Arti kata/frase "obeng sok" menurut KBBI Edisi III

Pranala (link): http://artikankata.com/kbbi-edisi-iii/obeng-sok

Halaman ini menjelaskan kata atau frase obeng sok menurut KBBI Edisi III

obeng sok: obeng ketok

Lebih lanjut mengenai obeng sok

obeng sok terdiri dari 2 suku kata. Kata tersebut mempunyai 298 kata terkait yakni sebagai berikut:

obeng [n] alat untuk memutar sekrup /obEng/, meng.o.beng Jw v bekerja sbg perajin pd perusahaan batik
sok [n] (1) kaus kaki panjang; (2) penyambung pipa besi [Lihat {syok}] [Jk adv] (1) berlagak (suka pamer dsb); (2) merasa mampu dsb, tetapi sebenarnya tidak: -- tahu
obeng sok obeng ketok
obeng kembang obeng yg ujungnya berbentuk silang
obeng ketok obeng berulir yg pengoperasiannya dng cara dipukul terlebih dahulu -- pipih obeng yg ujungnya berbentuk pipih
soklat sok.lat [Lihat {cokelat}]
soka so.ka [n] angsoka (tanaman hias)
sokongan so.kong.an [n] (1) alat yg menyokong; penunjang; penyangga: kalau tidak diberi -, pohon itu pasti roboh; (2) hasil menyokong; tunjangan; bantuan (uang dsb): pergerakan kemerdekaan Indonesia mendapat -- masyarakat; (3) yg disokongkan
sokah so.kah [ark a] suka menghamburkan uang; boros
soker so.ker [n Olr] permainan sepak bola (terutama di Amerika)
soket so.ket [n] (1) lubang pd suatu bagian alat tempat melekat sesuatu; (2) penyambung pipa yg berulir dr dalamnya
soko so.ko [Lihat {saka}]
sokom so.kom , ber.so.kom v berlumas dng arang dsb (tt muka)
sokong so.kong [n] tiang dsb yg dipasang miring untuk menyangga sesuatu agar tidak rebah (roboh)
sokong membawa rebah [pb] dikhianati atau dicelakai oleh teman sendiri; -- bangun putri malu, Mimosa pudica [pb] orang kepercayaan yg merusakkan sesuatu yg dipercayakan (diamanatkan) kepadanya
beresok ber.e.sok [adv] besok; esok
bergosok ber.go.sok [v] (1) bergeser; bergesel; bersentuhan dan bergeseran: gajah ~ di batu; kedengaran bunyi kayu ~; (2) (sudah) digosok: ia memakai sepatu yg sudah ~ dan berkilat-kilat
bergosokan ber.go.sok.an [v] saling menggosok
bersosok ber.so.sok [v] (berangsur-angsur) memulai
besok be.sok [n] (1) hari sesudah hari ini; esok hari: hari ini hari Kamis, -- hari Jumat; (2) saat yg akan datang; kelak: menabunglah untuk persediaan hari --
besok lusa dua hari sesudah hari ini; lusa; esok lusa
dongsok dong.sok, men.dong.sok [Sd v] mendesak dng sangat, mendorong maju
gelosok ge.lo.sok [v] , meng.ge.lo.sok v menggosok kuat-kuat; terus-menerus menggosok
gosok go.sok [n Kim] proses mengeluarkan komponen suatu campuran gas dng jalan melewatkan ke arah atas yg berlawanan dng aliran zat cair yg mampu menyerap komponen yg diingini secara memilih; (2) v geser; sentuh; gesek
gosokan go.sok.an [n] (1) yg telah digosok; (2) cara (hasil) menggosok; (3) ki hasutan
hari esok masa yg akan datang: kita harus mewujudkan -- esok yg lebih cerah
kelosok ke.lo.sok [ark v] me.nge.lo.sok v menggosok kuat-kuat
kerosok ke.ro.sok [n] bunyi spt bunyi daun kering terinjak [n] daun tembakau kering yg mutunya kurang baik
kosokbali ko.sok.ba.li [Jw n] (1) lawan; kebalikan; (2) kata yg maknanya berlawanan atau berkebalikan dng kata lain: memberi -- nya menerima
masokhis ma.so.khis [n] seseorang yg diperlakukan secara masokhisme
memasok me.ma.sok [v] (1) membayar pajak; (2) mengadakan persediaan; menyuplai
memasokkan me.ma.sok.kan [v] memasok sesuatu kpd
mempergosokkan mem.per.go.sok.kan [v] menggosokkan
mengesokkan meng.e.sok.kan [v] menangguhkan sampai esok
menggosok meng.go.sok [v] (1) melicinkan (membersihkan, menggilapkan, dsb) dng tangan atau barang yg digeser-geserkan: pemuda itu ~ punggungnya dng obat gosok; kakak sedang ~ sepatu dng semir supaya berkilap; (2) menggesek: ~ biola; (3) mengasah (menggilapkan) batu permata dsb: ~ intan; (4) ki menghasut; membangkit-bangkit marah: kalau tidak ada yg ~ , masakan ia marah
menggosok-gosok meng.go.sok-go.sok [v] berkali-kali menggosok
menggosokkan meng.go.sok.kan [v] memakai sesuatu untuk menggosok; menggosok dng; membiarkan (membuat dsb) supaya bergosokan: ~ batu apung pd kayu
menyosok me.nyo.sok [v] (1) memasang rangka (perahu, rumah, dsb); (2) Mk memulai (membuat, mendirikan)
merosokkan me.ro.sok.kan [v] memasukkan sesuatu (kaki) ke dl lubang: ia pun duduk serta ~ kakinya ke bawah meja rendah itu
pasok pa.sok [n] (1) pembayaran, msl pajak kpd; (2) pengadaan persediaan; perbekalan; suplai
pasokan pa.sok.an [n] (1) yg dipasokkan; (2) cak pasok
pelosok pe.lo.sok [n] tempat yg jauh atau yg tidak mudah didatangi; penjuru: ia mengembara sampai ke -- dunia; orang berdatangan dr seluruh -- kota untuk menonton pertunjukan itu
pemasok pe.ma.sok [n] orang atau organisasi yg memasok
pemasokan pe.ma.sok.an [n] proses, cara, perbuatan memasok(kan)
penggosok peng.go.sok [n] (1) alat untuk menggosok: secarik kain ~ dr wol yg bersih; (2) orang yg menggosok
penggosokan peng.go.sok.an [n] proses, cara, perbuatan menggosok
perosok pe.ro.sok , ter.pe.ro.sok v (1) terjatuh masuk ke dl lubang; teperlus: anak itu ~ ke dl lubang di jalan; (2) ki terjatuh ke dl keadaan yg sukar; (3) ki terjebak (dl perangkap atau jebakan musuh)
pesok pe.sok ? pesuk
rongsok rong.sok [a] rusak sama sekali; bejat: mobilnya sudah -- sejak beberapa lama; moralnya sudah --
rongsokan rong.sok.an [n] yg sudah rusak sama sekali (tt barang); rosokan; rombengan: halaman rumahnya menjadi tempat pembuangan barang ~
rosok ro.sok [v] me.ro.sok v meraba; merogoh: ~ saku [Lihat {rongsok}]
rosokan ro.sok.an n barang-barang yg sudah rusak sama sekali; rombengan; rongsokan
sosok so.sok [n] lubang (pd jerat dsb); lubang kancing baju; kelim (pelipit) yg berlubang (untuk memasukkan tali, tongkat, dsb) [n] (1) bentuk wujud atau rupa; rangka (perahu dsb); (2) bentuk (rupa) tubuh: -- tubuhnya sama spt ayahnya; (3) bayangan badan: baru saja ia keluar, dua -- tubuh mengikuti-nya dr belakang; (4) Mk bakal (ladang, negeri, dsb); permulaan; (5) tokoh; pribadi
angsoka ang.so.ka [n] tanaman berbunga yg biasa dijadikan sbg tanaman hias; Pavetta indica (ada berbagai jenis)
anisokoria an.i.so.ko.ria [n Dok] keadaan tidak samanya diameter kedua pupil; manik mata yg tidak sama besar
basoka ba.so.ka [Lihat {bazoka}]
caping kerosok topi besar terbuat dr bambu dan dianyam halus
