ma.pas.an [n] proses, cara, perbuatan penyerobotan; perampasan; penjarahan
pemudik pe.mu.dik [n] orang yg pulang ke kampung halaman (udik): sekitar 80% -- ke Yogyakarta adalah orang Wonosobo
penembusan pe.nem.bus.an [n] proses, cara, perbuatan menembus; penerobosan: untuk ~ bukit sepanjang 500 m itu diperlukan biaya besar dan peralatan modern
penetrasi pe.net.ra.si [n] penerobosan; penembusan; perembesan: -- kebudayaan luar mempengaruhi daerah itu
pengampu peng.am.pu [n] (1) penyangga; penyokong; penopang: panggung darurat itu roboh krn ~ nya patah; (2) (orang) yg memerintah (negeri, kerajaan, dsb); (3) orang yg menjaga keselamatan orang lain; wali; orang tua; pembimbing; (4) ki orang yg mengangkat-angkat (suka menyanjung) seseorang
penunjang pe.nun.jang [n] (1) alat untuk menunjang berupa kayu dsb agar tidak roboh; penopang; penahan; (2) pemberi tunjangan (uang dsb) penyokong; (3) dana (sarana) yg akan memperlancar (usaha dsb): lancarnya arus lalu lintas merupakan sarana ~ bagi perwujudan meningkatkan sektor perdagangan; (4) orang yg memihak kpd salah satu pihak yg bertanding (dl pertandingan olahraga dsb); suporter
penyaukan pe.nya.uk.an [n cak] penyerobotan
penyokong pe.nyo.kong [n] (1) tiang dsb yg digunakan sbg penunjang (penyangga, penopang) pohon dsb supaya tidak roboh (rebah): -- pohon itu dibuat dr bambu; (2) orang yg menyokong; penderma
pepek pe.pek [n] taruh luar (tt main dobolo dsb); taruhan antara dua orang (pemain dan penonton) di luar taruhan kpd bandar [n kas] kemaluan perempuan [a] licin spt silinder
permobilan per.mo.bil.an [n] perihal mobil; yg berkaitan dng mobil: terobosan baru -- dapat disaksikan dl pameran itu
pipa pi.pa [n] (1) barang yg bentuknya bulat panjang, tengahnya berongga dr ujung ke ujung, digunakan untuk mengalirkan barang cair atau gas; pembuluh; buluh-buluh: -- air; -- minyak; (2) alat untuk menyambung rokok (dibuat dr tulang, gading, dsb): -- rokok; -- tembakau; (3) cerobong: -- pabrik gula
pipa pabrik cerobong
pitingan pi.ting.an [n] cara (hasil) memiting: ia merobohkan lawan dng teknik ~ yg baru dipelajarinya
platinum pla.ti.num [n Kim] logam mulia berwarna abu-abu; platina; unsur dng nomor atom 78, lambang Pt, dan bobot atom 195,09;
plumbum plum.bum [n Kim] logam lunak berwarna abu-abu, terdiri atas isotop dng nomor massa 203-210; timbel; unsur dng nomor atom 82, lambang Pb, dan bobot atom 207,22
plutonium plu.to.ni.um [n Kim] unsur logam radioaktif dng nomor atom 94, lambang Pu, dan bobot atom 242
polonium po.lo.ni.um [n Kim] logam radioaktif; unsur dng nomor atom 84, lambang Po, dan bobot atom 210
praseodimium pra.se.o.di.mi.um [n Kim] logam tanah langka berwarna kuning kehijauan; unsur dng nomor atom 59, berlambang Pr, dan bobot atom 140,9077
prometium pro.me.ti.um [n Kim] logam tanah langka yg semua esotopnya yg dikenal ternyata radio aktif, merupakan hasil pembelahan uranium; unsur dng nomor atom 61, lambang Pm, dan bobot 145
protaktinium pro.tak.ti.ni.um [n Kim] unsur yg semua isotopnya radioaktif, terdapat secara alamiah dan buatan; unsur dng nomor atom 91, lambang Pa, dan bobot atom 231,0359