esok [n] hari pertama sesudah hari ini
esok hari hari setelah hari sekarang
esok lusa hari kedua setelah hari ini; (2) pd suatu waktu (yg akan datang)
garis isoklin [Geo] garis pd peta yg menghubungkan titik-titik yg mempunyai inklinasi magnet yg sama
infeksi nosokomial [Dok] infeksi yg terjadi ketika penderita dirawat di rumah sakit
infeksi sosokomial [Dok] infeksi yg terjadi selama penderita dirawat di rumah sakit atau infeksi yg diderita oleh seseorang akibat dirawat di rumah sakit
isokal iso.kal [n] garis pd peta yg menghubungkan tempat yg mem-punyai harga nilai kotor batu bara yg sama
isokalori iso.ka.lo.ri [n] ransum yg memiliki jumlah atau nilai kalori yg sama, tetapi jenis dan susunan makanannya berbeda
isokemi iso.ke.mi [a Anat] berkurangnya atau tidak cukupnya darah setempat
isokeraunik iso.ke.rau.nik [n Met] garis pd peta yg meng-hubungkan tempat yg memiliki frekuensi terjadinya badai guntur yg sama
isokor iso.kor [n Fis] grafik yg menunjukkan hubungan dua variabel termodinamik, sedangkan volumenya tetap
isokorik iso.ko.rik [a Fis] dl keadaan volume yg sama atau tetap, baik thd ruang maupun waktu
isokronisme iso.kro.nis.me [n Ling] ciri bahasa bertempo tekanan yg memiliki suku bertekanan dng jarak waktu yg lebih kurang sama, dng akibat suku tak bertekanan berkurang temponya sejalan dng banyaknya yg terdapat di antara dua suku ber-tekanan
keesokan ke.e.so.kan [n] pagi hari sesudah hari tertentu
kelenjar eksokrin kelenjar yg mengeluarkan zat melalui pembuluh ke bagian tertentu
kerosok ular di rumpun bambu [pb] tidak perlu takut akan gertakan atau ancaman orang
kini gatal besok digaruk [pb] pertolongan yg datangnya terlambat
kunci sok kunci berbentuk silinder yg dapat disambung dng tangkai yg letaknya jauh atau di dalam
masokhisme ma.so.khis.me [n] kekejaman atau kekerasan yg memberikan kepuasan seksual pd yg menerimanya (bentuk kelainan seksual)
memusokan me.mu.so.kan [v] (1) membiarkan menjadi puso; (2) ki membiarkan rusak dan tidak memberi manfaat: Pemerintah ~ sejumlah rumah di daerah transmigrasi
pengobeng peng.o.beng [n] pekerja (perajin) pd perusahaan batik
petang esok sore pd hari sesudah hari ini
sosok negeri memulai membuat negeri
tangga sokong tiang dsb yg bertakik-takik untuk memanjat
telunjuk mencocok (merosok [pb] merusakkan (mengambil, mencari, dsb) barang yg sebenarnya harus dijaga
tembakau kerosok daun tembakau yg telah dikeringkan dan tidak diiris (termasuk kualitas rendah)
yg teguh disokong [pb] yg sudah kuat (kaya dsb) dibantu, sedang yg lemah (miskin dsb) digencet
akar rempelas tumbuhan perdu yg merambat, batangnya liat, dibuat tali yg kasar, daunnya kasap, digunakan untuk menggosok kayu; Tetracera scandens
alternator al.ter.na.tor [n] (1) generator elektris yg digunakan untuk menghasilkan arus bolak-balik; dinamo: sarana penerangan daerah itu menggunakan alat diesel yg berjenis --; (2) Fis peranti mekanis, elektris, atau elektromekanis yg memasok arus bolak-balik (rangga)
ampelas am.pe.las [n] (1) pohon yg daunnya kasap untuk menggosok (melicinkan) kayu dsb; Ficus ampelas; (2) kertas yg berlapis serbuk kaca dsb untuk menggosok (melicinkan) kayu, besi, dsb; amril
anu [n] (1) yg tidak disebutkan namanya (orang, benda, dsb): si -- membeli -- di toko --; (2) (untuk menyebutkan) sesuatu yg namanya terlupa atau tidak diketahui: gedung -- yg baru selesai dibangun itu akan diresmikan pemakaiannya besok
apa [pron] kata tanya untuk menanyakan nama (jenis, sifat) sesuatu: ular -- ini?; pohon -- yg kautanam?; (2) pron kata tanya untuk pengganti sesuatu: -- yg dimaksudkan orang itu tadi?; (3) pron kata tanya untuk menanyakan pertalian kekeluargaan: (pernah) -- mu anak itu?; (4) pron pengganti sesuatu yg kurang terang; pengganti barang sesuatu: ia tidak tahu -- isi kotak itu; (5) p hor untuk menghaluskan permintaan: sudi -- lah kiranya Bapak mengabulkan permohonan kami; (6) p cak untuk mendahului kalimat tanya: -- besok ada ulangan? -- tamu itu pamanmu?; (7) p cak atau: mau minum teh -- kopi; jadi berangkat hari ini -- besok
asah [v] gosok dng benda keras (supaya runcing, berkilap, dsb) [v, --] asih asuh mendidik; mencintai; membina
aus [a] susut krn tergosok (kerap dipakai): pisaunya telah --; sepatunya telah --
automaton au.to.ma.ton [n] (1) benda yg bergerak sendiri; (2) mesin atau peranti mekanis yg bergerak serta-merta; sosok mekanis yg bergerak seakan-akan benda hidup; (3) manusia yg berperilaku seperti mesin
balsam bal.sam [n] minyak kental yg mengandung minyak damar dan minyak asiri, terasa panas jika digosokkan pd kulit sbg obat sakit kepala, masuk angin, dsb
bantuan ban.tu.an [n] barang yg dipakai untuk membantu; pertolongan; sokongan: ia mendapatkan -- kredit dr bank
barangkali ba.rang.ka.li [adv] mungkin; boleh jadi; kalau-kalau: dia tidak datang pd hari ini, -- besok; -- ayahmu berangkat hari ini; tanyakanlah -- ia mengerti
batu amril batu penggosok; batu untuk menajamkan atau melicinkan
berasah ber.a.sah [v] sudah diasah; sudah digosok
berdatangan ber.da.tang.an [v] datang ramai-ramai; datang dr berbagai tempat: rakyat ~ dr seluruh pelosok kota
berjaga ber.ja.ga [v] (1) bertugas menjaga (menunggui orang sakit dsb): besok malam aku mendapat giliran ~ di rumah sakit; (2) tidak tidur pd malam hari; bergadang: semalaman ia ~ sehingga di sekolah mengantuk; (3) bersiap-siap; waspada: pasukan kita telah siap dan ~ menghadapi segala kemungkinan
berjatuh ber.ja.tuh [v] memberi derma (sokongan, iuran, dsb): untuk menolong dia, baiklah kita masing-masing ~ Rp5.000,00
berkapar ber.ka.par [v ki] terletak (terhantar, berhanyutan) berserak-serak tidak keruan: pd dini hari itu, ditemukan beberapa sosok mayat ~ di sungai
berkilap ber.ki.lap [v] mengilap; bercahaya; berkilauan; gilap: pelat kuningan itu ~ setelah digosok dng air asam
berkusuk ber.ku.suk [v] menggosok badan dng daun pd waktu mandi: mandi ~ daun kubang
berlayar atas angin ber.la.yar atas angin [pb] mendapat bantuan atau sokongan orang lain
berlulut ber.lu.lut [v] bergosok badan (menggosok badan sendiri) dng lulut
berselang-selang ber.se.lang-se.lang [v] (1) berganti-ganti (bertukar-tukar dng yg lain): drum dan gendang dimainkan -; (2) berantara-antara: Ibu pergi ke pasar -, hari ini pergi besok tidak, lusa pergi, dst
berselang-seling ber.se.lang-se.ling [v] (1) berganti-ganti; sela-menyela: bendera biru -- dng bendera hijau; (2) berantara: Ibu pergi ke pasar -, hari ini pergi besok tidak, lusa pergi, dan seterusnya
bertapakkan ber.ta.pak.kan [v] berdasar(kan); mendapat dukungan (sokongan) dr: kabinet yg tidak ~ sokongan rakyat, tidak akan panjang umurnya
bertemu duga ber.te.mu du.ga [v] bertanya jawab; berwawancara: besok dia boleh ~ dng para calon pekerja yg benar-benar berminat dan berkemampuan
bertopang ber.to.pang [v] (1) memakai topang; disokong; disangga; ditunjang: krn lebat buahnya, pohon pisang itu ~; (duduk) ~ dagu, a (duduk) dagunya disangga dng tangan; b ki melamun; bermalas-malas; (2) bertumpu (pd); berdasar (pd): pendapatnya ~ pd takhayul belaka
berturun ber.tu.run [v] memberikan uang sbg iuran, derma, sokongan, dsb: kita ~ lima ratus rupiah seorang
besut be.sut [v] mem.be.sut v (1) menggosok logam untuk menghilangkan karat (kotoran)nya; (2) ki memperhalus supaya bertambah baik; memperbaiki , mem.be.sut v menyembur (tt darah, air, dsb)
bunga karang binatang laut yg hidup berkumpul menjadi satu, rangkanya merupakan bahan yg elastis, bila dibasahi dapat mengisap air; (2) rangka binatang laut yg dipakai sbg alat untuk menggosok (membersihkan); spons; (3) noda berupa bubuk garam putih pd permukaan bata pd waktu mengering
calak ca.lak [a] (1) pandai bicara; (2) suka turut campur pembicaraan orang; lancang mulut; (3) banyak bicara; bawel [a] (1) bagus; elok; cakap: duhai, -- nian gaun yg dipakai wanita itu; (2) cemerlang [Mk n] alat untuk menggosok intan (pisau dsb)
capai ca.pai [v] men.ca.pai v (1) hendak memegang (dng mengulurkan tangan, belalai, dsb): anak kecil itu mengulurkan tangan hendak ~ stoples di atas meja; ibarat si cebol hendak ~ bulan; (2) sampai (ke): pd keesokan harinya barulah mereka ~ Yogya; beliau hampir ~ usia seratus tahun; (3) menyampaikan (maksud, tujuan, cita-cita, dsb): untuk ~ tujuan itu kita harus bersatu dan berani berkorban; (4) memperoleh (mendapat) sesuatu dng usaha: ia ~ hasil yg memuaskan [a] lelah; letih
ceruk rantau segala penjuru (pelosok)
ceruk-menceruk ce.ruk-men.ce.ruk [v] mencari ke pelosok-pelosok
danta dan.ta [kl n] (1) gigi; gading; (2) putih spt gading: -- yg terupam, gading yg telah digosok
desah de.sah [n] tiruan bunyi barang digosok, air hujan jatuh di daun-daunan, napas orang sakit bengek, dsb
dewasa de.wa.sa [a] (1) sampai umur; akil balig (bukan kanak-kanak atau remaja lagi): tarif pangkas rambut untuk orang -- berbeda dng tarif untuk anak-anak; (2) Tern telah mencapai kematangan kelamin; (3) ki matang (tt pikiran, pandangan, dsb): cara berpikirnya sudah -- [n] waktu, masa (akhir-akhir ini): -- ini pembangunan dilakukan di seluruh pelosok tanah air
drai [n] obeng bintang
dukungan du.kung.an [n] (1) sesuatu yg didukung: ia meletakkan ~ nya; (2) ki sokongan; bantuan: tanpa ~ rakyat pembangunan tidak akan lancar
emas terupam emas yg digosok (diampelas)
faset fa.set [n] (1) permukaan yg tergosok rata (pd permata, kaca, dsb); (2) segi atau bagian (dr suatu pembicaraan)
gahar ga.har [v] meng.ga.har v menggosok kuat-kuat supaya bersih: orang di kampung itu ~ gigi dng pasir halus
galang ga.lang [n] barang yg dipasang melintang (spt bantal, penyangga, ganjal, landasan dr kayu, balok); kayu dsb penunjang atau penopang supaya tinggi atau supaya tidak rebah; kalang , meng.ga.lang v melintang: jika tiada aral ~ , kami akan datang besok [n] ga.lang.an n pematang sawah; galeng
gandapura gan.da.pu.ra [n] tumbuhan perdu, daunnya dipakai sbg campuran obat gosok (minyak -- ); Abelmoschus moschatus
ganyah ga.nyah [v] meng.ga.nyah v (1) menggosok (mengurut dsb) kuat-kuat; menggahar; (2) ki memukul keras-keras
gengsi-gengsian geng.si-geng.si.an [v] suka (sok) bergengsi
gerupuk ge.ru.puk [Mk] , meng.ge.ru.puk v terperosok jatuh: beberapa kali ia ~ ke lumpur
gesek ge.sek [v] , ber.ge.sek v bergosokan; bergesel; bergeseran: bunyinya sbg kayu ~; kalau dua benda selalu ~ , lama-kelamaan aus
gesel ge.sel [v] , ber.ge.sel v bergeseran; bergosokan; kena-mengena: dua cabang yg sepokok kalau rapat ~ juga
geser ge.ser [v] , ber.ge.ser v (1) bergesek; bergesel; bergosokan: dua benda yg ~ menimbulkan panas; (2) beringsut; beralih sedikit: batu besar itu tidak ~ sedikit pun meskipun didorong oleh beberapa orang
gisar gi.sar [v] meng.gi.sar v (1) menggeser; menggosok; (2) memutar; mengisar
gonyoh go.nyoh [v] meng.go.nyoh v menggosok (membersihkan)
hubungan dagang hu.bung.an dagang [Man] usaha timbal balik antara pelanggan dan pemasok (pembekal) untuk meningkatkan manfaat bagi pihak masing-masing
igau-igauan igau-igau.an [a] dl keadaan mengigau; sudah bangun dr tidur tetapi masih mengantuk: ~ berdirilah Masri sambil menggosok-gosok matanya [a] ramai sekali; riuh rendah: kuda itu tidak mau lari krn mendengar suara ~
ingat [v] (1) berada dl pikiran; tidak lupa: saya masih -- nama anak itu; (2) timbul kembali dl pikiran: keesokan harinya saya baru -- nama orang itu; (3) sadar; siuman: pencuri itu dipukuli orang banyak hingga tidak -- akan dirinya; (4) menaruh perhatian; memikirkan akan: ia sudah tidak -- lagi akan kewajibannya; (5) hati-hati; berwaswas: -- , di kereta api banyak tukang copet; (6) mempertimbangkan (memikirkan nasib dsb): kalau tidak -- anak, sudah kubunuh orang itu; (7) cak berniat; hendak: kalau ia -- membaca koran, dibacalah koran
isometrik iso.me.trik /isomEtrik/ (1) a berkenaan dng atau memiliki ukuran yg sama dng yg lainnya; (2) n Fis isokorik
isovolumik iso.vo.lu.mik [n Fis] isokorik
jamur brama jamur berbentuk kerang, berbatang pendek, untuk obat sakit perut, obat kencing nanah, dan obat gosok tulang linu; cendawan merah; Boletus sanguineus; -- karat jamur yg tergolong jenis Pucciniales
jarum-jarum ja.rum-ja.rum [n] tumbuhan semak (sebangsa pohon soka atau angsoka); siantan hutan; Ixora concinna [n] jarum penunjuk ukuran berat pd timbangan
jasa boga ja.sa bo.ga [n] (1) usaha yg melayani pesanan hidangan untuk pesta, pertemuan, dsb; (2) pemasok hidangan untuk pesta, pertemuan, dsb
jerohok je.ro.hok , ter.je.ro.hok v terperosok
kain gerusan kain yg licin setelah digerus (digosok)