protein pro.te.in [n] kelompok senyawa organik bernitrogen yg rumit dng bobot molekul tinggi yg sangat penting bagi kehidupan; bahan organik yg susunannya sangat majemuk, yg terdiri atas beratus-ratus atau beribu-ribu asam amino, dan merupakan bahan utama pembentukan sel dan inti sel; zat putih telur
pukulan datar pu.kul.an datar [Olr] suatu pukulan yg keras, tetapi bukan smes (dl bulu tangkis, tenis); ~ mematikan pukulan yg dapat mematikan (merobohkan) lawan (dl pertandingan tinju): saya tidak menduga kalau dia memiliki ~ mematikan sekeras itu
punca pun.ca [n] (1) ujung (tali, benang, obor, dsb); ujung atau sudut kain (selendang, sebai, dsb) yg lepas atau terjulai; (2) tingkat permulaan (tt pengetahuan); pengantar (ilmu pengetahuan dsb): buku -- bahasa Jepang; (3) pangkal (asal mula, lantaran); pokok (pembicaraan dsb): -- perselisihan yg sukar diselesaikan; (4) sumber (berita, penghidupan, dsb): kabar-kabar kita peroleh dr -- yg layak dipercaya [n] -- beliung angin puting beliung; olakan angin: tiba-tiba turun angin -- beliung
radak ra.dak [v] tohok (dr arah bawah, biasanya dng tombak); tusuk [Mk] , me.ra.dak v (1) berjalan melanggar; (2) menerobos; menyerang; mendobrak
radium ra.di.um [n Kim] logam radioaktif berwarna putih, bersinar, dan dapat menembus benda keras; unsur dng nomor atom 88, berlambang Ra, dan bobot atom 226,0254
rampak ram.pak [a] (1) berdahan atau bercabang banyak dan panjang memapar (spt pohon ketapang); (2) ki banyak pakaian dan perhiasan yg dikenakan: pakaian pengantin perempuan lebih -- dp pakaian pengantin lelaki [ark v] tumbang atau roboh (krn dilanggar dsb) [a] terdengar rapi; teratur; laras (tt bunyi-bunyian, tetabuhan)
ranap ra.nap [a] (hampir) rata dng tanah (krn tumbang, roboh, dsb): rumah itu -- dilanda angin puting beliung [Mk a] sunyi: daerah terpencil itu sangat --
ratna pakaya tumbuhan yg daunnya dapat disayur, Gomphrena globosa; (2) ki jantung hati
rebah re.bah [v] bergerak dr posisi berdiri ke posisi jatuh dan terbaring (spt orang, pohon); terletak berbaring; roboh; tumbang: banyak pohon yg -- ditiup angin kencang itu; membawa (memberi) -- , menggagalkan (menjatuhkan)
renium re.ni.um [n Kim] logam mulia; unsur dng nomor atom 75, lambang Re, dan bobot atom 186, 207
reruntuhan re.run.tuh.an [n] runtuhan barang yg telah roboh (rusak, jatuh, dsb); sisa-sisa bangunan yg rusak; puing; runtuhan-runtuhan: dikais-kaisnya ~ yg sudah menjadi puing itu untuk mencari sisa-sisa yg masih dapat dipakai
retas re.tas [a] sudah putus benang jahitannya; terbuka jahitannya (kelimnya dsb): jangan memakai pakaian yg sudah -- [n Geo] tubuh batuan beku yg menerobos dng memotong batuan lain
reyot re.yot [a] sudah sangat rusak dan akan roboh (tt gubuk, kursi, meja)
ringan ri.ngan [a] (1) dapat diangkat dng mudah; sedikit bobotnya; enteng: kayu ini --; (2) ki tidak membahayakan; tidak parah: lima orang luka --; (3) ki mudah dikerjakan: pekerjaan itu -- sekali; (4) ki sedikit (tidak besar) jumlahnya: pajaknya --; (5) ki sebentar (tidak lama): hukumannya -- , tidak berat
rodium ro.di.um [n Kim] logam putih abu-abu dan mulur termasuk golongan platinum; unsur dng nomor atom 45, lambang Rh, dan bobot atom 102,9055