kalai ka.lai [Mk] , me.nga.lai v berbaring atau bersandar pd: orang tua itu duduk ~ pd kursi malasnya , me.nga.lai v membersihkan dng cara menggosok (barang yg berkarat dsb): Kakek sedang sibuk ~ keris kesayangannya
kaum halai balai sosok anak muda yg serba aneh (berpotongan rambut petak-petak, botak separuh, berkostum jaket hitam dan celana yg koyak-moyak, bergelang, dan mengenakan bermacam-macam rantai)
kaustiksoda kaus.tik.so.da [n] soda api; soda gosok
kedekik ke.de.kik [Lihat {kedekai}] [n] obat semacam garam yg berwarna hijau untuk mencegah kerusakan gigi: ia setiap hari menggosok gigi dng -- supaya giginya tidak mudah rusak [v] ke.de.kak-ke.de.kik v bekerja membanting tulang
kesel ke.sel [v] me.nge.sel v menggosok
kilir ki.lir [v] gosok; asah [v] ter.ki.lir v terpelecok; tergeliat: kakinya ~ krn jatuh
kucek ku.cek [v] me.ngu.cek-ngu.cek v (1) menggosok-gosok mata dng tangan; (2) menggosok-gosok cucian (supaya bersih) dng tangan
kucur ku.cur, ku.cur.an [n] (1) cucuran; (2) ki bantuan; pertolongan; sokongan: masalah ekonomi ini tidak bisa diselesaikan hanya dng ~ dana dr IMF
kusal ku.sal [v] me.ngu.sal v menggosok-gosok dng mengguling-gulingkan benda bulat (spt sugi tembakau pd mulut); membulat-bulatkan sesuatu dng mengguling-gulingkan di antara kedua telapak tangan: ~ bibir dng sugi; ~ tembakau
kusuk ku.suk [Lihat {khusuk}] [Mk n] daun yg dipakai untuk menggosok badan pd waktu mandi [v] me.ngu.suk v mengusap-usap (menggosok-gosok) badan agar terlelap
lap [n] penggosok (biasanya dr kain); penyeka; penghapus [n] putaran (dl balap mobil atau motor): pd beberapa -- pertama ia memimpin di tempat teratas [n] jarak sepanjang kolam renang
lelas le.las [a] (1) licin atau rata (krn digosok, diiris, dsb); (2) lecet (tt kulit)
linang li.nang , ber.li.nang v (1) meleleh (tt air mata): air matanya ~; (2) tampak berkilap; berkilau-kilauan: rambutnya ~ krn digosok dng minyak
lokal lo.kal [n] ruang yg luas: sekolah itu terdiri atas tujuh --; (2) a terjadi (berlaku, ada, dsb) di satu tempat, tidak merata; setempat: Jawatan Meteorologi dan Geofisika meramalkan bahwa besok akan turun hujan --; (3) a di suatu tempat (tt pembuatan, produksi, tumbuh, hidup, dsb); setempat: kualitas tekstil produksi -- sudah tidak kalah dng produksi luar negeri
lulus lu.lus [v] (1) dapat masuk atau lalu (ke dalam atau dr lubang dsb): benang sebesar itu tidak dapat -- ke lubang jarum yg kecil itu; (2) dapat lepas atau lucut (spt gelang dr tangan atau cincin dr jari): setelah dibasahi dng air sabun, cincin itu dapat -- dr jarinya; (3) terperosok masuk (spt kaki ke dl lantai bambu dsb); (4) berhasil (dl ujian); dapat melalui dng baik (dl menghadapi segala cobaan): dl ujian itu tiga orang dinyatakan --; (5) diperkenankan; terkabul (tt permohonan, permintaan, dsb): permintaannya sudah --; (6) hilang lenyap: rumahnya -- tertimbun tanah longsor; (7) lelap, tidak dapat ditebus lagi (tt barang gadai): cincin yg digadaikan sudah --
lusa lu.sa [n] hari sesudah besok; hari yg ketiga sesudah hari ini
main sabun menggosok-gosok kelamin dng sabun untuk merangsang syahwat; onani (bagi laki-laki); (2) ki makan suap; (3) bertindak tidak jujur (dl permainan krn ada suap)
majong ma.jong [Jk n] kain untuk menggosok mesin dsb; majun
melampas me.lam.pas [v] (1) menggosok; melicinkan; mengampelas: ~ meja; (2) mengasah (pisau dsb): ~ pisau; (3) ki membiasakan; melatih
melelangkan me.le.lang.kan [v] (1) menjual dng jalan lelang: ia akan ~ barang itu besok pagi; (2) memberikan barang untuk dijual dng jalan lelang: ia ~ barangnya kpd kantor lelang; (3) memborongkan pekerjaan (ransum makanan orang penjara dsb): mereka ~ pekerjaan membuat balai desa
melelas me.le.las [v] (1) menjadi licin krn tergosok: tengkuk kerbau itu telah ~ oleh pasangan dan tidak ada bulunya lagi; (2) memotong licin-licin (sampai habis): ia ~ tulang ayamnya licin-licin
melilin me.li.lin [v] (1) menggosok dng lilin; (2) menyerupai lilin [n] tumbuhan, kayunya berwarna putih, hanya dipakai sbg kayu bakar; Vernonia arborea
melulur me.lu.lur [v] menggosok badan dng lulur; melulut
melulut me.lu.lut [v] menggosok (menyapu) badan dng lulut
memancarkan me.man.car.kan [v] (1) memancurkan (menyemburkan) air dsb deras-deras: di sini terdapat sumber yg ~ air hangat yg mengandung belerang; (2) mengeluarkan sinar (cahaya): matahari mulai ~ cahayanya di ufuk timur; (3) menyiarkan (radio): RRI ~ siarannya ke seluruh pelosok tanah air; (4) melahirkan; memperanakkan (menurunkan): Brawijaya ~ raja-raja Majapahit
mematar me.ma.tar [v] menggosok dsb dng patar supaya licin: ~ kayu
membantu mem.ban.tu [v] memberi sokongan (tenaga dsb) supaya kuat (kukuh, berhasil baik, dsb); menolong: kita wajib -- orang yg lemah
membarut-barut mem.ba.rut-ba.rut [v] mengelus-elus; menggosok-gosok (dng lemah lembut): orang itu duduk sambil -- kepala anaknya dng sayangnya
membawakan mem.ba.wa.kan [v] (1) membawa sesuatu untuk orang lain: ia -- adiknya buah-buahan; (2) menyebabkan; mengakibatkan; mendatangkan: usaha yg -- keuntungan; (3) membacakan (puisi); menyampaikan: besok ia akan -- puisi ini di atas pentas; (4) menyanyikan: dl perlombaan menyanyi itu, dia -- lagu pilihan yg menjadi kesenangannya
memberitahukan mem.be.ri.ta.hu.kan [v] (1) menyampaikan (kabar dsb) supaya diketahui: Pak Guru akan -- hasil ujian kpd anak-anak besok pagi; (2) mengumumkan; menyebarluaskan: setelah koran-koran -- kejadian itu, barulah masyarakat mengetahuinya
membersihkan mem.ber.sih.kan [v] (1) membuat supaya bersih (dng jalan mencuci, menyapu, menggosok, dsb); (2) ki membinasakan; melenyapkan: -- sisa-sisa gerombolan; (3) memulihkan; mengembalikan (nama baik): -- nama dr tuduhan palsu
mencalak men.ca.lak [v] menggosok (intan dsb); melampas
menekan me.ne.kan [v] (1) menindih (mendesak) kuat-kuat: kepalaku sakit serasa ada sesuatu yg ~ nya dr atas; tiba-tiba kesunyian terasa sangat ~ ketika burung malam itu berhenti berbunyi; (2) menghentikan atau menahan (mencegah, mengekang ) dng kekerasan: Pemerintah berusaha ~ kenaikan harga beras dng cara memasok langsung beras ke pasar; (3) mengadakan desakan berat kpd: digunakannya kesatuan-kesatuan tank yg kuat untuk ~ pertahanan musuh: (4)melakukan kekerasan, kekuatan, desakan, atau paksaan pd; menindas atau menggencet: yg kuat jangan ~ yg lemah; (5) memaksa-maksa; mendesak keras: rupanya ada yg ~ nya supaya menandatangani surat itu; (6) mengucapkan (kata, suku kata) dng suara yg agak keras; meletakkan aksen pd: pembicara bahasa Indonesia biasa ~ suku kata yg terakhir; (7) menitikberatkan pd; (sangat) mementingkan; (sangat) mengutamakan: Pemerintah ~ pembangunan pd sektor kesehatan dan pendidikan