rompak rom.pak [v] , me.rom.pak v merampok atau menyamun di laut [v] , me.rom.pak v merobohkan; merusakkan: perampok dng mudah ~ pintu
ronde ron.de [n] babak pd pertandingan tinju: ia berhasil memukul roboh sang juara tinju dunia pd -- kedelapan
rubidium ru.bi.di.um [n Kim] logam alkali berwarna putih, bersifat lunak mirip kalium; unsur dng nomor atom 37, lambang Rb, dan bobot atom 85,4678
rubuh ru.buh [Lihat {roboh}]
runtuh run.tuh [v] (1) roboh krn rusak dsb (tt bangunan); jatuh ke bawah atau terban krn rusak (tt barang yg berat-berat): gedung yg megah itu -- krn gempa bumi; (2) jatuh; gugur (tt buah): mendapat durian --; (3) gugur atau longsor (tt tanah, lereng gunung): lereng gunung itu -- dan menutupi jalan raya; (4) ki rusak atau hancur sama sekali (tt kekuasaan, pertahanan, dsb): kekuasaan negara-negara kolonial telah --
rusuh ru.suh [a] (1) tidak aman krn banyak gangguan keamanan (spt pencurian, perampokan, pembegalan): pd malam hari tidak ada kendaraan yg berani lewat di daerah yg -- itu; (2) kacau; ribut; gaduh; huru-hara: di negara yg -- itu sering timbul pemberontakan; (3) tidak sopan (tt kelakuan, perkataan, dsb); ceroboh: perkataannya kasar dan --; (4) sangat kasar (tt permainan bola): kesebelasan kita tidak bermain -- spt mereka; (5) tidak beraturan; tidak menurut aturan: anak ini -- makannya, apa saja dimakannya [a] selalu gelisah (khawatir, sedih, susah), tidak tenteram hatinya: tenanglah jangan lekas -- hati
rutenium ru.te.ni.um [n Kim] logam langka dr golongan platinum, berwarna abu-abu dan bersifat getas; unsur dng nomor atom 44, lambang Ru, dan bobot atom 101,07
ruterfordium ru.ter.for.di.um [n Kim] nama yg diusulkan oleh para ilmuwan Amerika Serikat untuk unsur radioaktif; unsur dng nomor atom 104, lambang Rf, dan bobot atom 261
samarium sa.ma.ri.um [n] logam tanah yg langka, berwarna putih keabu-abuan; unsur dng nomor atom 62, berlambang Sm, dan bobot atom 150,4
sangku sang.ku [n] mangkuk (dr tembaga, kuningan, dsb) tempat air untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan; kobokan
sebat se.bat [Jk a] cepat; tangkas [a] susah bernapas spt orang yg menderita penyakit asma; (2) Dok sesak napas krn hidung atau tenggorokan tersumbat [v] , me.nye.bat v (1)memukul dng barang yg kecil dan tidak kaku: ia -- anaknya dng rotan; (2) cak mencuri (menyerobot, mencopet, dsb): laki-laki yg -- dompet wanita itu tertangkap
sekali pukul se.ka.li pukul sekali berbuat (bertindak dsb) sehingga ...: dng ~ pukul, robohlah jagoan itu
selenium se.le.ni.um [n Kim] unsur dng nomor atom 34, berlambang Se, bobot atom 78,96
sembrono sem.bro.no [a cak] (1) kurang hati-hati; gegabah: kerjakan baik-baik, jangan --; (2) kurang sopan; agak kurang pantas (perbuatannya); berjenaka (tapi kurang sopan); ceroboh: memang ia sangat -- thd wanita; (3) secara sembarangan saja: itulah kalau -- memilih istri
seng [n] (1) unsur logam dng nomor atom 30, berlambang Zn, dan bobot atom 65,38; (2) besi tipis yg berlapis timah (supaya tidak mudah berkarat) untuk atap dsb: mereka membuat gudang padi beratap -- agar tidak bocor
sepuk se.puk [v] me.nye.puk v (1) membuang (melemparkan) begitu saja; (2) menyerobot
serium se.ri.um [n Kim] logam tanah langka, berwarna abu-abu, mulur, dan mudah ditempa; unsur dng nomor atom 58, berlambang Ce, bobot atom 140,12
serombong se.rom.bong [n] (1) benda yg bentuknya spt tabung atau pem-buluh (sbg penyambung pd ujung seruling, kaki meja, dsb); (2) cerobong; pipa asap; semprong
sesium se.si.um [n Kim] logam putih perak, lunak, dan mirip natrium; unsur dng nomor atom 55, berlambang Cs, bobot atom 132,9055
sigi si.gi [n] suluh atau obor dibuat dr kayu berdamar atau dr bilah-bilah bambu [v] , me.nyi.gi v menjolok (mencungkil, mengorek) lubang atau liang
silikon si.li.kon [n Kim] unsur bukan logam dr golongan karbon, terdapat dl beberapa bentuk (spt amorf, mirip grafit, mirip intan), ditemukan dl kerak bumi sbg silikat; unsur dng nomor atom 14, berlambang Si, dan bobot atom 28,086
skandium skan.di.um [n Kim] logam langka golongan aluminium; unsur bernomor atom 21, berlambang Sc; dan bobot atom 44,9559
sokong so.kong [n] tiang dsb yg dipasang miring untuk menyangga sesuatu agar tidak rebah (roboh)
sokongan so.kong.an [n] (1) alat yg menyokong; penunjang; penyangga: kalau tidak diberi -, pohon itu pasti roboh; (2) hasil menyokong; tunjangan; bantuan (uang dsb): pergerakan kemerdekaan Indonesia mendapat -- masyarakat; (3) yg disokongkan
solid so.lid [a] (1) kuat; kukuh; berbobot: organisasi itu terkenal sbg organisasi yg --; (2) padat; berisi: anak laki-laki sangat -- tubuhnya
soliditas so.li.di.tas [n] keadaan (sifat) solid (kukuh, berbobot, dsb): perusahaan asuransi ini telah memperoleh kepercayaan masyarakat penuh -- dan profesionalisme
sompok som.pok , ter.som.pok v bertemu (berjumpa) dng tiba-tiba; tersobok: pencuri itu melawan ketika -- dng peronda
stanum sta.num [n Kim] logam berwarna putih keperak-perakan, bersifat lentur dan mudah ditempa; timah; unsur dng nomor atom 50, berlambang Sn, dan bobot atom 118,69
stibium sti.bi.um [n Kim] metaloid berwarna putih kebiruan, getas, dan permukaannya berkilap spt logam; antimonium; batu serawah; unsur dng nomor atom 51, berlambang Sb, dan bobot atom 121,75
strontium stron.ti.um [n Kim] logam alkali tanah, kristalin, dan berwarna putih perak; unsur dng nomor atom 38, berlambang Sr, bobot atom 87,62
suar su.ar [n] (1) nyala api (suluh, pelita) untuk tanda (isyarat): memberi -- , memberi tanda isyarat dng suar; (2) obor atau suluh untuk memikat ikan; (3) Lay mercu suar
sulfur sul.fur [n Kim] massa getas berwarna kuning, tetapi juga dapat berbentuk lain, msl kristal bening; belerang; unsur dng nomor atom 16, berlambang S, dan bobot atom 32,06
suluh su.luh [n] (1) barang yg dipakai untuk menerangi (biasa dibuat dr daun kelapa yg kering atau damar); obor; (2) kl pengintai; penyelidik; mata-mata; penyuluh
superfisial su.per.fi.si.al [a] (1) Dok berkaitan dng atau terletak di dekat permukaan (tt luka dsb); (2) tidak berbobot (tt buku dsb); tidak akrab (teman dsb)
taban merah [Palaquium gutta; ] -- putih Palaquium obovatum; -- sutra Palaquium oxleyanum
talium ta.li.um [n Kim] logam beracun, berwarna putih kebiruan; unsur dng nomor atom 81, berlambang Tl, dan bobot atom 204,37
tandukan tan.duk.an [n] hasil menanduk; hasil menyundul (bola): ~ nya berhasil membobolkan gawang lawan