mengampelas meng.am.pe.las [v] menggosok atau melicinkan sesuatu dng ampelas
mengasah meng.a.sah [v] (1) menggosok pisau dsb pd benda keras (batu dsb) supaya tajam atau runcing; (2) mendabung; memepat; meratakan (gigi dsb); (3) menghaluskan dan mengilapkan (intan, permata, dsb); menyerudi; (4) ki mempertajam (dng latihan) pikiran dsb supaya memiliki kemampuan: mari kita mengisi teka-teki silang ini untuk ~ otak
mengelap me.nge.lap [v] menggosok (dng lap); menyeka; menghapus
mengenai me.nge.nai [n] kena pd sasarannya (tujuannya dsb): tembakannya tidak ~ sasaran; dua buah bom atom meledak ~ tempat penyimpanan mesiu; (2) v menyentuh: perban yg kotor itu jangan sampai ~ luka itu; (3) p berkenaan (berhubungan) dng; tt hal: pembicaraan ~ pembentukan panitia kursus ditunda sampai besok malam; (4) v cak menyetubuhi
mengendapkan meng.en.dap.kan [v] (1) membiarkan atau mendiamkan supaya mengendap: ia ~ air kopinya sebelum meminumnya; (2) ki menggelapkan; menyembunyikan; tidak meneruskan (tt surat): dia dituduh ~ surat permohonan orang itu; (3) ki menunda untuk dipikirkan (dipertimbangkan) dalam-dalam: sebaiknya kita ~ masalah ini dulu, besok kita bicarakan lagi [v] menyembunyikan atau menggelapkan (uang dsb)
mengerok me.nge.rok [v] (1) membersihkan bulu kuda dsb dng kerok; (2) menggaruk (menggosok badan dng alat kerok spt uang logam) untuk menyembuhkan masuk angin
menggabus meng.ga.bus [v] mengasah (menggosok dsb) dng kayu gabus
menggerus meng.ge.rus [v] menggosok (melicinkan) kain dsb dng gerus atau dng tengkuyung
menggesekkan meng.ge.sek.kan [v] menyentuhkan supaya bergesek (bergeseran, bergosokan)
menggesel meng.ge.sel [v] menggeser; menggosok
menggeser meng.ge.ser [v] (1) menggesel; menggesek; menggosok: mobil itu rusak pintunya krn ~ tembok; (2) memindahkan; mendorong (menarik dsb) supaya bergeser (beralih): ia ~ meja itu ke depan; (3) ki memencilkan: pemerintah negara itu berusaha ~ tokoh oposisi itu dr dunia politik
menggilapkan meng.gi.lap.kan [v] (1) menggosok dsb supaya gilap; membuat (menjadikan) gilap: ~ perak; (2) menjadi gilap; semakin menjadi gilap
menghapus meng.ha.pus [v] (1) menggosok-gosok sesuatu supaya bersih dsb: ia ~ mulutnya dng serbet kertas; (2) meniadakan; menghilangkan
menghapuskan meng.ha.pus.kan [v] (1) menghilangkan (tulisan, noda, dsb) dng digosok dsb: mereka ~ tulisan yg mengotori tembok; (2) ki menyatakan telah tidak berlaku lagi; menghilangkan; meniadakan: Dewan ~ peraturan yg tidak sesuai lagi; polisi ~ jam malam; (3) menganggap telah hapus (telah tidak ada); menganggap telah lunas (tt utang); mengampuni dosa dsb
mengilap me.ngi.lap [v] berkilat: sepatunya ~ krn sering digosok
mengilat-ngilatkan me.ngi.lat-ngi.lat.kan [v] (1) membayangkan (kehendaknya dsb); menyampaikan secara tidak langsung; menyindirkan; (2) menggosok-gosok supaya berkilat (tt pisau, keris, dsb)
mengilatkan me.ngi.lat.kan [v] (1) berkilat; (2) menggosok (menjadikan) supaya berkilat; mengilapkan: di pasar banyak beredar obat-obatan untuk ~ barang kuningan; (3) membayangkan (kehendaknya, isi hatinya, dsb); menyampaikan secara tidak langsung; menyindirkan: kata-katanya ~ keinginannya yg kuat
mengilir me.ngi.lir [v] menggosok, mengasah pisau, dsb supaya tajam: ~ pisau
mengosongkan me.ngo.song.kan [v] (1) membuat supaya (menjadi) kosong; menjadikan kosong dng membuang (menghilangkan) isinya: ~ gelas dng membuang isinya; (2) meninggalkan (rumah, kota, daerah, dsb): kami harus sudah ~ rumah ini besok pagi
mengucek-ucek meng.u.cek-u.cek [v] menggosok-gosok (tt mata): dia ~ matanya krn gatal
mengurut meng.u.rut [v] (1) memijit (badan dsb) secara orang menggosok (tangan memegang, menekan, lalu mengangsurkan): orang itu terkenal krn pandai ~; (2) memetik (melepaskan dsb) dng dipijit atau digenggam lalu diangsurkan: ~ satai; ~ daun johar; (3) menggosok-gosok; mengelus-elus; mengusap-usap: ia menggendong anaknya sambil ~ kepala anak itu
mengurutkan meng.u.rut.kan [v] memijitkan; menggosokkan; mengusapkan [v] menjadikan urut
mengusuk me.ngu.suk [v] menggosok badan dng daun
meninggalkan me.ning.gal.kan [v] (1) membiarkan tinggal (tetap ada, tidak dibawa pergi, dsb): pamanku ~ anak-anak yg sudah dewasa; malam itu rombongan dr Jakarta ~ desa kami; (2) menyisakan: ia hanya ~ uang seribu rupiah untuk belanja besok; (3) pergi dr; menghindar dr: hari ini ia hendak ~ kota Jakarta; banyak orang ~ kampung halamannya; (4) membiarkan lepas (lewat, tetap demikian halnya, dsb); melepaskan (cita-cita, niat, dsb): sudah lama ia ~ cita-citanya yg semula; (5) sudah mendahului (melewati, melampaui, melebihi, dsb): dl hal ini, bangsa Barat sudah jauh ~ kita; (6) tidak memasukkan dl perhitungan (acara, pembicaraan, dsb); mengesampingkan: ia hanya menyebut masalah-masalah besar dan ~ yg kurang penting; (7) membuang (adat, kebiasaan buruk, keyakinan, dsb): ~ adatnya yg buruk; ~ ideologi yg bertentangan dng Pancasila; (8) mengalpakan; melalaikan: ~ kewajiban; ~ syariat
menjalar men.ja.lar [v] (1) berjalan melata (tt binatang yg panjang spt ular): ular itu ~ di sela-sela akar pepohonan; (2) merambat (tt tumbuhan yg berpokok panjang spt rotan): pohon rotan itu ~ ke mana-mana; (3) menular (tt penyakit): penyakit kolera telah ~ ke seluruh kampung; (4) merembet (tt api): api ~ dr satu bangunan ke bangunan lain di sekitarnya; (5) meluas; merata: berita itu sudah ~ ke seluruh pelosok kota
menjelajahi men.je.la.jahi [v] (1) menelusuri (suatu daerah) sampai ke pelosok-pelosok: ia telah ~ seluruh kota itu; (2) ki meneliti; mengamati: kita harus ~ dulu masalah itu agar memperoleh gambaran yg jelas
menongkrongi me.nong.krongi [v kas] menunggui: mulai besok kamu harus ~ rumah saya
menyapu-nyapu me.nya.pu-nya.pu [v] menggosok-gosok (mata dsb) dng tangan; mengusap-usap (membelai-belai): ia -- matanya untuk menahan tangis; ia -- kepala anaknya dng haru