taptu tap.tu [n] (1) tanda (dng bunyi trompet dsb) pd malam hari untuk memanggil prajurit supaya pulang ke asramanya; (2) berbaris dng menggunakan irama musik pd malam hari sambil membawa obor
tara ta.ra [n] yg sama (tingkatnya, kedudukannya, dsb); banding(an); imbangan: tiada -- nya; sukar dicari [n] (1) selisih antara berat bruto dan neto: berat bruto 100 kg, neto 90 kg, -- 10 kg; (2) potongan harga barang yg dinyatakan dng persen (uang, bobot) dng pengganti pembungkusnya (petinya dsb): tiap peti diperhitungkan -- nya 5% [n] alat dr kayu yg berpaku untuk membuat garis pd kayu; lampau [n] gambaran; angan-angan; imaji: mereka sudah dikuasai oleh -- bahwa Pulau Bali memang sangat indah dan memepesona
telur beku telur yg didinginkan sampai beku agar tahan lama dan tidak busuk (rusak); -- belalang rumput yg tumbuh agak tinggi untuk makanan lembu, Sporobolus diander
tembus tem.bus [v] (1) berlubang sampai ke sisi yg lain; tembuk: meskipun berlapis baja, -- juga oleh peluru; (2) masuk sampai (ke luar) ke; melantas: pisau yg ditusukkan ke dadanya -- sampai ke tulang belikat; (3) merembes (meresap) ke sisi yg lain: adukan tembok yg berbatasan dng kamar mandi harus lebih tebal dan lebih banyak semennya agar tidak -- ke kamar sebelahnya; disarapi kain karet agar air kencing jangan -- ke kasur; (4) terobos (tt barisan, pertahanan, dsb): pertahanan yg terdepan sudah --; (5) kena benar (tt dugaan, ramalan, dsb): -- terkaannya
terbium ter.bi.um [n Kim] logam tanah langka yg ditemukan oleh Monsander; unsur dng nomor atom 65, berlambang Tb, bobot atom 158,9254
terjerahap ter.je.ra.hap [v] (1) jatuh tertiarap (tertelungkup); terjerembap; (2) roboh dng atap rata di atas tanah (tt rumah)
terombol te.rom.bol [Jw v] me.ne.rom.bol v menerobos; melantas: lampu merah sudah menyala, tetapi mobil itu masih mau ~ juga
terpaku ter.pa.ku [v] (1) sudah dipaku: peti-peti barang yg akan dikirimkan semuanya ~; (2) ki diam berdiri di tempat, tidak sempat bereaksi: penjaga gawang itu ~ ketika tendangan bola lawan mendadak membobolkan gawangnya; (3) ki berdiri (duduk) tidak bergerak-gerak: ia duduk ~ sambil memikirkan nasibnya; (4) ki melekat; tertanam: pesan ibunya sudah ~ di sanubarinya; (5) ki terhenti; terbenam; tertuju: perhatiannya ~ pd masalah yg satu itu saja
timbel tim.bel [n Kim] logam lunak berwarna abu-abu, dipakai untuk paduan membuat huruf (pd percetakan); plumbum; unsur dng nomor atom 82, lambang Pb dan berbobot atom 207,21 [Sd n] bekal berupa nasi dan lauk-pauknya yg dibawa dl perjalanan dsb: dia biasanya membawa -- ke sawah
titanium ti.ta.ni.um [n Kim] logam berwarna kelabu tua dan amorf; unsur dng nomor atom 22, berlambang Ti, dan bobot atom 47,9
tonase to.na.se [n] (1) Lay kapasitas ruang muat dl kapal, diukur dl ton (1 ton = 1m3); (2) daya angkut muatan kapal dinyatakan dl ton (1 ton = 1.000 kg): -- kapal Kuala Deli 325 ton; (3) ukuran besarnya kapal dinyatakan dl ton (1 ton = 2,83 m3): kapal tanker itu berukuran 200 ribu --; (4) bobot air laut dl ukuran ton (35 kaki kubik) yg dipindahkan oleh bagian kapal yg berada di dl air
torium to.ri.um [n Kim] logam berwarna kelabu tua dan radioaktif; unsur dng nomor atom 90, berlambang Th, bobot atom 232,0388