menyasar tembak me.nya.sar tembak sosok, tempat, atau medan yg menjadi sasaran penembakan
menyeka me.nye.ka [v] menyapu (menggosok dsb) dng kain dsb supaya bersih (kering dsb): sesudah -- meja, ia membenahi kursi-kursi; gadis itu -- keringat di wajahnya dng saputangan
menyekakan me.nye.ka.kan [v] menyapukan; menggosokkan
menyentalkan me.nyen.tal.kan [v] menggosokkan dng kuat: ia -- telapak tangannya ke batang pohon itu untuk menghilangkan getah yg melekat
menyerudi me.nye.ru.di [v] mengasah (menggosok) batu intan supaya gilap
menyintuk me.nyin.tuk [v] menggosok badan (ketika mandi dsb): ia -- badannya dng limau
menyintukkan me.nyin.tuk.kan [v] menggosokkan ke badan: -- limau dan langir ke badannya
menyoroti me.nyo.roti [v] (1) menerangi; menyinari; menyuluhi: ia -- jalan setapak di hadapannya dng senter agar tidak terperosok ke lumpur; (2) mengawasi; mengamati (tingkah laku dsb): atasan selalu -- segala pekerjaan bawahannya
menyugi me.nyu.gi [v] (1) menggosok gigi (membersihkan sisa-sisa makanan dsb) dng sugi; (2) membersihkan gigi dsb dng tembakau (ketika sedang makan sirih)
menyumbang me.nyum.bang [a] menjadi sumbang [v] (1) memberikan sesuatu kpd orang yg sedang mengadakan pesta dsb sbg sokongan: ketika mengawinkan anaknya, banyak orang yg --; (2) turut membantu (menyokong) dng tenaga, pikiran, dsb: justru saya ingin -- dng ide-ide baru untuk kemajuan dan perkembangan usahanya
menyumbangkan me.nyum.bang.kan [v] menjadikan (membuat menjadi) sumbang [v] (1) memberikan sesuatu sbg bantuan (pd pesta perkawinan dsb); (2) memberi bantuan atau sokongan (kpd)
moril mo.ril [a] mengenai moral: bantuan -- , bantuan yg berupa sokongan batin (yg bukan berupa uang atau benda)
musaadah mu.sa.a.dah [n Isl] sokongan; tunjangan; sumbangan; bantuan
obat angin obat oles atau gosok (berupa minyak, cairan, dsb) untuk menghilangkan masuk angin
pada pa.da [p] (1) kata depan yg dipakai untuk menunjukkan posisi di atas atau di dl hubungan dng, searti dng di (dipakai di depan kata benda, kata ganti orang, keterangan waktu) atau ke: -- dasarnya; ada -- nya (ku, mu); -- keesokan harinya; (2) menurut ...: -- sangkanya [a] (1) cukup (tidak kurang, tetapi tidak lebih); lumayan: asal ada, kecil pun --; sekian itu belum -- juga; (2) puas: belum -- hatinya [adv cak] sama-sama (untuk menyatakan bahwa yg melakukan banyak): mereka belum -- datang [n Ling] (1) satuan pola tekanan yg dipakai untuk mengukur struktur persajakan; (2) satuan fonologis yg terjadi dr sekelompok suku kata bertekanan dan/atau tidak bertekanan
paku ulir paku berulir yg cara memasukkannya (pd kayu, besi, dsb yg telah berlubang sebesar paku dsb) diputar dng memakai obeng
palis pa.lis , ber.pa.lis v menoleh ke arah lain (ke kiri, ke kanan, dsb) [v] me.ma.lis v menggosok licin-licin: ia telah selesai ~ ubin rumahnya [v] , me.ma.lis v (1) menyapukan (cat, cat bibir, dsb) pd; (2) mencolek (dng ujung jari)
pantik pan.tik [v] , me.man.tik v menggosokkan batu (dng batu, logam, dsb) untuk membuat api; (2) mengadakan bunyi dng menggesekkan ibu jari dng telunjuk; memetik [v] , me.man.tik v mengeluarkan darah dng menusuk (meretas) urat darah (tt urat nadi)
pasta gigi bahan gosok gigi, tapal gigi
pasti pas.ti [a] sudah tetap; tidak boleh tidak; tentu; mesti: dia sudah berjanji besok -- datang; jika diberkahi Tuhan, usaha kita -- berhasil
pelambuk pe.lam.buk [n] (uang) sokongan (sumbangan)
pelojok pe.lo.jok [Jk n] pelosok
pembekal pem.be.kal [n] orang yg memberi bekal, bahan-bahan, barang-barang yg dipesan; pemasok
pemusing pe.mu.sing [n] (1) alat (mesin) yg menggunakan kekuatan pusingan (putaran): dng sebuah pesawat ~ , kristal-kristal itu diceraikan dr air; (2) alat untuk memutar (spt obeng, engkol, dsb)
penggabus peng.ga.bus [n] pengasah; penggosok
perlus per.lus [kl] te.per.lus v terperosok ke dl lubang
petang pe.tang [n] waktu sesudah tengah hari (kira-kira dr pukul tiga sampai matahari terbenam); sore: pukul lima --; besok -- , (besok petangnya), petang sesudah hari ini [kl n] ke.pe.tang.an 1 n mata-mata; spion: beberapa orang ~ dan prajurit dibunuhnya; (2) a pandai mengenakan tipu muslihat; cerdik; licik: ada seorang prajurit terlalu amat ~ dan saktinya
pion pi.on [n] (1) bidak; (2) Fis partikel elementer yg berusia pendek; (3) ki perintis; pelopor: TNI harus menjadi pion pembangunan di semua pelosok; (4) ki orang suruhan; bawahan
plasma plas.ma [n] (1) Dok barang cair tidak berwarna yg menjadi bagian darah, dl keadaan normal volumenya kira-kira 5% dr berat badan; (2) Fis gas yg terionisasi sempurna, sering disebut keadaan materi yg keempat (di samping keadaan padat, cair, dan gas); (3) Ek petani (pekebun) yg menjadi bagian dr sistem usaha pertanian (perkebunan) yg bertugas melakukan proses produksi dan memasok hasil produksinya kpd pabrik (yg bertindak inti), sedang biaya produksi dan fasilitasnya disediakan oleh pabrik
puruk pu.ruk [Mk v] me.mu.ruk.kan v (1) membenamkan; memerosokkan: ia ~ kakinya ke dl lumpur; (2) memasukkan (ke dalam, ke bawah); menyusupkan; menjejalkan: ia ~ badannya ke bawah longgokan kain
puyu pu.yu [Lihat {puyuh}] [n] semacam ikan betok, tetapi tajam siripnya dan kesat sisiknya [Mk v] me.mu.yu-mu.yu v menggosok-gosok (tt mata)
rembes rem.bes [v] , me.rem.bes v (1) meresap ke luar atau ke dl (tt barang cair); tiris: krn kekurangan lapis semen, air dapat ~ ke luar; (2) ki menyusup (dng diam-diam): beberapa anggota gerombolan ~ masuk ke jantung kota; (3) ki menjalar perlahan-lahan: ''madat'' barang terkutuk itu sekarang mulai ~ ke beberapa pelosok
rempelas rem.pe.las [n] (1) tumbuhan yg daunnya dapat dipakai untuk menggosok kayu dsb; Tetracera scandres; (2) empelas; (3) daun rempelas
renceng ren.ceng [a] (1) panjang lampai (kurus tt badan): sosok orangnya tinggi dan badannya --; (2) tidak berjantung betis (tt kaki) [n] se.ren.ceng n seuntai (merjan, peluru senapan mesin, petasan) [ark a] -- mulut a sangat mudah bercakap-cakap
rombengan rom.beng.an [n] barang-barang (pakaian, alat-alat) yg sudah lama (bekas pakai, rongsokan); barang-barang yg dijual oleh tukang loak; barang loakan
runti run.ti [v] , me.run.ti v menggosok rotan (terutama rotan saga) supaya hilang bagiannya yg keras