tukang tu.kang [n] (1) orang yg mempunyai kepandaian dl suatu pekerjaan tangan (dng alat atau bahan yg tertentu): -- batu, -- besi, -- kayu; (2) orang yg pekerjaannya membuat (menjual, memperbaiki, dsb) sesuatu yg tentu: -- daging (sayur, susu); -- arloji; -- pedati (gerobak, becak); (3) orang yg pekerjaannya melakukan sesuatu secara tetap: -- pangkas (cukur); -- las; -- jahit; -- masak; -- cetak; (4) orang yg biasa suka melakukan sesuatu (yg kurang baik): -- mabuk; -- serobot; -- copet; -- tadah; -- catut; (5) cak ahli (untuk mencemoohkan): -- menciptakan sajak; -- pidato
tulium tu.li.um [n Kim] logam tanah yg ditemukan oleh Cleve dan Soret secara terpisah pd th 1879; unsur dng nomor atom 69, berlambang Tm; bobot atom 168,9342
tungsten tung.sten [n Kim] logam berat berwarna kelabu kehitam-hitamanan, keras, dan getas; wolfram; unsur dng nomor atom 74, berlambang W, dan bobot atom 183,85
ulit [v] ber.u.lit v (1) bertiduran sambil meninabobokan anak; (2) tidur bersama-sama (dng) [Mk a] tidak mudah atau tidak mau (membayar utang): kalau kita -- dng utang, kepercayaan orang akan hilang
uranium ura.ni.um [n Kim] logam berwarna keperak-perakan, bersifat mulur dan dapat ditempa, mudah dibuat berkilat, tetapi lekas suram, sangat radioaktif; unsur dng nomor atom 92, berlambang U, dan bobot atom 238,029
usur patol usur pa.tol [n] pengambilan hak milik orang lain secara sewenang-wenang; penyerobotan
vanadium va.na.di.um [n Kim] logam langka berwarna keabu-abuan, bersifat mulur dan dapat ditempa; unsur dng nomor atom 23, berlambang V, dan memiliki bobot atom 50,94
volume vo.lu.me [n] (1) isi atau besarnya benda dl ruang; (2) tingkat kenyaringan atau kekuatan (tt bunyi, suara, dsb); (3) banyaknya; besarnya; bobot (tt ekspor, pekerjaan, dsb): -- ekspor tahun ini melebihi -- ekspor tahun yg lalu; -- pekerjaan meningkat pd akhir tahun anggaran
xenon xe.non [n Kim] gas mulia, tidak berbau dan tidak berwarna, terdapat dl jumlah kecil di udara, biasa digunakan dl tabung lampu khusus; unsur dng nomor atom 54, berlambang Xe, dan bobot atom 131,30
zirkonium zir.ko.ni.um [n Kim] logam tanah langka, berwarna putih perak kristalin atau kelabu amorf, tahan thd korosi; unsur dng nomor atom 40, lambang Zr, dan bobot atom 91,22
zoetrop zo.e.trop [n] peranti untuk menimbulkan kesan gerakan; stroboskop

Jika informasi mengenai "obo" ini bermanfaat, sila bagikan ke teman atau simpan di akun media sosial memakai menu berikut.

Pertanyaan, Kritik dan Saran

Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik, atau laporan kesalahan penulisan, dll. Baik mengenai halaman ini, atau mengenai kamus ini, silakan memakai formulir di bawah.

Terkait

Tentang KBBI Edisi III

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring

Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan atau KBBI daring merupakan versi online dari KBBI edisi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2008.

Kamus ini memuat 78.000 lema. Isi (kata dan arti) dalam kamus ini merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa).

Kamus Lainnya

Berikut adalah daftar kamus lain yang ada di Rebanas