sado sa.do, sado masokis [a] berkenaan dng sifat menyakiti pasangan sebelum melakukan hubungan seks
salah kira-kira keliru menghitungnya; -- langkah 1 keliru melangkah: ia -- langkah sehingga terperosok ke dl parit; (2) ki sial; malang: ia merasa -- langkah krn segala usahanya tidak pernah mendatangkan untung; (3) tersesat: ia -- langkah sehingga terjerumus ke dl dunia kejahatan
saleh sa.leh [a] (1) taat dan sungguh-sungguh menjalankan ibadah; (2) suci dan beriman: mudah-mudahan ia akan menjadi anak yg -- [ark v] (1) datang: silakan Tuanku -- kembali esok pagi; (2) pergi: -- berlancang
salip sa.lip [v cak] , me.nya.lip v mendahului (dl perjalanan): tiba-tiba dng kencang ia -- kendaraan kami sehingga kendaraannya melaju tidak terkendalikan dan akhirnya terperosok masuk jurang
samper sam.per [v cak ] jemput: -- dia besok pagi
sanggit sang.git [v] ber.sang.git v (1) bergosokan antara dua benda yg keras; bergeseran: kawat listrik yg -- dapat menimbulkan bahaya kebakaran; (2) ki berselisih; bersengketa; bercekcok: kedua saudara kembar itu tidak pernah -
sara sa.ra [n] (1) sesuatu yg dipakai untuk memelihara atau menyelamatkan hidup (spt bekal, ransum, uang sokongan): -- hidup; (2) uang sara [Mk v] , ber.sa.ra v minta pertimbangan bagaimana sebaiknya dsb; minta sara -- bara v (1) berlarian tidak tentu arah; berlari kalang kabut; tersara bara: berlari -- bara; mereka (ter) -- bara meninggalkan perkemahan; (2) berantakan tidak keruan: perlengkapan militer -- bara sesudah pengeboman itu
sarut sa.rut [a] , -- marut carut marut [v] , me.nya.rut v menggeser; menggosok
sasaran tembak sa.sar.an tembak sosok, tempat, atau medan yg menjadi sasaran penembakan
seka se.ka [v] ber.se.ka v menyapu-nyapu (menggosok- gosok, mengusap-usap) diri dng kain dsb supaya bersih (kering) [Bl n] organisasi masyarakat desa yg dibentuk untuk tujuan tertentu, baik waktu singkat maupun lama, msl perkumpulan kesenian legong
selip se.lip [v] me.nye.lip v menyelinap; menyusup [v] (1) tergelincir (tt mobil dsb); (2) cak berselisih jalan [ark v] , me.nye.lip v mengasah; menggosok
semburat sem.bu.rat [Jw v] memancarkan cahaya; bersinar: menghadap kemari, ke arahku, ke arah esok fajar bakal --
sental sen.tal [Lihat {sintal}] [v] me.nyen.tal v menggosok kuat-kuat (supaya bersih dsb): -- meja dng kain lap
serak se.rak [a] (1) parau (tt suara krn banyak berkata-kata dsb): semalaman ia menangis hingga suaranya --; (2) sendat jalan suaranya; (3) sendat jalan pernapasannya (krn berlendir dsb): jangan minum es, nanti -- [n] burung elang malam (atau burung hantu) yg bunyinya serak (spt suara orang yg serak) [n] -- serik tiruan bunyi yg terdengar ketika orang menggosok lantai dsb [v] , ber.se.rak v tersebar di mana-mana: buku itu -- di mana-mana
serik se.rik [a] tidak mau berbuat lagi (krn pernah mengalami se-suatu yg tidak menyenangkan); jera; kapok [n] , se.rak-se.rik n tiruan bunyi lantai digosok
serudi se.ru.di [a] ber.se.ru.di a sudah diasah atau digosok (tt intan): intan --
siantan si.an.tan [n] pohon soka; angsoka; Ixora concinna
sindikat sin.di.kat [n] (1) gabungan beberapa perusahaan dl suatu bidang usaha; (2) perhimpunan beberapa orang bermodal untuk mendirikan perusahaan besar; (3) organisasi yg memasok berita (gambar, artikel, dsb) kpd penerbit surat kabar, majalah, dsb pd waktu yg bersamaan dan bahan yg sama pula untuk disiarkan; (4) kelompok lembaga keuangan yg bersama-sama menjamin terjualnya seluruh sekuritas emisi baru dan menyalurkan sejumlah besar sekuritas lama; (5) cak perkumpulan orang jahat dng berbagai keahlian
sintuk sin.tuk [n] pohon Cinnmomum, kulitnya dipakai sbg obat-obatan dan pencuci (pembersih) rambut [v] ber.sin.tuk v bergosok (badan): mandi -
sportif spor.tif [a] (1) bersifat kesatria, jujur, dsb: jadilah penonton dan pemain yg -- , jangan emosional; (2) tegap; gagah: sosok mereka pd umumnya --
sudut su.dut [n] (1) penjuru; pojok: -- bilik; -- mata; (2) Mat bangun yg dibuat oleh dua garis yg berpotongan di sekitar titik po tongnya: -- tumpul; -- siku-siku; (3) tempat yg jauh-jauh dan tidak mudah dikunjungi; pelosok: bendera merah putih berkibar sampai ke -- kota; (4) segi (arah pandangan, pokok, atau dasar pandangan yg tentu): ditinjau dr -- keamanan, daerah itu boleh dijadikan permukiman
suka su.ka [a] berkeadaan senang (girang): sahabat dl -- dan duka; (2) a girang hati; senang hati: sekalian bantuan dan sokongan disambut dng -- hati; (3) v mau; sudi; rela: ia tidak -- membayar sekian; datanglah kalau Tuan --; kalau sudah -- sama -- , biarlah kawin saja; (4) v senang; gemar: neneknya -- benar makan sirih; memang banyak orang -- menonton bioskop; ada yg -- daging dan ada juga yg -- ikan laut; (5) v menaruh simpati; setuju: orang itu akan saya suruh bekerja di sini, itu pun kalau Tuan --; tiada seorang pun -- kepadanya; (6) v menaruh kasih; kasih sayang; cinta: rasanya jarang ibu yg tidak -- kpd anaknya; (7) a cak mudah sekali ...; kerap kali ...: memang dia -- lupa; pensil semacam ini -- patah
sumbangan sum.bang.an [n] (1) pemberian sbg bantuan (pd pesta perkawinan dsb); penyolok; (2) bantuan; sokongan
sumbangsih sum.bang.sih [n] sokongan; bantuan (berupa pemberian karangan, uang, dsb) sbg tanda kasih
suporter su.por.ter [n] orang yg memberikan dukungan, sokongan, dsb (dl pertandingan dsb)
susuk su.suk [n] (1) penyemat (dr kayu dsb); tusuk; pasak; susuh; (2) jarum emas, intan, dsb yg dimasukkan ke dl kulit, bibir, dahi, dsb disertai mantra agar tampak menjadi cantik, menarik, manis, dsb [n] bentuk; bangun: -- tubuh [v] me.nyu.suk v membakalkan (memulai, membuat) negeri; menyosok [a] sesak; asak [n] su.suk.an n sungai buatan; terusan [Jw n] uang kelebihan pembayaran; sisa uang pembayaran yg masih harus dikembalikan pd pembeli; uang penyongsong; uang kembali
susuk baju lubang tempat kancing baju; sosok baju
tahnik tah.nik , me.nah.nik v mengunyahkan kurma kemudian dimasukkan ke mulut bayi dng digosokkan ke langit-langitnya: diriwayatkan bahwa Rasullulah saw. ~ bayi, mendoakan, dan menamakannya Al-Husen
telanjur te.lan.jur [v] (1) terlewat dr batas atau tujuan yg ditentukan; teranjur: sedianya ia hendak turun di stasiun Gambir, tetapi -- sampai ke Sawah Besar; (2) terdorong (tt perkataan); sudah terkatakan: ia -- mengatakan rahasianya; menebus kata yg --; mulut -- , perkataan yg terdorong; (3) sudah terdahulu menger jakannya (melakukannya): ia sudah -- membeli karcis untuk berangkat besok; (4) sudah berlebih-lebihan atau terlampau (banyak, sangat, dsb): rupanya semangat rakyat sudah -- berkobar-kobar; (5) sudah terlambat (hingga sukar atau tidak dapat ditarik kembali, diulang, dsb): kalau sudah -- , mau apa lagi
tengkuyung teng.ku.yung [n] kerang yg kulitnya berwarna (dipakai untuk menggosok kain supaya licin)
teraso te.ra.so [n] alas lantai, dinding, dsb yg dibuat dr batu alam kecil-kecil, diaduk dl adukan kapur pasir, dituang di atas dasar batu, lalu digiling: lantai -- itu digosok sehingga mengilap
terbenam ter.be.nam [v] (1) masuk dalam-dalam sehingga tidak kelihatan: pakunya -- sehingga sukar dicabut; (2) masuk (krn terperosok dsb) turun ke dl air serta tidak muncul-muncul lagi; tenggelam: dia mati -- krn tidak pandai berenang; (3) tenggelam (tt matahari): matahari -- pukul enam sore; (4) ki tersembunyi: kampung itu -- di sela-sela bukit; (5) masuk ke dalam (keadaan yg buruk, kesengsaraan, dsb); terpendam: -- dl utang; -- dl kesedihan; (6) ki tidak diurus; beku (tt perkara): perkara yg telah lama --
tercelus ter.ce.lus [v] terperosok masuk (ke dl lumpur dsb)
terjeblok ter.jeb.lok [v] terperosok ke dl lumpur
terjeblos ter.jeb.los [v] (1) terperosok; (2) ki mendapat celaka (masuk penjara dsb); tertipu
terjerumus ter.je.ru.mus [v] (1) jatuh tersungkur (dng muka kena tanah); (2) terperosok; (3) ki terjebak; jatuh ke dl kesengsaraan: pandai-pandailah dl bergaul, jangan sampai ~ ke lembah kehinaan
terlecah ter.le.cah [v] (1) terperosok ke dl lecah; (2) kena lumpur; (3) ki mendapat nama buruk
terperuk ter.pe.ruk [v] terperosok
terpilah ter.pi.lah [v] terbagi: perannya sendiri ~ menjadi dua sosok pemeran
terpuruk ter.pu.ruk [v] (1) terbenam; tenggelam: matahari baru ~ di balik pegunungan; (2) terperosok: kakinya ~ ke dl lubang; (3) ki mundur; merosot; menjadi parah: ekonomi kita makin --
teserling te.ser.ling [v] terjatuh (terperosok) ke dl pelubang
triturasi tri.tu.ra.si [n] penggosokan bahan menjadi bubuk halus
tubin tu.bin [n] hari keempat dr sekarang: besok, lusa, tulat, lalu --
tuju tu.ju [v] , me.nu.ju v (1) pergi ke arah; mengarah (ke); pergi (ke) jurusan: keesokan harinya mereka ~ ke Bandung; kereta bergerak ~ Jakarta; (2) mengarah; mengabah: ditarik garis ~ titik A; (3) melemparkan, melontarkan, dsb arah ke: gelang-gelang rotan itu dipakai untuk ~ barang-barang yg di meja itu; (4) menjadikan maksud (sasaran, arah); memaksudkan; (5) mendatangi: bus itu ~ pelabuhan [n] sesuatu yg dilepaskan dng sihir (jampi, mantra, dsb) untuk membuat orang sakit atau mati: menurut dukun, orang itu terkena -- , bukan terserang penyakit biasa
tumpuan tum.pu.an [n] (1) tempat bertumpu; sesuatu untuk menumpukan kaki dsb: bangku kecil itu dipakainya sbg ~; (2) dasar: hasil studi ini merupakan ~ yg baik untuk penyelidikan selanjutnya; (3) pangkalan (untuk menyerang dsb): Inggris mengkhawatirkan kalau-kalau Daendels menjadikan Pulau Jawa sbg ~ untuk menyerang India; (4) bagian bawah tempat kaki (tt tempat tidur); (5) ki sokongan; tunjangan; bantuan: ia masih dapat mempertahankan hidupnya berkat ~ bekas kawan-kawan seperjuangannya dahulu; (6) ki batu loncatan; (7) ki orang dsb yg menjadi pusat perhatian atau tempat bertanya (tempat menaruh cinta dsb); (8) ki yg menjadi sasaran (tujuan dsb)
tunjangan tun.jang.an [v] uang (barang) yg dipakai untuk menunjang; tambahan pendapatan di luar gaji sbg bantuan; sokongan; bantuan
uang sara uang sokongan; uang pensiun: dia mendapat -- sara dr perusahaan
ucek [v] meng.u.cek v menggosok dan menggilas (tt mencuci pakaian)
ulang tahun ulang ta.hun [n] (1) hari lahir: ia sedang memperingati -- anaknya; pesta --; (2) hari ketika suatu peristiwa penting terjadi: upacara -- Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air
ulangan ulang.an [n] (1) sesuatu yg diulang(i): latihan ~; siaran ~; berita ~; (2) ujian untuk mengetahui kemampuan murid-murid tt bagian pelajaran yg sudah diajarkan: besok ada ~ matematika; (3) kata (baris sajak, nyanyian) yg diulang
upam , meng.u.pam v menggilapkan; menggosok (emas); menjadikan berkilat
urunan urun.an [n] sumbangan; sokongan; iuran
waruga wa.ru.ga [Sd n] badan; tubuh; sosok tubuh [n] bentuk kuburan batu yg banyak ditemukan di Minahasa (Sulawesi Utara) berupa peti batu kecil berbentuk kubus dan mempunyai tutup berbentuk atap rumah
waslap was.lap [n cak] kain untuk mengelap, menyeka, menggosok; serbet untuk menyeka atau membersihkan tangan, muka, dsb
wastafel was.ta.fel [n] tempat membersihkan diri (cuci muka, cuci tangan, gosok gigi, bercukur), letaknya menempel pd dinding (di luar atau di dl kamar mandi), dilengkapi dng keran air, cermin, dan rak untuk menaruh sabun, pasta gigi, atau alat-alat kecantikan
ya [p] (1) kata untuk menyatakan setuju (membenarkan dsb); ia: -- baiklah, saya datang nanti sore; (2) kata untuk memastikan, menegaskan dl bertanya (... bukan): ia pacarmu, -- ?; (3) tah; gerangan: siapa -- yg hendak ke pasar?; (4) kata untuk memberi tekanan pd suatu pernyataan: besok datang -- , jangan lupa [p] (1) (kata seru spt) hai; o: -- Allah; -- Tuhan; (2) kata untuk menyahut panggilan; saya [n] nama huruf ke-29 abjad Arab

Jika informasi mengenai "obeng sok" ini bermanfaat, sila bagikan ke teman atau simpan di akun media sosial memakai menu berikut.

Pertanyaan, Kritik dan Saran

Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik, atau laporan kesalahan penulisan, dll. Baik mengenai halaman ini, atau mengenai kamus ini, silakan memakai formulir di bawah.

Terkait

Tentang KBBI Edisi III

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring

Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan atau KBBI daring merupakan versi online dari KBBI edisi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2008.

Kamus ini memuat 78.000 lema. Isi (kata dan arti) dalam kamus ini merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa).

Kamus Lainnya

Berikut adalah daftar kamus lain yang ada di Rebanas